Destinasi

Yuk, Liburan ke 6 Destinasi Wisata yang Anti Mainstream di Sumatera

Stres karena banyak kerjaan? Itu tandanya kamu butuh liburan, deh! Nah, biar seru, kamu bisa berburu destinasi wisata di sekitar Sumatera.

Kota-kota besar seperti Medan, Palembang dan Bandar Lampung ternyata punya banyak banget spot wisata yang anti mainstream. Sesuai dengan istilahnya, deretan destinasi wisata ini menawarkan panorama yang cantik dan juga unik, lho.

Buat main ke sini, jangan khawatir. Pakai promo Peyuk, kamu dapatkan diskon sampai 60 persen buat pesan tiket pesawat, kereta api dan hotel dari 25-31 Oktober. Jadi, liburan kamu bakal lebih hemat dan hemat, lho!

Nah, destinasi anti mainstream di Sumatera apa saja yang bisa kamu kunjungi? Langsung aja cek di bawah ini, yuk!

Medan

Graha Maria Annai Velangkanni

Jalan-jalan ke Medan, jangan lupa berburu wisata unik dan menawannya. Selain punya Istana Maimun yang penuh sejarah, Medan juga hadir dengan Graha Maria Annai Velangkanni yang sangat megah. Terletak di jalan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Graha Maria Annai Velangkanni merupakan sebuah gereja Katolik. Bangunan bergaya India-Mughal ini dibuat sebagai persembahan kepada Bunda Maria yang dikenal sebagai Bunda Penyembuh di India. Menara dari Graha Maria Annai Velangkanni didesain dengan gaya arsitektur Hindu sebagai perwakilian kubah raja. Sehingga, atmosfer India-Mughal-nya pun kental terasa bahkan dari pandangan jarak jauh.

Taman Alam Lumbini

Mau berburu wisata Pagoda seperti di Myanmar dan Thailand? Tenang, kalau belum sempat main ke sana, liburan saja ke Medan, Sumatera Utara. Di sana, ada replika pagoda yang berasal dari Myanmar. Letaknya ada di Desa Tongkoh, Brastagi, Medan, Sumatera Utara dan disebut dengan Pagoda Taman Alam Lumbini. Pagoda ini merupakan replika Pagoda Shwedagon atau kerap dijuluki pagoda emas Yangoon, Myanmar. Taman Alam Lumbini dibuka sejak Oktober 2010 dan merupakan stupa tertinggi di Indonesia. Yang bikin menarik adalah pagoda ini termasuk sebagai replika tertinggi nomor dua di Asia Tenggara. Berwarna keemasan, pagoda di Taman Alam Lumbini tampak megah dari kejauhan. Kamu akan merasa seperti bukan berada di Indonesia ketika sedang mengunjungi pagoda ini.

Palembang

Pulau Kemaro

Pulau legendaris yang satu ini terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro ada sebuah kelenteng yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah. Soalnya, di sana ada makam seorang Putri Palembang, putri yang menikah dengan pangeran dari China. Sang pangeran yang tenggelam terlebih dahulu ke sungai, akhirnya disusul oleh sang putri. di Pulau Kemaro juga terdapat pagoda dengan sembilan lantai yang baru dibangun tahun 2006, juga pohon cinta. Katanya, jika kamu dan pacar mengukir nama kalian di pohon tersebut, hubungan kalian bakal berlanjut di pelaminan.

Bukit Sarelo

Terletak di Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, atraksi wisata alam ini memang cukup jauh dari kota Palembang. Kamu harus menempuh perjalanan darat selama 3-4 jam untuk mencapai Bukit Serelo. Namun, siap dibuat kagum, deh, dengan panorama alam yang cantik. Dikelilingi Sungai Lemantang, Bukit Serelo puncak yang menyerupai telunjuk manusia raksasa. Lantaran bentuk yang unik, warga sekitar pun menjuluki bukit ini sebagai Bukit Tunjuk. Masih menjadi bagian dari taman wisata alam yang dikelola Pemprov Sumsel, kamu menjumpai hutan tropis yang kaya akan oksigen. Pesona Kabupaten Lahat bisa dilihat dengan puas, ditemani dengan sunset menawan di sore hari.

Bandar Lampung

Kawah Nirwana Suoh

Punya mimpi liburan ke Danau Yellowstone di Amerika Serikat? Nggak perlu jauh-jauh! Karena di Lampung, kamu bisa bertamu ke Kawah Nirwana Suoh dengan penampakan yang serupa, lho. Terletak di kawasan Suoh, Lampung Barat, Kawah Nirwana Suoh merupakan kaldera gunung berapi yang masih aktif, lho. Denga luas mencapai 128 kilometer persegi, Kawah Nirwana Suoh memiliki potensi geothermal yang cukup tinggi, sama seperti yang hadir di Yellowstone. Kawah Nirwana Suoh sendiri menawarkan pesona wisata kawah yang sangat cantik. Warna biru toska mendominasi bagian permukaan dari Kawah Nirwana Suoh, dengan asap yang nggak pernah berhenti mengepul.

Pantai Gigi Hiu

Berada di kecamatan Kelumbayan, pantai yang satu ini memang terdengar seram. Bukan tanpa alasan, karena pantai ini dipenuhi oleh gugusan batu karang lancip yang tertata alami di pinggir pantai, mirip gigi hiu. Namun, di sinilah letak pesonanya, lho. Saat karang-karang tersebut dihempas ombak, kamu bisa dapat angle foto yang Instagenic banget, terlebih buih-buih ombak hasil hempasan menciptakan efek blur tersendiri sebagai latarnya. Nggak cuma itu. Kecantikan Pantai Gigi Hiu juga terletak pada arsiran langitnya. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan menu sunset dengan langit berwarna jingga kemerahan yang sangat menawan.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Pakai promo Peyuk biar liburan makin mudah buat  pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top