Destinasi

Yuk, Liburan Sambil Napak Tilas Sejarah The Beatles

The Beatles sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Karya mereka dan perubahan terhadap kultur serta industri musik dunia membuat mereka terus diingat banyak orang.

Beberapa lokasi yang menunjukkan sejarah dari The Beatles kerap menjadi incaran bagi penggemar band legendaris tersebut. Tak kurang, mengunjungi lokasi wisata yang kental dengan sejarah The Beatles, seperti menjadi ziarah mengenang kebesaran nama dari John, Paul, George dan Ringo.

Pegipegi merangkum beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi liburan sekaligus mengenang sejarah The Beatles. Yuk, intip beberapa tempat tersebut!

Rumah John Lennon di Liverpool, Inggris

John lennon rumah

Penggemar dari Fab Four bisa menikmati seluruh akhir pekannya di Liverpool, tempat asal dari The Beatles. Banyak sekali bar, klub malam dan museum yang ditujukan untuk band tersebut. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah rumah masa kecil John Lennon. Tidak ada yang berubah dari rumah itu, sama seperti sejak tahun 1963. Inilah tempat yang tepat untuk merasakan Liverpool dan The Beatles.

The Magical Mystery Tour

Pilihan terbaik lainnya ketika berada di Liverpool untuk waktu terbatas, tetapi ingin menikmati pengalaman The Beatles bisa ikuti tur The Magical Mistery Tour. Naik di bus yang disertai pemandu, para penggemar The Beatles bisa berwisata sambil menjelajahi jalanan Liverpool dan sejarah dari Fab Four selama dua jam. Lewat tur ini, penggemar bisa melihat rumah masa kecil Ringo Star, aula gereja St.Perter di mana John Lennon dan Paul McCartney bertemu pertama kali. Selain itu bisa juga melihat rumah masa kecil John Lennon sekolahnya seperti Art College dan Liverpool Institute tepat keempat bersekolah. Tempat lain adalah Cavern Club, rumah masa kecil Paul McCartney dan tempat kelahiran George Harrison dan Strawberry Field. Tiket untuk tur ini bisa dibeli sekira seharga Rp300.000.

The Imagine Plaque, di Strawberry Fields, Central Park, New York

Imagine plaque

Lokasi wisata The Beatles tidak melulu berada di Inggris, tempat lain yang berbagi kenangan dengan The Beatles adalah Central Park, New York. Di tempat ini berada salah satu lokasi favorit yaitu, Strawberry Fields yang merupakan rumah dari plakat Imagine. Ini ada salah satu tempat yang harus dilihat oleh seluruh fans The Beatles. Berada di jalan seberang Dakota -bekas rumah John Lennon dan tempat tinggal Yoko Ono saat ini- plakat Imagine bisa ditemui di sebelah barat Central Park melalui jalan 71st dan 74th. Setiap hari ada saja yang meletakkan karangan bunga di tempat itu dan berfoto bersama atau ada juga yang bernyanyi lagu The Beatles. Setiap 8 Desember, ratusan orang akan hadir di plakat itu berkumpul dan menyanyikan lagu The Beatles untuk mengenang kematian John Lennon dan semua itu gratis!

Abbey Road, Inggris

Beatles_-_Abbey_Road

Sejarah The Beatles tidak bisa dilepaskan dari studio Abbey Road di London, Inggris. Foto ikonik di cover album The Beatles Abbey Road, sudah terkenal luas. Kalau travelers ingin berpose seperti John, Paul, George dan Ringo yang tengah menyeberangi jalan di samping studio legendaris ini, bisa datang ke tempat bersejarah tersebut. Kalian juga akan melihat coretan di dinding pagar studio musik tersebut. Banyak dari coretan itu menunjukkan rasa kekaguman penggemar terhadap The Beatles.

Ed Sullivan Theater

ed sullivan

Ed Sullivan menjadi sosok paling penting ketika The Beatles mendarat di Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya pada 1963. Saat itu The Beatles mulai terkenal di Negeri Paman Sam dan menjadi idola para remaja. Pada acara televisi bersama Ed Sullivan, The Beatles memukau Amerika dan langsung menjadi idola baru. Saat itu, Ed Sullivan Theater hanya disebut Studio 50 dan kini dipakai untuk mereka acara talkshow Late Show with David Letterman. Kunjungi studio untuk merasakan teriakan remaja di era 60an ketika melihat The Beatles.

Hollywood Bowl

hollwood bowl

Hollywood Bowl dan museumnya bisa menjadi pilihan lain dalam menelusuri sejarah The Beatles di Amerika Serikat. Konser mereka pada 1964 dan 1965 di Hollywood Bowl saat itu dipenuhi oleh banyak penggemarnya. Bahkan rekaman dari konser tersebut meraih platinum pada 1977. Meski tidak bisa melihat The Beatles di atas panggung, setidaknya masih terasa atmosfer konser saat itu. Koleksi di museumnya pun makin mendekatkan penggemar dengan konser besar itu.

Beatles Park

Beatles-Park

Setelah The Beatles melakukan konser di Dallas pada 1964, mereka terbang ke sebuah peternakan di Missouri untuk istirahat. Dengan menumpang pesawat kecil, mereka tiba di Ranch Walnut Ridge. Namun ketika mereka ingin istirahat, kabar mengenai keberadaan The Beatles pun bocor dan ratusan fans menunggu mereka di bandara. Pada akhirnya fans terus memperingati hari itu setiap tahun. Bahkan pihak kota setempat membangun patung The Beatles sebagai penghormatan.

Hamburg

Amerika dan Inggris tidak hanya menjadi negara di mana The Beatles memupuk karir mereka. Justru di Hamburg, Jerman, The Beatles sudah terkenal lebih dulu dibandingkan di Amerika Serikat. Mereka manggung di sebuah klub bernama Reeperbahn, yang saat itu dikenal sebagai lingkungan prostitusi. Namun kini, wilayah tempat The Beatles tampil lebih fashionable. Meski bangunan di era The Beatles manggung sudah hilang, para penggemar The Beatles bisa melihat plakat mengenai bangunan bersejarah dan terkait dengan The Beatles.

 

(Visited 537 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top