Destinasi

Yuk wisata ke kantor perusahaan internet ternama!

google silicon valley

‘Traveling’ ke tempat wisata alam atau kota tentunya sudah biasa. Bagaimana kalau kita pergi wisata ke kantor layanan internet ternama seperti Google, Facebook, Twitter ataupun Yahoo? Walaupun hanya sebatas ‘wisata mata’, tapi pastinya akan memberikan pengalaman unik dan menyegarkan.

Pada umumnya kantor-kantor perusahaan internet dan sosia media ini tidak seperti kantor pada umumnya. Mereka justru membuat kantor yang nyaman dan menyiadakan banyak layanan gratis untuk karyawannya. Ingin tahu seperti apa kantor-kantor tersebut?

Facebook

kantor facebook

Kantor Facebook pada awalnya berada di Palo Alto, California. Namun pendiri Facebook Mark Zuckerberg memutuskan untuk membangun kantor baru yang menyerupai kota kecil dan sama seperti Palo Alto. Kantor baru di Menlo Park, Silicon Valley, California ini memiliki luas mencapai 1 juta kaki persegi. Seluruh karyawan Facebook dipenuhi canda tawa ketika memasuki kantor ini. Seluruh bangunan sudah dicat warna-warni dan ada juga tembok yang dipenuhi graffiti dan karya seni. Karyawan bahkan didorong untuk memamerkan karya mereka. Selain itu, karyawan Facebook dikaruniai kantor yang bersahabat dan bersih serta ramah lingkungan. Mereka yang bekerja di Facebook akan dihibur dengan ruang konferensi yang menyenangkan dan tidak kaku, serta mendapatkan fasilitas kopi nomor satu dan sistem booking berteknologi tinggi. Dibayar mahal, fasilitas nyaman, makanan gratis siapa yang tidak mau kerja di Facebook?

Google

google silicon valley

Google merupakan perusahaan search engine terbesar di dunia. Mereka pun memberikan fasilitas menarik kepada karyawannya agar bisa bekerja dengan giat dan betah. Googleplex di Mountain View, California adalah contoh bagaimana Google memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Desain kantor yang ramah lingkungan membuat karyawan betah. Bukan hanya itu, karyawan Google pun tidak harus menggunakan pakaian resmi. Mereka cukup berpakaian santai tetapi sopan. Selain itu, mereka juga diberikan makanan gratis yang bebas bisa mereka ambil kapanpun. Untuk hiburan, Google nomor satu. Berbagai video game disediakan di Googleplex. Mereka juga berolahraga basket kapanpun mau. Kantor yang menjadi lokasi syuting film “The Internship” ini, juga menyediakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda untuk karyawannya. Kalau lelah, karyawan juga diberikan areal untuk tidur siang atau kalau bosan, mereka bisa bermain golf mini di kompleks penuh dengan warna ini.

Yahoo

kantor yahoo

Entah disengaja atau tidak, hampir seluruh perusahaan internet terbesar di dunia memiliki kantor pusat mereka di California. Ini juga termasuk dengan saingan Google yakni Yahoo. Berada di Sunnyvale, California, kantor Yahoo mungkin dianggap sebagai kantor perusahaan internet yang “normal” disbanding yang lain. Dari luar, kantor Yahoo mirip dengan kantor pada umumnya. Tetapi ketika dilihat ke dalam, ternyata kantor ini mirip dengan Google dan Facebook dengan fasilitas uniknya. Kampus Yahoo ini terdiri dari lima bangunan dan memiliki luas 820 ribu meter persegi, serta gedung parkir tiga lantai. Empat dari gedung Yahoo ini memiliki tempat bermain yang seru. Selain itu, gedung Yahoo juga dilengkapi jalan setapak yang biasa digunakan oleh karyawan. Uniknya bangunan milik Yahoo ini, kerap kali diganjar dengan berbagai macam penghargaan. Salah satu yang paling menarik adalah, penghargaan gedung anti-polusi yang diperoleh Yahoo. Hampir seluruh kebutuhan karyawan bisa didapatkan di gedung ini. Adapun hiburan yang didapat antara lain, billiard, game konsol, restoran yang disediakan ruang makan besar serta tempat olahraga.

Twitter

kantor twitter

Satu lagi perusahaan sosial media yang memiliki bangunan kantor yang unik. Twitter menempatkan kantornya di Kompleks Market Square. Twitter menempati kantornya di lantai 7 hingga 9 di San Fransisco. Lokasi kantor Twitter dipenuhi dengan suasan urban yang dinamis. Uniknya kantor ini dikelilingi tujuan wisata seperti Davies Symphony Hall, the War Memorial Opera House, the Asian Art Museum dan Gedung Balai Kota. Sesuai dengan nama perusahaannya, gedung ini dipenuhi dengan logo dari Twitter.

Salah satu yang unik dari kantor Twitter adalah fasilitas untuk karyawan yang menakjubkan. Mulai dari taman, ruang konferensi yang menyerupai taman kemudian tempat makan. Selain itu kantor ini juga menyediakan studio yoga, ruang fitness dan dua ruang game yang paling populer. Sementara kafetaria Twitter dipenuhi dengan pilihan makanan yang beragam. Ingin mencoba, datangi saja kantor ini di San Fransisco.

 

Punya ide-ide seru lain buat liburan? Cari hotel dan tiket pesawatnya tetap di Pegipegi dong 🙂

 

(Visited 695 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top