Kuliner

Yuk, Liburan Sambil Jelajah Kuliner Lezat di Kota Magelang

Sebagai kota besar penghubung Semarang dengan Yogyakarta, Magelang adalah destinasi singgah yang menarik. Selain memiliki beragam tempat wisata baik budaya maupun alam, Magelang juga hadir dengan koleksi kuliner yang lezat.

Lantaran berada di dataran tinggi, Magelang dikelilingi banyak kuliner berkuah, lho. Salah satunya adalah nasi godog!

Sesuai dengan namanya, sajian ini memadukan dua unsur makanan, nasi dengan mie jawa yang direbus. Nasi godog punya cara memikat hati, melalui kuah pedas manis yang sangat menggugah selera. Aroma rempah-rempah yang kuat bercampur hangat dengan suwiran ayam kampung yang nikmat.

Salah satu rekomendasi nasi godog yang lezat ada di Warung Pak Yatno. Lokasi kedai nasi godog ini ada di dekat Armada Town Square. Karena sangat terkenal, Warung Nasi Godog Pak Yatno selalu menghadirkan antrian yang sangat panjang.

Kupat Tahu Sampai Tape Hijau

Selain nasi godog, kota Magelang juga dikenal dengan kupat tahunya. Makanan berbahan dasar ketupat ini hadir dengan topping tahu dengan irisan toge dan kacang goreng.

Kupat tahu khas Magelang punya ciri khas tersendiri, yaitu pada kuahnya. Menggunakan bumbu kecap dengan kombinasi rempah rahasia, kupat tahu Magelang menawarkan cita rasa manis pedas yang nggak terlupa.

Kedai Kupat Tahu Pak Slamet menjadi favorit masyarakat sekitar dan para wisatawan. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke kedai Pak Pangat yang punya cita rasa nggak kalah lezatnya.

Nah, jika sudah puas mencicipi makanan beratnya, kamu bisa main ke daerah Muntilan untuk berburu tape hijau. Disajikan basah berwarna hijau, tape Muntilan nikmat disantap langsung atau dengan ketan putih yang gurih.

Foto: Sutina Asis

Dengan bahan beras ketan, tape Muntilan menggunakan ragi yang ditabur kedalam untuk meningkatkan rasa asam dan manis hingga kematangan. Satu bungkus tape Muntilan dihargai Rp 35 ribu saja.

Sebelum pulang, kamu wajib mencicipi kelezatan getuk lindri di Magelang. Getuk lindri. Awalnya, warga Magelang mengonsumsi getuk sebagai panganan pokok, pengganti beras.

Namun semakin berkembangnya zaman, getuk lindri berubah menjadi oleh-oleh khas tersendiri.  Bentuknya yang cantik serta rasanya yang manis mampu membuat lidah kamu bergoyang.

Jadi, kapan nih mau mampir ke Magelang? Untuk yang ingin liburan ke Magelang, cari hotelnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

cari hotel murah di Magelang

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top