Kuliner

Yuk, Cicipi Ragam Kuliner Khas Kalimantan Ini

Travelers, berburu kuliner khas tempat yang kamu datangi pasti bukan rahasia lagi. Selain ingin mengetahui keberagaman kuliner khas nusantara, biasanya kamu penasaran dengan makanan yang rasanya berbeda dengan sehari-hari dikonsumsi. Salah satu wilayah yang patut dicoba adalah Kalimantan.

Terbagi dalam lima provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara, setiap wilayah mempunyai ciri khas kuliner masing-masing. Memang, jika dibandingkan dengan dengan pempek Palembang, soto Betawi, sampai masakan Padang, kuliner Kalimantan kurang terdengar gaungnya. Tapi jangan salah, rasanya dijamin gak kalah nikmat dari kuliner daerah lain.

Lalu, apa saja ya yang enak dan populer dari masakan khas Borneo ini? Yuk, kita lihat ragam kekayaan kulinernya.

  1. Soto Banjar
sarahquin.blogspot.sg

sarahquin.blogspot.sg

Soto ini pasti sudah tidak asing di telinga. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan soto ayam, berbahan utama ayam yang telah disuwir. Dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica, dan tanpa kunyit, soto khas Kalimantan Selatan ini mempunyai aroma rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Jika soto ayam menggunakan pelengkap bihun, telur rebus, perkedel, atau kentang rebus, soto Banjar diberi tambahan ketupat.

  1. Pisang Goreng Pontianak
kuliner.cahiya.com

kuliner.cahiya.com

Sepertinya cemilan satu ini juga sering travelers dengar. Pisang goreng asal Pontianak, Kalimantan Barat ini memang menjadi favorit tidak hanya di provinsi tersebut, tapi seluruh pulau Kalimantan. Yang membedakan dengan pisang goreng biasa adalah kremes yang membalut pisang goreng tersebut. Rasanya sangat renyah karena terbuat dari bahan dasar pisang kepok yang dilapisi tepung terigu, telur, serta berbentuk kipas. Dijamin ketagihan!

  1. Bubur Pedas
www.cakrawawasan.com

www.cakrawawasan.com

Makanan khas suku Melayu Sambas, Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus, kemudian dioseng serta diperkaya dengan rempah dan sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Makannya pun dipadukan dengan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering.

  1. Tempoyak
resepisedap-nennie.blogspot.com

resepisedap-nennie.blogspot.com

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi, dan biasa dijadikan lauk pendamping nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (walaupun jarang, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aromanya). Selain itu, tempoyak juga dapat dijadikan bumbu masakan. Pembuatan tempoyak diawali dengan memilih durian yang matang kemudian dagingnya dipisahkan dari bijinya, dibubuhi garam atau ditambahkan juga cabe rawit sebagai katalisator proses fermentasi. Durian tersebut lalu di simpan di wadah tertutup dalam suhu ruangan selama kurang lebih tiga hingga lima hari. Setelah difermentasi, tempoyak siap dimasak dengan cara seperti memasak sambal goreng.

  1. Gence Ruan
food.detik.com

food.detik.com

Wah, masakan apa ya ini? Dari namanya pasti travelers sulit menebak atau mungkin berpikiran lain dengan namanya yang asing di telinga. Nah, gence adalah sambal goreng yang disiram di atas sebuah ikan bakar. Sementara ruan atau ikan haruan merupakan sebutan bagi ikan gabus di Kalimantan Timur. Lalu apa istimewanya? Berbeda dengan ikan bakar lainnya, gence haruan sambalnya masih kasar serta tidak dihaluskan. Uniknya, ikan gabus ini dibakar lengkap dengan sisik sampai kehitaman sehingga membuat kesan “garang” terhadap sajian ini.

  1. Bubur Gunting
michaelrisdianto.blogspot.com

michaelrisdianto.blogspot.com

Sepintas lalu, travelers pasti akan mengira ini sejenis bubur. Padahal, bubur gunting adalah minuman! Berbahan dasar ketan, dinamakan bubur gunting karena adonan yang sudah terbentuk ini akan dipotong-potong dengan menggunakan gunting. Soal rasa, bubur ini sedikit mirip dengan bubur sumsum yang sering dijumpai. Bubur gunting populer di Kalimantan Timur.

  1. Ketupat Kandangan
ketupatkandangan_travelmatekamu.com

travelmatekamu.com

Maksudnya ketupat dikandangin? Bukan. Nama tersebut berasal dari kota Kandangan, Kalimantan Selatan. Karena itu sajian ini dikenal masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya dengan nama ketupat Kandangan. Terbuat dari beras yang dijadikan ketupat dengan cara dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa lalu dikukus. Teman makan ketupat ini biasanya ikan gabus yang dibakar atau telur rebus. Sementara kuahnya menggunakan santan.

  1. Amplang Kuku Macan
kaskus.co.id

kaskus.co.id

Wah, kuku macan dijadikan makanan? Jangan khawatir, travelers. Kuku macan, atau biasa disebut amplang adalah cemilan khas Kalimantan Timur yang gurih dan nikmat. Nama kuku macan sendiri digunakan karena bentuk amplang yang mirip kuku si kucing besar itu. Bahan utamanya biasanya ikan tenggiri, tepung terigu, kemudian digoreng. Belakangan, variasi bentuk dan rasa amplang makin banyak dan penyebarannya sudah cukup luas di luar Kalimantan.

(Visited 1,080 times, 2 visits today)

Comments

To Top