Destinasi

Yuk, Kunjungi Kampoeng Ahok di Belitung Timur!

kampoeng-ahok

Tahun ini, Belitung menjadi salah satau tempat wisata yang dijuluki sebagai Bali Baru oleh pemerintah. Karena, selain memiliki keindahan yang nggak kalah indah ketimbang Bali, popularitas Belitung di mata wisatawan asing juga nggak kalah dari Bali. Apalagi, Belitung merupakan tempat Ahok, Gubernur DKI Jakarta lahir dan dibesarkan. Bukan hanya pantainya yang layak untuk disambangi, tapi begitu pula dengan rumah Ahok yang berlokasi di Manggar, Belitung Timur.

Banyaknya pengunjung yang datang ke sana, bikin rumah Ahok dijuluki sebagai Kampoeng Ahok. Hal ini terlihat jelas dari papan penanda yang dipasang di depan rumah panggung. Lokasi rumah panggung ini berada tepat di depan rumah utama.

Kalau sudah sampai di sana, tentu aja kamu wajib berfoto di depan papan penanda tersebut biar eksis! Hihihi… Jangan lupa masuk ke dalam rumah panggungnya, ya!

Kondisi sekitar Manggar jauh dari suasana perkotaan. Di sana sama sekali tidak ada rumah bertingkat. Jarang ada mobil dan motor pun hanya lewat sesekali. Lebih banyak truk pengangkut pinang yang melintas. Namun, rumah Ahok di Manggar mudah sekali untuk dikenali karena tampak menonjol ketimbang rumah-rumah warga lainnya. Rumah itu memiliki tembok megah warna krem.

Sedangkan, foto tersebut adalah di samping rumah Ahok. Banyak sekali tanaman di sana, sehingga membuat suasananya asri. Sehingga, kamu nggak terlalu kepanasan saat berada di sana.

Lucunya, ada beberapa keledai yang dipelihara di belakang rumah Ahok!

rumah-ahok3

Basuri dan ibu Ahok (foto oleh: http://travel.kompas.com/)

Jika beruntung, kamu bisa masuk ke dalamnya dan bertemu dengan ibu Ahok (Buniarti Ningsih) juga adiknya, Basuri Tjahaja Purnama. Selain bisa mengobrol, kamu juga bisa foto bareng dengan mereka, lho! Namun, jika mereka sedang tidak ada di rumah, siapa pun tidak diperbolehkan masuk ke dalam rumah. Hal ini dilakukan demi keamanan.

Jangan lupa untuk mengunjungi galeri batik asli Belitung Timur bernama Batik de Simpor yang berlokasi di jalan KA. Bujang No. 22 Gantung. Pembina pembuat batik di sana adalah istri Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza Mahendra dan penggeraknya adalah ibu-ibu PKK Belitung Timur. Kenapa diberi nama Simpor? Karena, simpor adalah pohon yang hanya tumbuh di Belitung. Daun pohon simpor bisa dijadikan motif kain batik. Itulah yang membuat batik Belitung Timur berbeda dengan batik di daerah lain.

Jadi, kalau mampir ke Batik de Simpor, wajib banget buat beli batik khas Belitung Timur untuk diri sendiri dan oleh-oleh nih, travelers! Bukan hanya menjual batik, tapi di Batik de Simpor juga menjual aneka souvenir yang bisa diborong!

simpor

foto oleh: travelerien.com

batik-simpor

foto oleh: travelerien.com

simpor

foto oleh: travelerien.com

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kepemimpinannya yang tegas membuat Ahok memiliki banyak pemuja. Tapi, banyak juga oknum yang tidak menyukai kepemimpinannya. Ahok pun tidak pernah takut untuk membela kebenaran, meskipun harus mati. Bahkan, Ahok sempat berpesan kepada istrinya, Veronica Tan, yaitu jika ia meninggal dalam waktu dekat, ia ingin dikuburkan di Belitung, bukan di Jakarta. Salah satu tujuannya adalah agar banyak orang yang mengunjungi makamnya di Belitung, sehingga pariwisata di Belitung makin maju. Yuk, kita doakan agar Ahok sehat selalu dan bisa terus memimpin Jakarta dengan bijak.

Memajukan pariwisata bukan hanya tugas gubernur, tapi juga tugas kita. Supaya pariwisata di Belitung makin maju, tentu aja kita harus traveling ke Belitung dan mampir ke Kampoeng Ahok. Supaya bujet traveling kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Belitung lewat pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke belitung cari hotel murah di belitung

Kalau ingin melakukan transaksi yang lebih murah sekaligus praktis, jangan lupa instal aplikasi pegipegi di Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 205 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top