Destinasi

Zebaoth, Gereja Bersejarah Para Bangsawan di Bogor

Kalau liburan ke Bogor, jangan lupa kunjungi gedung bersejarahnya. Salah satunya Gereja Zebaoth yang berada di jalan Ir. H. Juanda No. 3, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Gereja ini masih berada di lingkungan Istana Bogor yang menghadap ke SMPN 1 Bogor.

Gereja Zebaoth sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan peletakkannya diurus oleh Van Limburg Stirum pada 30 Januari 1920. Mulanya, Gereja Zebaoth cuma untuk para Gubernur Jendral dan orang Eropa. Kebaktiannya pun memakain Bahasa Belanda, jadi gereja ini kerap disebut gereja orang Belanda.

Bangunan Gereja Zebaoth ini lalu dialihkan dari Belanda kepada Sinode GPIB pada tanggal 31 Oktober 1948 dengan nama Jemaat GPIB Bogor. Kemudian, pada tahun 1985, namanya berubah menjadi Jemaat GPIB Zebaoth. Nama Zebaoth pertama kali digunakan oleh Pendeta Mattimoe pada upacara paskah tahun 1963. Kalau dalam Bahasa Ibrani berarti Allah Maha Agung yang berkuasa atas langi dan bumi.

Bangunannya memiliki luas 864.64 meter persegi di atas lahan seluas 5.154.24 meter persegi, juga memiliki menara di bagian depan bagunan yang dihiasi patung ayam dari besi di atasnya. Sehingga, dulu warga sering menyebutnya Gereja Ayam (Hanekerk). Jendela-jendela di sana dibuat tinggi dengan berbagai bentuk seperti persegi panjang dan persegi di bagian bawahnya, lalu di atasnya membentuk segitiga. Selain itu, pintu utama gereja atasnya berbentuk setengah bulat dan bawahnya berbentuk persegi.

Biar liburanmu lebih maksimal di Bogor, yuk, cari hotel murah di Bogor lewat Pegipegi!

cari hotel murah di bogor

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top