Tips

Yuk, Lebih Jauh Mengenal Fasilitas Hotel Beserta Fungsinya!

Fasilitas Kamar Hotel

Pada masa pandemi seperti saat ini, staycation menjadi salah satu alternatif “aman” untuk melepaskan penat. Biasanya, kita akan memilih hotel favorit yang sesuai dengan kebutuhan atau yang diinginkan. Bisa jadi buat kamu yang masih single, cenderung ingin menginap di hotel yang minimalis dan Instagramable. Bagi pasangan yang baru saja menikah atau pengantin baru, mungkin lebih memilih hotel dengan nuansa yang romantis. Lain halnya jika staycation bersama keluarga dan anak-anak, mungkin kamu akan lebih memilih hotel dengan fasilitas taman bermain hingga kolam renang yang ramah anak. Lalu, apa saja sih fasilitas sekaligus fungsi yang perlu kita ketahui sebelum memesan kamar hotel? 

Berdasarkan wawancara Pegipegi dengan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, berikut adalah tipe kamar hotel beserta fasilitas di dalamnya yang penting untuk kamu ketahui. Yuk, simak selengkapnya!

Standard Room

Tipe kamar ini merupakan jenis kamar paling dasar yang dimiliki hotel. Harga yang ditawarkan dari tipe kamar ini biasanya mempunyai harga paling murah jika dibandingkan tipe kamar lainnya.

Fasilitas yang disediakan tipe Standar, yaitu tempat tidur, televisi, dan kamar mandi.  Luas ruangannya juga hanya sekitar 30 meter persegi.  Namun, fasilitas ini biasanya akan berbeda-beda tergantung pada tingkat atau klasifikasi hotel, terutama pada hotel berbintang.

Superior Room

Superior room merupakan jenis kamar di atas kamar Standar. Tipe kamar ini bisa dikatakan memiliki fasilitas ruangan yang lebih bagus dan luas dari kamar Standar. Kamar ini biasanya mempunyai fasilitas tambahan berupa pemandangan dan lokasi yang lebih baik dari kamar Standar. Pilihan kasur di jenis kamar Superior ini, umumnya ada double bed yang artinya satu kasur dengan ukuran queen atau king, dan twin bed.

Deluxe Room  

Tipe kamar ini biasanya memiliki luas ruangan sekitar 40 meter persegi dengan fasilitas tambahan seperti coffee maker, kulkas, dan lainnya. Keunggulan kamar jenis ini dibandingkan tipe kamar sebelumnya, yaitu letak kamar yang berada di lantai atas. Kamar ini biasanya menyuguhkan pemandangan yang lebih menarik dari balik jendela lantai atas. Arti Deluxe sendiri memang sebuah kamar yang memiliki luas lebih lebar, fasilitas lebih banyak, dan pemandangan lebih baik dari kamar Superior.

Junior Suite Room

Tipe kamar ini mudah diketahui dengan cara melihat ukuran kamar yang lebih luas dari tipe kamar sebelumnya. Ukuran kamar ini biasanya 50 meter persegi. Ciri khas lain yang bisa dilihat adalah adanya ruang duduk atau living room yang diberi sekat agar ruang tidur tak terlihat. Namun, ruang duduk dan ruang tidur masih dalam satu ruangan yang sama. Fasilitas yang dimiliki kamar ini di antaranya area bathtub, shower, dan toilet yang lebih nyaman dan bersekat. Untuk kasur yang disediakan biasanya berukuran king bed. Pada tipe kamar ini, ada beberapa hotel yang memiliki akses langsung ke lounge hotel.

Suite Room

Lebih tinggi dari Junior Suite, kita bisa menemukan kamar tipe Suite di hotel. Biasanya, kamar ini mulai tersedia di hotel-hotel berbintang tiga. Beberapa hotel juga menyebut kamar Suite dengan kamar Bisnis atau Business room. Berukuran lebih besar dari jenis Junior Suite, yaitu 80 meter persegi. Fasilitas yang disediakan hampir mirip dengan Junior Suite. Namun, dalam Kamar Suite terdapat ruang tamu dan dapur. Kamar ini lebih sering dinilai seperti kamar apartemen berkelas dengan fasilitas mewah.

Presidential Suite Room

Kamar ini merupakan tipe paling tinggi di sebuah hotel berbintang, yang biasanya dimiliki oleh hotel bintang lima. Jenis kamar Presidential Suite, biasanya berada di lantai paling atas dari hotel. Oleh karena itu, pemandangan yang disuguhkan bisa ke segala arah. Kamar ini juga disebut sebagai penthouse. Selain itu, jenis Presidential Suite juga biasa memiliki julukan lain yaitu Royal Suite. Jika sebuah hotel kedatangan tamu VVIP, biasa ditempatkan di Presidential Suite. Fasilitas mewah dihadirkan dalam kamar ini, mulai dari kamar yang lebih dari satu, hingga bisa tiga ruang tidur, ruang tamu, ruang makan area kerja yang megah, hingga kolam renang pribadi. Kamar ini juga biasanya memiliki pelayanan pribadi seperti Butler. Bahkan ada tipe kamar Presidential Suite yang memiliki ruang olahraga pribadi hingga jendela anti peluru karena kemewahan dan keamanannya. 

Selain jenis kamar hotel seperti yang dijelaskan di atas, kamu juga perlu tahu apa saja tipe kamar tidur yang disediakan oleh hotel, supaya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut adalah tipe kamar tidur hotel yang berhasil Pegipegi rangkum.

Single Room

Tipe kamar ini biasanya terdiri dari satu kamar tidur, sofa, dan kamar mandi. Single room adalah tipe kamar yang umum dimiliki hampir setiap hotel. Karena kapasitasnya tidak besar, maka sesuai dengan namanya, tipe kamar ini ideal hanya untuk satu orang saja. Tipe kamar ini biasanya dimanfaatkan oleh para solo traveler.

Twin Room

Sesuai dengan namanya, tipe kamar hotel ini mempunyai dua tempat tidur single yang terpisah, namun disatukan dalam satu kamar yang sama dan diletakan secara berdampingan. Tipe kamar ini biasanya dimanfaatkan oleh orang yang menginap untuk urusan dinas bersama rekan kerja, atau saat bersama teman. Pada tipe twin room, masing-masing tempat tidur mempunyai selimut yang bisa dimanfaatkan oleh masing-masing orang di tempat tidur berbeda.

Double Room

Tipe kamar ini cocok bagi pasangan suami istri pada saat menginap di hotel. Pasalnya, tipe kamar double room ini mempunyai ranjang cukup besar yang bisa digunakan untuk dua orang. Pada tipe kamar ini, selimut disediakan dalam ukuran yang besar pula, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berdua.

Triple Room

Tipe kamar triple room cocok bagi pasangan suami istri yang sudah memiliki anak. Tipe kamar ini biasanya juga disebut dengan family room. Tipe kamar triple room ini, biasanya mempunyai satu tempat tidur berukuran besar dan satu tempat tidur berukuran kecil atau single. Triple room juga dapat berisi tiga tempat tidur berukuran single. Tipe kamar ini biasanya disediakan dengan kamar yang lebih luas, sehingga tamu akan tetap nyaman ketika menginap. Jika kamu ingin menginap di tipe kamar ini, ada baiknya kamu menanyakan ke hotel dulu untuk konfirmasi agar sesuai kebutuhan dan keinginan kamu, ya.

Bunk Bed

Berbeda dengan tipe kamar lainnya, tipe kamar bunk bed menawarkan sensasi menginap yang biasanya dimanfaatkan oleh para backpacker. Jika kamu menginap bersama teman-teman, tipe kamar ini cocok untuk dicoba. Bunk bed adalah fitur tempat tidur bertingkat yang unik dan praktis yang dapat mengakomodasi hingga tiga orang atau lebih. Masing-masing ranjang bisa diisi oleh satu orang. Jadi, walaupun kamu tidur dengan banyak orang dalam satu ruangan, kamu tidak perlu khawatir tidur bersempit-sempitan, ya. Selain asik untuk diinapi bersama teman-teman, tipe kamar ini biasanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Nah, itu dia fasilitas dan tipe kamar yang penting untuk kamu ketahui ketika ingin menginap di hotel. Buat kamu yang ingin staycation di hotel, Jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan, ya. Terus, biar #PegipeginyaLebihAman kamu bisa banget memanfaatkan filter “Clean & Safe Stay“ saat memesan hotel promo di Pegipegi!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top