Destinasi

Yuk, jalan-jalan ke Manado

Indonesia-North-Sulawesi-Bunaken-Manado-Tua-Reef-011-1200x800

Travelers pernah mendengar tentang Kota Manado kan? Ya, Kota Manado merupakan sebuah kota di tepi pantai yang berbatasan dengan Laut Sulawesi dan dikelilingi oleh pegunungan serta perbukitan. Dengan kondisi geografis semacam ini pasti travelers dapat membayangkan keindahan alam Kota Manado yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

Kami telah merangkum beberapa spot wisata menarik di Kota Manado yang bisa kamu tempatkan dalam daftar kunjungan liburan kamu selanjutnya.

1. Taman Laut Bunaken

Indonesia-North-Sulawesi-Bunaken-Manado-Tua-Reef-011-1200x800

Inilah salah satu daya tarik pariwisata andalan Manado yang telah dikenal luas baik secara nasional maupun internasional. Taman laut yang terletak di Kecamatan Bunaken dengan jarak sekitar 30 kilometer dari Pelabuhan Bunaken ini dapat kamu jangkau menggunakan kapal motor. Taman Laut Bunaken mempunyai biodiversitas kelautan yang cukup tinggi di dunia. Kamu dapat mengunjungi sekitar 12 dari 20 titik penyelaman di sekitar Taman Laut Bunaken untuk menikmati keindahan terumbu karang dan keunikan berbagai satwa laut seperti ikan pari, kuda laut, mandarin fish serta beberapa jenis ikan kecil. Jika sedang mujur kamu juga bisa menemukan ikan purba Coelancath, atau yang juga disebut dengan Raja Laut. Di Taman Laut Bunaken kamu dapat melihat underwater great walls secara langsung.  Underwater Great walls adalah jajaran dinding raksasa dengan posisi vertikal melengkung ke atas, sekaligus merupakan sumber makanan bagi berbagai jenis ikan di perairan Pulau Bunaken.

2. Pulau Siladen

warawiriwisata_pulau_silade1

Pulau Siladen merupakan salah satu dari lima pulau yang terdapat di Taman Nasional Pulau Bunaken. Disini kamu juga dapat menjelajahi taman bawah air yang tak kalah cantiknya dengan Pulau Bunaken, yaitu berupa kumpulan terumbu karang berikut satwa laut beraneka bentuk dan warna. Atau kamu bisa bersantai di pantai dengan pasir putih, air laut yang tenang, setenang suasana alam di sekitar yang jauh dari hiruk pikuk kota.

3.  Air Terjun Kima Atas

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ada nggak sih tempat wisata unik di bagian daratan Kota Manado? Ada dong. Kamu bisa mendatangi Air Terjun Kima Atas yang terletak 10 kilometer dari Bandara Sam Ratulangi, atau 15 kilometer dari pusat Kota Manado. Keunikan air terjun ini telah terbentuk akibat proses alam berabad yang lampau, dan kita dapat menikmati pemandangan air terjun tiga tingkat di aliran sungai yang jernih dan menyegarkan di tengah rimbunnya pepohonan serta semak belukar. Hanya saja kamu sebaiknya sudah bisa berenang sebelum menceburkan diri ke dalamnya. Meski telah dilengkapi dengan sejumlah warung makan, toko pakaian serta ATM, Air Terjun Kima Atas tidak dijaga oleh petugas pengawas.

4.  Gunung Tumpa

139135178011624873

Gunung Tumpa adalah satu dari deretan gunung tak berapi yang terdapat di Kota Manado yang biasa dikunjungi masyarakat setempat saat akhir pekan atau musim liburan. Udara yang sejuk, hutan lindung yang terjaga kelestariannya serta suasana senyap yang menenangkan hati adalah daya tarik gunung dengan ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Gunung Tumpa cocok untuk kamu yang hobi hiking atau mendaki gunung karena Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke puncaknya. Di puncak kamu dapat menikmati betapa aduhainya Kota Manado di ketinggian, bahkan kamu dapat melihat Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua yang terhampar di sisi barat laut Kota Manado. Jika merasa tak cukup bertenaga untuk melakukan pendakian, kamu bisa mengunjungi Gunung Tumpa di malam hari dan menikmati kemilau lampu Kota Manado dari kaki gunung.

(Visited 498 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top