Kuliner

Yuk Kenalan Dengan Berbagai Varian Rasa Kopi

Mau kopi atau teh ya? Memang dua-duanya bisa jadi teman ngemil, namun kopi banyak dipilih sebagai teman lembur atau nongkrong di kafe sambil ditemani jajanan ringan. Kedai kopi juga sudah sangat menjamur di kota besar untuk memanjakan para penikmat kopi. Biar tambah ilmu dan bisa menikmati berbagai varian, yuk ikuti paparan Pegipegi tentang varian kopi yang digemari oleh banyak orang.

 

Kopi Espresso

Bisa dikatakan kalau espresso adalah dasar dari semua varian produk turunan kopi. Kenapa? Karena espresso tampilannya sangat biasa seperti kopi hitam. Tapi jangan salah, varian kopi ini diolah dengan sangat halus, yaitu dengan menggunakan mesin brewing khusus. Caranya, biji kopi ditaruh dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi sehingga ekstraknya akan ikut bersama dengan air yang keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin. Tidak heran kalau kandungan kafein kopi ini lebih tinggi dibanding jenis lain sehingga espresso seringkali disajikan dalam porsi kecil, yaitu 30 ml. Kopi ini juga menjadi primadona dan banyak digemari penikmat kopi diseluruh dunia.

 

Kopi Americano

Foto 2 Kenalan Dengan Varian Rasa Kopi

Americano atau Caffe Americano adalah sajian kopi yang dihasilkan dari tambahan air panas pada espresso. Kuat lemahnya Americano tergantung pada porsi espresso dan air yang ditambahkan. Jadi, rasanya ada kemiripan dengan espresso. Namun akan lebih pas rasanya bila 30 ml air panas diberi kopi espresso. Konon katanya, penamaan kopi ini adalah bentuk ejekan pada orang-orang Amerika karena memesan espresso yang dibuat lebih encer.

 

Kopi Caffe Latte

Foto 3 Kenalan Dengan Varian Rasa Kopi

Caffe latte atau sering disingkat dengan latte punya arti ‘kopi dan susu’. Dari namanya saja sudah jelas kalau susu harus ditambahkan dalam varian ini. Cara membuatnya juga mudah, yaitu dengan mencampur 14 – 16 gram kopi bersama 60 ml air panas. Kopi yang digunakan adalah espresso panas dengan susu sapi. Namun kalau mau coba varian lain, espresso bisa diganti dengan matcha atau mate. Rasa latte juga bisa berubah tergantung dari tingkat kepanasan air yang digunakan. So, diperlukan keahlian khusus untuk bisa mendapatkan takaran tepat antara kopi, susu, dan temperatur air panas.

 

Kopi Cappuccino

Foto 4 Kenalan Dengan Varian Rasa Kopi

Kalau diartikan, Cappuccino yang berasal dari kata ‘capuchin’ adalah tudung kecil. Ini dimaksudkan pada krim atau susu yang ditambahkan pada segelas espresso. So, varian ini merupakan paduan antara susu panas, espresso dan buih susu yang tingginya bisa mencapai 2 cm dari permukaan. Perpaduan ketiga bahan tersebut pun menciptakan aroma dan rasa khas di lidah sehingga bisa disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin. Karena unik, varian kopi ini jadi sangat populer di berbagai penjuru dunia. Di Italia, cappuccino diseruput di pagi hari atau sebelum jam 11. Namun di tempat lain, kita bisa menikmatinya sepanjang hari.

 

Kopi Caffe Macchiato

Foto 5 Kenalan Dengan Varian Rasa Kopi

Caffe macchiato atau dikenal juga dengan sebutan espresso macchiato adalah sajian kopi yang diberi tambahan susu sedikit. Bila diartikan, macchiato punya makna ditandai atau dinodai. So kalau dilihat hasilnya, caffe macchiato adalah varian kopi espresso yang ditandai atau dinodai dengan susu. Kopi yang digunakan jelas lebih banyak sehingga rasa dan aromanya lebih tajam. Susu yang digunakan memang sedikit dan tidak diaduk karena hanya dipakai untuk melapisi bagian atas espresso

 

Kopi Caffe Mocha

Foto 6 Kenalan Dengan Varian Rasa Kopi

Inilah favorit kaum hawa karena rasa mocha-nya begitu kuat dan sangat terasa ketika diseruput. Bisa dikatakan kalau caffe mocha adalah paduan antara kopi latte dan cappucchino yang diberi tambahan sirup coklat. Terkadang juga digunakan bubuk kokoa untuk menambah aroma dan rasa kopi. Karena ada taste coklat inilah kenapa banyak wanita yang memesan caffe mocha.

 

Ngomongin soal kopi, Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia lho, travelers. Cobain deh kopi-kopi lokal terbaik Nusantara saat kamu liburan keliling Indonesia!

 

(Visited 3,424 times, 1 visits today)

Comments

To Top