Kuliner

Yuk, Traveling Sambil Coba 7 Nasi Pecel Lezat di Pulau Jawa

Nasi pecel adalah kuliner tradisional Jawa yang sangat melegenda. Kamu bisa menemukan hidangan yang satu ini di setiap sudut tempat tinggal kamu.

Nasi hangat dihidangkan bersama daun pepaya, daun singkong, toge hingga labu siam sebelum disiram bumbu kacang yang pedas manis. Sudah pasti, lidah nggak mau berhenti melahapnya.

Tapi, tahu kah kalau nasi pecel punya variasinya? Yap, mulai dari bumbu, sayuran hingga topping-nya ternyata memiliki perbedaan di tiap daerah.

Mulai dari kota Tegal hingga Blitar, memiliki nasi pecel dengan cita rasa tersendiri. Bahkan, kamu bisa menikmati pecel dengan isian buah-buahan, lho. Nggak percaya?

Pegipegi memiliki rekomendasi 7 nasi pecel yang tersebar di Pulau Jawa. Semuanya, bisa kamu coba cicipi saat liburan nanti. Penasaran? Simak, yuk!

1. Nasi Pecel Malang

Jika kamu main ke Malang, jangan lupa mampir ke kawasan Tumenggung Suryo. Di sana, berjejer para pedagang nasi pecel Malang yang khas. Nah, pecel Malang dikenal memiliki cita rasa yang kuat serta sensasi pedas dari bumbu kacang. Ditambah dengan lauk tempe, tahu dan rempeyek kacang, nasi pecel Malang jadi kuliner wajib yang nggak boleh dilewatkan.

2. Nasi Pecel Tumpang Kediri

Kediri memiliki varian nasi pecel yang cukup unik. Sayur mayur mulai dari daun pisang, kacang panjang, toge, dan labu siam bercampur nikmat tahu, tempe hingga telur dadar. Yang bikin menarik dari nasi pecel ini adalah siraman sambal kacang tumpang yang memiliki rasa pedas manis. Ati dan ampela goreng jadi teman yang pas menikmati nasi pecel ini.

3. Nasi Pecel Tulungagung

Nasi pecel khas Tulungagung sedikit mirip dengan apa yang hadir di Malang. Kombinasi nasi hangat dan sayuran berpadu dengan sambal kacang pedas nikmat. Menariknya, nasi pecel Tulungagung bisa kamu nikmat dengan berbagai lauk spesial seperti ayam goreng, telur ceplok, tahu dan tempe, kripik singkong dan lain-lain yang dijual bersamaan. Jadi, bakal puas banget, deh!

4. Nasi Pecel Pincuk Madiun

Banyak yang bilang pecel itu asalnya dari kota Madium. Ada benarnya sih, karena kota yang satu ini memiliki varian nasi pecel pincuk yang lezat banget. Yang spesial adalah pecelnya dihidangkan di atas pincuk daun pisang. Dengan bumbu kacang yang manis pedas, kamu dapat menikmati segarnya sayuran lengkap dengan tempe mendoan, telur asin dan sate ampela ati yang gurih.

5. Pecel Tegal

Melimpir sedikit ke Jawa Tengah, ada pecel Tegal yang siap menggugah selera makan kamu. Jika di Jawa Timur, pecel hadir dengan ragam sayuran, maka di Tegal menggunakan buah-buahan. Dengan siraman saus gula merah, nikmati jambu, nanas, pepaya hingga mangga. Mirip banget dengan rujak.

6. Nasi Pecel Bledek Nganjuk

Sensasi yang ditawarkan pecel yang satu ini adalah rasa pedasnya yang bikin berkeringat! Nggak cuma dua, sepiring pecel bledek Nganjuk mengguakan lima cabe rawit yang pedas sekali. Campuran sayuran mulai dari daun singkong, kembang turi, kemangi, toge hingga petai cina disiram dengan sambal kacang siap bikin lidah kamu bergoyang.

7. Nasi Pecel Blitar

Mampir ke daerah Blitar, berarti kamu sudah siap mencicipi nasi pecel Blitar yang legendaris. Dalam satu porsi, kamu bisa menikmati berbagai sayuran hijau, tahu tempe hingga rempeyek. Nah, yang bikin beda adalah pecel ini menggunakan serundeng kelapa yang gurih, menambah cita rasa unik di lidah.

Liburan mau berburu nasi pecel? Sekalian traveling, yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top