Destinasi

Yuk, Jelajah 7 Surga Wisata Tersembunyi di Lombok Timur

hiddden gem lombok timur

Lombok kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Meski demikian, ternyata masih banyak hidden gem Lombok yang belum diketahui banyak orang, termasuk yang ada di Lombok Timur. Penasaran, kan?

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Pulau Seribu Masjid ini, berikut surga wisata tersembunyi di Lombok Timur  yang menarik banget untuk dieksplor!

Pantai Kaliantan

hidden gem lombok
Sumber: IG @pantai_kaliantan

Pantai Kaliantan berada di Dusun Kaliantan, Desa Seriwe, Jerowaru, Lombok Timur. Kalau datang dari pusat Kota Mataram, kamu perlu menempuh jarak sekitar 72 kilometer atau dua jam berkendara.

Pantai Kaliantan merupakan salah satu pantai di Lombok yang digunakan sebagai pusat penyelenggaraan upacara adat Bau Nyale. Yaitu, tradisi memburu cacing laut yang dilakukan oleh suku Sasak.

Di hari biasa, Pantai Kaliantan ini sangat sepi. Hanya kesunyian dan keindahan alam sekitar yang akan menyambut kedatanganmu di salah satu surga wisata tersembunyi Lombok timur ini. 

Pantai Kaliantan memiliki garis pantai yang luas, kurang lebih dua kilometer. Karenanya, pantai ini sering digunakan untuk olahraga kitesurfing, khususnya oleh wisatawan mancanegara. Olahraga ini memanfaatkan hembusan angin laut yang kencang untuk menggerakkan papan selancar dan parasut.

Gili Petelu

hidden gem lombok
Sumber: IG @akutravel.com

Wisata bahari satu ini memiliki pesona keindahan yang nggak kalah bagusnya dengan beberapa gili terkenal di Lombok. Untuk menjangkau hidden gem Lombok yang satu ini, kamu harus ke Pink Beach terlebih dahulu. Kemudian, dari sana, kamu bisa menyewa perahu nelayan yang ditujukan mengantar wisatawan berkeliling, salah satunya mengunjungi Gili Petelu.

Gili Petelu merupakan pulau karang dengan kontur berbukit yang nggak terlalu luas. Namun, dari atas bukit kamu dapat melihat pemandangan pasir putih dan air laut yang berwarna biru bening. Gili Petelu juga memiliki pemandangan bawah laut dengan biota-biota laut yang cantik. Kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang berwarna hijau terang, bintang laut biru, dan berbagai jenis ikan warna-warni dengan kegiatan snorkeling.

Bukit Malang Lombok

hidden gem lombok
Sumber: IG @bukitmalang1919

Bukit Malang yang terletak di Desa Bebidas, Wanasaba, Lombok Timur merupakan tempat wisata non-pendakian yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan sambil sedikit merasakan pengalaman mendaki.

Saat mendaki bukit dengan ketinggian 1919 mdpl ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang sejuk. Sejauh mata memandang, kamu dapat menikmati keindahan Gunung Rinjani, Savana Propok I, dan Savana Propok II.

Pantai Batu Dagong

Kalau kamu mencari letak Pantai Batu Dagong di peta, hidden gem Lombok yang satu ini berada di tengah-tengah Pantai Kaliantan dan Pantai Kura-Kura. Nama pantai ini diambil dari tebing batu di tengah pantai yang diberi nama Batu Dagong oleh masyarakat sekitar. Ketika air laut sedang surut, batu tersebut akan tampak seperti tempat duduk bundar yang besar.

Selain keberadaan tebing batu, hal menarik lain dari pantai ini adalah pasirnya. Ada pasir yang bertekstur lembut dan ada yang seperti butiran merica. Saat air laut sedang surut, garis pantai yang didominasi dengan lekukan karang akan membentuk kolam alami.

Sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi, kamu bisa berenang dan berendam di kolam alami ini. Namun, saat air laut sedang pasang, kamu disarankan untuk nggak berenang, ya!

Pantai Tanjung Porok

hidden gem lombok
Sumber: IG @bppdntb

Pantai Tanjung Porok berjarak kurang lebih 6,5 kilometer dari Pink Beach, dengan waktu tempuh kurang lebih 40 hingga 60 menit dari pantai tersebut. Keindahan Pantai Tanjung Porok nggak kalah dengan Pink Beach, loh. 

Di sini, kamu akan disuguhi dengan panorama pantai yang menenangkan. Selain itu, kondisi pantai yang masih bersih, pasirnya yang putih, dan birunya air laut merupakan perpaduan pemandangan yang memanjakan mata. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan.

Pantai Tanjung Bloam

hidden gem lombok
Sumber: IG @explorelombok

Pantai Tanjung Bloam atau Pantai Tanjung Beloam berlokasi di Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh. Meski jalan menuju pantai ini belum terlalu mulus, perjuanganmu akan terbayar lunas ketika melihat keindahan surga wisata tersembunyi di Lombok yang eksotis ini. Biaya masuk pantai ini juga masih gratis. Di sini, kamu akan disuguhi oleh dua pemandangan pantai yang Instagramable banget.

Pertama, ada pantai pasir putih dengan latar belakang birunya air laut yang tampak eksotis. Kedua, pantai dengan gugusan tebing dan bebatuan yang menjorok ke laut. Sekilas, bebatuan ini tampak seperti jembatan yang akan membawa kamu ke tengah laut. Di ujung bebatuan yang seperti jembatan ini terdapat bukit kerucut yang ditumbuhi banyak tanaman hijau.

Pantai Antak-Antak

hidden gem lombok
Sumber: IG @jok_lombok

Pantai tersembunyi yang keberadaannya belum diketahui banyak orang ini berada di Desa Sekaroh, Kabupaten Jerowaru, Lombok Timur. Letaknya nggak terlalu jauh dengan Tanjung Ringgit. Hal menarik dari Pantai Antak Antak ini adalah kolam besar yang terbentuk secara alami dari batu karang. Ketika air laut surut, kamu bisa berenang sambil menikmati birunya laut yang menyatu dengan langit.

Nah, itu dia tujuh surga wisata tersembunyi di Lombok Timur yang belum banyak diketahui. Kalau kamu berencana mengunjungi semua hidden gem ini, jangan lupa pesan tiket pesawat promo dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: