Destinasi

Yuk, Coba Taklukan 7 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

Indonesia menjadi hunian bagi ratusan gunung baik yang masih aktif maupun non aktif. Nah, beberapa di antaranya memiliki puncak yang cukup tinggi, lho!

Saking tingginya, kamu membutuhkan waktu berminggu-minggu buat mencapai puncaknya. Nggak heran, banyak turis mancanegara berbondong-bondong mampir ke Indonesia buat berburu puncak tertinggi.

Selain membutuhkan persiapan fisik, mental juga wajib tangguh. Maklum, tantangan yang kamu hadapi nggak cuma soal cuaca, tetapi juga medan terjal yang nggak menentu di tiap gunung.

Nah, sambil kamu mempersiapkan segalanya, Pegipegi punya tujuh puncak tertinggi di Indonesia yang bisa kamu taklukan. Sudah siap?

1. Puncak Jaya, Papua

Nggak cuma di Indonesia, Puncak Jaya di Papua merupakan yang tertinggi di kawasan Australia dan Oceanian. Dengan ketinggian sekitar 4.884 mdpl, kamu membutuhkan waktu paling cepat dua minggu untuk sampai ke puncak. Di sini, kamu bisa menemukan titik es abadi yang cukup terkenal. Konturnya yang terjam dan ekstrim makin terasa berat karena udara dingin yang siap menghadang tiap penjelajah. Berkat statusnya tersebut, Puncak Jaya masuk ke dalam tujuh puncak tertinggi di dunia.

2. Puncak Mandala, Papua

Nggak berada jauh dari Puncak Jaya, Puncak Mandala hadir dengan ketinggian 4.760 mdpl. Salah satu puncak di jajaran Pegunungan Jaya ini membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini. Konturnya pun nggak jauh beda dengan Puncak Jaya, hutan rimba dengan medan bebatuan terjal plus salju di atas menjadi tantangan tersendiri bagi tiap pendaki.

3. Puncak Trikora, Papua

Dari tiga puncak di Papua, Puncak Trikora menjadi pertama yang menerima ‘tamu’ kehormatannya. Adalah tiga pendaki bernama Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg yang mampu menaklukkan Puncak Trikora pada tahun 1913. Memiliki ketinggian 4.751 mdpl, Puncak Trikora menjadi rumah bagi Suku Dani yang memadati kawasan Lembah Baliem di bawahnya.

4. Gunung Kerinci

Di antara puluhan gunung Pulau Sumatera, Gunung Kerinci di Jambi adalah yang tertinggi. Berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan, Gunung Kerinci memiliki puncak pada ketinggian 3.805 mdpl. Dengan status gunung aktif, Kerinci memiliki vegetasi alam yang sangat baik. Tanah yang gembur dimanfaatkan para petani buat berococok tanam. Hutan di sekelilinginya pun menjadi habitat bagi harimau Sumatera yang cukup langka.

5. Gunung Rinjani

Gunung yang satu ini adalah destinasi wajib para pendaki. Berada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani hadir dengan ketinggian puncak pada 3.736 mdpl. Keindahan pemandangan serta eksotisnya bunga abadi di puncak menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Rinjani. Di bawahnya, terdapat pula Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki sekitar 41.330 hektar hutan dan vegetasi alam yang sangat cantik.

6. Gunung Semeru

Pulau Jawa bangga memiliki Gunung Semeru. Berada berdampingan dengan Gunung Bromo, Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dengan status aktif. Ditaklukan oleh Clignet pada tahun 1839 Gunug Semeru memisahkan dua wilayah kota, Malang dan Lumajang. Dengan keindahan pasir gunungnya, Semeru memiliki Puncak Mahameru yang hadir dengan berbagai kisah mistisnya.

7. Gunung Slamet

Berada di tengah Pulau Jawa, Gunung Slamet punya sejarah panjang dengan para presiden Indonesia. Mulai dari Soekarno hingga Soeharto, Gunung Slamet adalah spot semedi yang nyaman buat mereka. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet memiliki kawah yang sangat aktif sejak 2009 lalu, Kawah IV. Soal meda, Gunung Slamet sangat sulit untuk dijelajah lantaran hutan lebat mengelilinginya.

Sudah siap menaklukan puncak tertingg di atas? Sekalian liburan! Saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

Pesan tiket murah Pesan hotel murah Pesan tiket kereta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 67 times, 1 visits today)

Comments

To Top