Destinasi

Yuk, Intip Pesona 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia

Menyambut tahun 2020, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi mengumumkan lima destinasi super prioritas yang bakal terus dikembangkan.

Kelima wisata ini merupakan deretan kawasan yang lolos masuk program pemerintah, 10 Bali Baru yang digalakkan sepanjang 2019 ini. Menariknya, dari kelima potensi wisata, ada satu kawasan yang cukup asing di telinga masyarakat.

Mengingat statusnya sebagai kawasan wisata super prioritas, akan ada banyak hal baru, baik dari segi infrastruktur maupun atraksi wisata, yang bakal didapatkan kamu selama berlibur di sana.

Nah, penasaran sama kelima destinasi wisata super prioritas Indonesia yang bakal bikin kamu kagum mulai tahun depan? Cek selengkapnya di bawah ini!

Danau Toba, Sumatera Utara

Keindahan Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sudah terdengar hingga ke penjuru dunia. Dengan status danau tekto-vulkanik, Danau Toba menawarkan pesona alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau serta jernihnya air danau. Nggak cuma itu. Di sekeliling Danau Toba, terdapat banyak sekali spot wisata alam maupun budaya yang sangat potensial. Sebut saja Bukit Holbung, kota Balige hingga beragam air terjun menawan, mulai dari Sigura-Gura hingga Efrata. Lantaran masuk ke dalam destinasi super prioritas Kementerian Pariwisata, Danau Toba bakal memiliki geosite di kawasan Sipinsur. Rencananya, di tanah seluas 400 hektar, akan dibangun taman bunga nusantara dengan berbagai fitur wisata andalannya. Nantinya, berbagai bunga dari seluruh penjuru Tanah Air bakal ditanam dan dipamerkan di sini, menjadikan kawasan Quick Win Sipinsur Geosite sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Borobudur, Jawa Tengah

Liburan ke Jawa Tengah nggak bakal lengkap kalau belum mampir ke Borobudur. Yap, candi Buddha terbesar di dunia ini adalah destinasi wisata kebudayaan kelas dunia yang sarat akan sejarah. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berbondong-bondong untuk liburan di sana. Ada juga yang tertarik untuk mengulik kisah di balik kemegahan Candi Borobudur. Semenjak masuk ke dalam kawasan wisata super prioritas, Borobudur kerap menjadi venue berbagai acara bertaraf internasional, salah satunya ajang Borobudur Marathon 2019. Nggak cuma itu, banyak musisi internasional, seperti Mariah Carey sukses menggelar konsernya di Borobudur.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Lombok punya destinasi wisata baru. Selain Gili Trawangan, ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat akhirnya meluncurkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan lahan seluas 1.034 hektar, Mandalika memiliki banyak pantai cantik yang wajib masuk daftar buruan kamu. Lokasinya yang hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok makin membuat KEK Mandalika destinasi strategis bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, salah satu gebrakan Mandalika yang berstatus sebagai wisata super prioritas, Mandalika bakal menggelar helatan bergengsi MotoGP pada 2021 mendatang. Marc Marquez dan kawan-kawan bakal menyambangi kawasan Mandalika, Lombok untuk menggeber kuda pacunya. Sebuah sirkuit pun tengah dibangun sebagai venue utama dari GP Indonesia.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Berada di Pulau Flores, Labuan Bajo menyimpan sejuta kejutan wisata berkelas dunia, lho. Dari distrik ini, kamu bisa berkelana ke berbagai desa wisata khas Manggarai, main ke Taman Nasional Komodo hingga berburu sunset dan sunrise cantik di gugusan Kepulauan Flores. Selain itu, kamu juga bisa berburu kuliner laut yang lezat sambil berburu oleh-oleh khas Labuan Bajo. Semenjak berstatus sebagai wisata super prioritas, Labuan Bajo bakal banyak membangun infrastruktur baru meliputi Sumber daya air, bina marga, cipta karta dan perumahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Bidang SDA yang akan dibangun adalah pengendalian banjir Sungai Waemese, selanjutnya penyediaan air baku. Lalu yang terakhir penataan Dermaga Pulau Rinca dan Loh Buaya.

Likupang, Sulawesi Utara

Namanya mungkin nggak terlal santer terdengar. Namun, Likupang bakal destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Terletak di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Likupang menawarkan pemandangan alam yang cantik pada pantai dan bawah lautnya. Salah satunya Pantai Pall yang membentang kurang lebih 500 meter. Pantai Pall yang berada di sana siap memanjakan para wisatawan dengan pasir putih yang lembut. Semenjak dinobatkan sebagai wisata super prioritas, Likupang akan memiliki banyak infrastruktur baru seperti renovasi bandara hingga akses jalan tol menuju wilayah wisata.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top