Destinasi

Yuk jalan-jalan ke Berastagi, ‘Puncak’-nya Sumatera Utara

Kalau penduduk Jakarta dan sekitarnya pengin ‘ngadem’, mereka tinggal meluncur ke Puncak, Bogor. Eh, ternyata orang Sumatra Utara juga punya spot untuk ngadem lho: Berastagi! Bener banget. Tidak kalah dengan puncak Bogor, Berastagi juga memiliki view eksotis dan cocok dijadikan spot hangout buat para travelers solo, rombongan, maupun keluarga. Buat kamu yang tinggal di Pulau Sumatra pasti sudah familiar dengan Berastagi. Tapi buat kamu yang masih buta tentang spot ini, yuk simak ulasan dari Pegipegi.

Screenshot 2015-02-26 16.39.49

Kalau dilihat dari lokasi, Berastagi terletak di Dataran Tinggi Karo dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Kalau berkendara dengan mobil, Berastagi bisa ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam perjalanan dari kota Medan. Dilihat dari ketinggiannya, nggak heran ya kalau Berastagi punya hawa sejuk dan cenderung dingin seperti halnya puncak Bogor. Menariknya lagi, tempat wisata yang cukup populer di Sumatra Utara ini diapit oleh 2 gunung berapi, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Kebayang ‘kan kalau lagi main kesana, kamu bisa menyaksikan pesona alam kehijauan yang begitu menakjubkan.

Lalu bagaimana bisa menuju ke Berastagi? Kalau pengin sekalian berpetualang, kamu bisa memulai perjalanan darat dari Medan, yaitu dari terminal bus Padang Bulan Medan lalu mencari bus menuju ke kota Berastagi. Tapi kalau tidak mau pusing tujuh keliling, kamu bisa pakai bus pariwisata yang biasanya disediakan oleh hotel atau agen perjalanan yang kamu pilih. Jadi kamu hanya terima beres saja.

Di sepanjang rute perjalanan, mata akan dimanjakan oleh pesona lekukan bumi yang mengagumkan. Perkebunan teh dan tembakau, serta pasar tradisional yang menawarkan komoditas pertanian dan perkebunan begitu kental terasa. Dan karena dikategorikan sebagai dataran tinggi, nggak heran saat berangkat kamu banyak menghadapi tanjakan dan jalan berkelok. Tetapi tetap menyenangkan, kok.

Nah setelah sampai di Berastagi, nuansa hijau yang menghampar di depan mata akan langsung menjernihkan dan menenangkan pikiran. Sangat alami dengan udaranya yang masih bersih. Saat nongkrong di Berastagi, kamu juga bisa mengeksplorasi tempat wisata yang lokasinya cukup berdekatan, seperti Pemandian Air Panas Sedebuk-debuk, Taman Alam Lumbini, Air Terjun Sikulikap, Bukit Gundaling, Desa Lingga yang dianggap sebagai desa kuno, Funland Mickey Holiday, Kebun Raya dan Hortikultura Tongkoh, Bukit Kubu, belanja buah dan sayuran segar di Pasar Buah Berastagi, dan masih banyak lagi.

 

Cukup lengkap ‘kan, spot wisata yang mengitari puncak Berastagi. Saking populernya, tempat ini sering dijadikan lokasi kegiatan anak sekolah yang ada di propinsi Sumatra Utara. Kalau kamu liburan bareng anak-anak, pasti akan suka karena mereka akan punya pengalaman naik kuda sambil mengelilingi tempat wisata dengan tarif Rp15.000*. So, sehari saja mungkin tidak akan cukup untuk menjelajahi semua tempat wisata yang ada di area Berastagi. Kalau lagi beruntung, kalian juga bisa menikmati gelaran yang rutin dilakukan tiap tahun yaitu pesta bunga dan buah serta festival kebudayaan.

 

Screenshot 2015-02-26 16.33.51Kolam renang di Sinabung Hills Resort

Kalau pengin menghabiskan waktu lebih banyak lagi, kalian tidak perlu khawatir karena di sekitar Berastagi ada banyak vila yang bisa dipilih untuk menginap, salah satunya adalah Sinabung Hills Resort ini .Sambil menikmati liburan, kalian juga dapat berburu kuliner lokal yang pasti bisa memanjakan lidah. Nggak heran kalau akhir pekan, musim liburan dan lebaran, Berastagi selalu dibanjiri wisatawan lokal yang ingin mengukir memori indah di puncak ala Sumatra Utara.

Kalau sudah puas, sebelum pulang jangan sampai lupa mampir ke warung jagung bakar Penatapan ya. Tempat ini cukup kondang buat travelers untuk mengimbangi dinginnya hawa puncak. Tidak perlu khawatir antri lama karena disana ada banyak deretan penjaja jagung bakar dan rebus yang buka 24 jam. Dingin-dingin sambil menikmati jagung bakar, pasti rasanya lebih nikmat. Satu lagi, jangan lupakan juga membeli oleh-oleh sirup markisa Berastagi yang sudah terkenal itu. Coba saja!

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 3,127 times, 1 visits today)

Comments

To Top