Berita

Yuk Cari Tahu Waktu Puasa Umat Muslim Seluruh Dunia

Ramadan-at-The-Address-Dubai-Marina-300x225

Ramadan

Tanpa terasa, bulan suci Ramadhan kembali menyapa umat muslim seluruh dunia. Bagi travelers yang menjalankan ibadah puasa, kamu akan menjalankannya bersama sekitar 1,5 miliar umat muslim lainnya di berbagai negara.

Travelers di Indonesia biasa merasakan waktu puasa selama sekitar 13 jam setiap harinya, dengan perkiraan waktu Imsak pukul 4.30 pagi WIB dan waktu berbuka pukul 18.15. Tapi, tidak semua negara menjalankan puasa dalam waktu yang sama lho. Ada beberapa negara yang warganya bahkan harus berpuasa hingga 21 jam lho! Tapi, ada juga yang waktu puasanya hanya sekitar 9 jam.

Lamanya waktu berpuasa ini tentu akan mempengaruhi rencana traveling kamu yang ingin liburan ke luar negeri. Kecuali kamu memang sudah berencana liburan ke negara-negara dengan waktu puasa hingga 20 jam, mungkin ada baiknya kamu memilih destinasi dengan waktu puasa yang lebih nyaman.

Contohnya saja di Sydney, Australia. Negara yang berada tidak jauh dari Indonesia ini terbilang cukup ‘ramah’ bagi wisatawan muslim yang sedang berpuasa. Pasalnya, di sini kamu hanya akan berpuasa selama sekitar 9 jam. Asyik kan, travelers? Liburan kamu tidak akan terasa berat, apalagi kalau kamu membawa anak kecil.

Kamu punya rencana menyaksikan Piala Dunia 2014 di Brazil? Meskipun di kawasan Amerika Selatan sedang musim panas, tidak perlu takut, travelers. Karena waktu puasa di Negeri Samba itu pun tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yaitu sekitar 12 jam.

Punya rencana wisata belanja ke negara tetangga, Malaysia? Karena perbedaan waktu yang hanya berkisar 1 jam, warga muslim di Kuala Lumpur pun rata-rata berpuasa selama 13 jam 33 menit, tidak terlalu berbeda dengan di Indonesia.

Bagi travelers yang berencana mengunjungi negara-negara di kawasan Semenanjung Arab, kamu setidaknya harus menambah waktu puasa selama satu jam. Sebagai perbandingan, warga Arab Saudi biasanya berpuasa selama 14 jam 53 menit.

Nah, kalau kamu berniat liburan ke Eropa, perjalanan kamu mungkin akan sedikit lebih berat. Terutama jika kamu ingin mengunjungi kawasan Skandinavia seperti Swedia atau Islandia.

Reykjavik, Islandia

Reykjavik, Islandia

Umat muslim di kota Reykjavik, Islandia tercatat harus menjalankan puasa terlama dibandingkan umat muslim lain. Pasalnya, kamu harus menunggu azan magrib hingga 21 jam 57 menit lho, travelers! Sementara itu, bagi umat muslim di Stockholm, Swedia, waktu puasa biasanya berlangsung hingga 20 jam 57 menit. Bukan hanya waktu puasa yang panjang, tapi cuaca dingin di negeri-negeri utara akan membuat puasa kamu lebih berat dibandingkan biasanya.

Jika kamu tetap berkeras ingin liburan ke Eropa, akan lebih ‘aman’ memilih negara-negara di Eropa Barat, seperti Inggris, Belanda, Prancis dan sebagainya. Rata-rata, warga muslim di negara-negara ini harus menjalankan ibadah puasa selama 19 jam.

Jadi, sudah pilih destinasi liburan kamu selanjutnya, travelers? 🙂

 

Untuk informasi dan pemesanan hotel-hotel internasional yang nyaman, langsung kunjungi Pegipegi ya!

 

 

(Visited 1,058 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top