Destinasi

Yuk, Jelajah 6 Hidden Gems di Probolinggo Ini

wisata probolinggo

Sedang ingin menjelajahi Jawa Timur? Jangan lupa mampir juga ke Probolinggo. Kota di bagian utara Provinsi Jawa Timur ini ternyata punya hidden gems yang seru-seru, loh. Selain terkenal dengan populasi mayoritas suku Madura dan dekat dengan Gunung Bromo serta Gunung Tengger Semeru, masih ada tempat lain di sini yang nggak kalah menarik.

Nah, buat SobiPegi yang penasaran dengan surga tersembunyi di Probolinggo, yuk lanjut baca di bawah ini!

Air Terjun Purba Tirai Bidadari

wisata probolinggo
Sumber: IG @indotravellers.co

Belum pernah mendengar nama destinasi wisata ini? Maklum saja, soalnya Air Terjun Purba Tirai Bidadari terletak di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris. Wilayah administratif desa ini juga agak tersembunyi dan sulit diakses.

Akses menuju tempat wisata Probolinggo ini nggak semudah jalur menuju Desa Jangkang. Air terjun purba ini berada sekitar tiga kilometer dari desa tersebut. Setengah jalurnya nggak bisa dilewati kendaraan apa pun. Kamu harus berjalan kaki menembus perkebunan rakyat dan hutan bambu milik Perhutani. Luasnya sekitar setengah hektare.

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Purba Tirai Bidadari, manfaatkanlah layanan wisata arung jeram di Desa Ranugedang. Berhubung aliran sungainya berwarna kehijauan disertai ngarai tebing terjal dan berukir-ukir, penggemar olahraga arung jeram menyebut tempat ini sebagai Green Canyon versi Probolinggo.

Keunikan lainnya yaitu air terjun ini terbentuk dari 16 titik mata air di puncak tebing. Karena kemampuan aliran deras airnya sampai menembus tebing, maka gugusan stalaktit kemudian terbentuk secara alami. Ukuran tiap gugusan bervariasi sehingga berbentuk lorong panjang yang mirip dengan gua. Diperkirakan, gugusan stalaktit ini sudah ada sejak ratusan hingga ribuan tahun silam.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari ternyata juga pernah diberi nama lain, yaitu Air Terjun Pelangi dan Goa Kelelawar. Alasannya, kita bisa melihat bias-bias pelangi pada pagi dan sore hari atau setiap kali matahari bersinar terang. Alasan lainnya adalah lorong stalaktit yang kerap dihuni kelelawar yang keluar masuk sesuka mereka.

Bagi penggemar arung jeram dan pemandangan alam yang unik, hidden gem di Probolinggo ini memang layak dikunjungi. Namun, Air Terjun Purba Tirai Bidadari bukan satu-satunya tempat wisata yang seru loh, di Kecamatan Tiris ini. Masih ada banyak lagi yang harus kamu kunjungi.

Hidden Gem Lain di Kecamatan Tiris

Inilah beberapa tempat wisata tersembunyi lainnya di kecamatan Tiris:

Danau Agung/Ranu Agung

wisata probolinggo
Sumber: IG @explorewisataprobolinggo

Salah satu danau di Kecamatan Tiris ini dikelilingi oleh dinding batu. Makanya, sekilas Ranu Agung mirip dengan lokasi dalam dongeng fantasi. Karena dinding batunya mirip lukisan purba, Ranu Agung sering sekali jadi lokasi favorit untuk foto-foto pre-wedding.

Sebagai surga tersembunyi Probolinggo, danau ini bisa dikunjungi secara gratis. Paling hanya bayar parkir seikhlasnya. Pengunjung bisa naik rakit menyeberangi danau. Namun, hati-hati bagi yang nggak bisa berenang, karena bagian tengah danau cukup dalam. Jangan sampai jatuh dari rakit, ya.

Danau Merah/Ranu Merah

Sesuai dengan namanya, air danau ini juga berwarna kemerahan. Uniknya, saat kamu mencoba mengambil airnya, ternyata air Ranu Merah akan tetap bening begitu sampai di tangan atau wadah lain. Di pinggir danau ini juga terdapat jajaran pohon pinus yang menambah keindahan area.

Bagi yang ingin memancing ikan, Ranu Merah menyediakan area memancing. Hasil tangkapan bisa dimakan sendiri atau dijual di pasar terdekat.

Danau Segaran/Ranu Segaran

wisata probolinggo
Sumber: IG @exploretiris

Danau ini juga nggak kalah keren dengan Ranu Agung. Panorama serba hijau di sekitarnya bakal bikin mata segar. Tempat wisata ini cocok banget untuk yang sedang bosan dengan suasana kota besar.

Sama seperti di Danau Agung, kamu bisa berlayar mengelilingi danau. Bedanya, kamu tinggal menyewa perahu atau perahu bebek. Mau tambah rileks? Datangi pemandian air panas. Airnya yang mengandung belerang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sekaligus bikin tubuh terasa rileks.

Kebun Teh Andung Biru

wisata probolinggo
Sumber: IG @initiris

Masih di Kecamatan Tiris, kita bisa lanjut ke Kebun Teh Andung Biru. Letaknya di Desa Andung Biru. Selain bisa berfoto-foto di tengah hamparan kebun teh, silakan juga memetik daun teh serta melihat proses pembuatan teh secara langsung. Seru banget, kan?

Candi Kedaton

Di Desa Andung Biru juga ada Candi Kedaton. Candi dengan 33 relief di bagian bawah atau kakinya ini ada di Lawang Kedaton. Bagi pencinta wisata sejarah, kamu bisa melihat-lihat sekaligus mendengarkan sejarah Candi Kedaton.

Nah, itu dia hidden gems di Probolinggo. Ingin ke sana? Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: