Destinasi

Yuk, Jelajah Tempat Wisata Alami yang Ada di Cangar, Kota Batu

tempat wisata cangar

Kota Batu di Jawa Timur merupakan daerah dataran tinggi dengan suhu yang relatif sejuk dan nyaman. Ada banyak tempat wisata yang seru dan menyenangkan di kawasan ini; salah satunya adalah pemandian air panas Cangar, Batu, Malang. Faktanya, tempat wisata ini juga menawarkan paket lengkap. Mulai dari pemandangan indah, cuaca sejuk, dan hangatnya berendam di kolam air panas alami.

Tempat Wisata Alami & Instagenic

tempat wisata cangar
Sumber: IG @cangar_batu

Berlokasi di kaki Gunung Welirang di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, di sini kamu bisa menemukan pemandian yang menawarkan suasana asri hutan yang hijau dan rimbun. Lokasi pemandian ini masih merupakan bagian dari Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Ada banyak fauna alami yang tinggal di daerah ini, jadi kamu sesekali akan bertemu dengan beberapa binatang seperti lutung Jawa.

Selain menikmati air hangat yang akan membantumu melepas lelah dan penat. Di Cangar, kamu juga akan menemukan spot-spot Instagramable berkat pemandangannya yang indah. Selain itu, ada juga beberapa gua buatan di sekitar kawasan hutan yang bisa menjadi latar menarik untuk foto kamu.

Pemandian Mata Air Panas Alami

Kolam di pemandian ini terbagi menjadi dua, yaitu dua kolam renang dan tiga kolam alami. Air dari kolam renang hangat alami di sini berasal dari sumber air kaki Gunung Welirang. Mata air panas alami ini sebenarnya bersuhu sangat panas. Namun, air ini nggak langsung dialirkan ke kolam, dan dicampur dulu dengan air alami bersuhu rendah agar suhunya terasa lebih nyaman

Air kolam yang jernih di sini mengandung belerang dan berbagai mineral lainnya. Berendam di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Fasilitas yang Disediakan di Sana

tempat wisata cangar
Sumber: IG @javascenery

Pemandian air panas Cangar sudah menyediakan fasilitas lengkap sehingga wisatawan nggak perlu repot harus keluar dari area pemandian hanya untuk makan atau beristirahat.

Fasilitas yang tersedia meliputi musala, toilet, dan ruang bilas air hangat. Kamu nggak perlu antre terlalu lama hanya untuk membilas tubuh setelah lama berenang di kolam. Pasalnya, kamar bilas yang tersedia sudah cukup banyak. 

Selain itu, ada juga gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sejenak. Jika berkunjung bersama anak-anak, mereka bisa bermain di area playground yang sudah tersedia. Jadi, seluruh anggota keluarga bisa menikmati kesenangan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Jika merasa lapar, area penjual kuliner siap menjajakan makanan lezat untuk mengisi perut agar kembali berenergi setelah bermain dan berenang seharian. Sebelum pulang, jangan lupa membeli souvenir di toko yang tersedia untuk oleh-oleh keluarga dan teman di rumah.

Tiket Masuk Pemandian Air Panas

tempat wisata cangar
Sumber: IG @batuexplore

Pemandian air panas Cangar Batu Malang buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Jadi, kamu punya cukup banyak waktu untuk beristirahat dan bermain seharian di tempat wisata ini.

Tiket masuk ke kawasan pemandian cukup murah, yaitu berkisar antara Rp11.000* sampai Rp15.000* per orang. Sementara itu, untuk parkir kendaraan bermotor, kamu akan dikenai biaya Rp5.000*, baik untuk motor maupun mobil. Jika ingin masuk ke kolam renang keramik, maka sediakan lagi biaya tambahan Rp5.000* per orang.

Cara Berkunjung ke Cangar, Batu

Cangar terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini bisa ditempuh melalui dua jalur, yang pertama dari Batu ke arah Jurang Kuali, lanjut ke Sumber Brantas, dan tiba di Cangar. Jalur kedua adalah dari Pacet menuju ke Mojokerto, kemudian ke Kampung Sendi hingga akhirnya tiba di Kawasan Tahura Soerjo.

Dari Kota Malang, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke sini. Jika berasal dari luar kota, kamu nggak perlu khawatir soal tempat menginap karena ada banyak hotel, guest house, maupun resort di sekitar Kota Batu maupun di sekitarnya.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan di tempat wisata Cangar Batu Malang. Dengan biaya yang cukup murah, kawasan ini layak dipilih sebagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Sebelum berangkat ke Kota Batu, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat, ya! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: