Kuliner

Yuk, Berburu Kuliner di Pecinan Jakarta!

Berkeliling di kawasan Pecinan Jakarta yang terletak di daerah Glodok ini memang sungguh mengasyikkan. Selain dapat menikmati nuansa Jakarta tempo dulu, kamu juga dapat berburu berbagai macam kuliner yang sangat menggugah selera. Maka, tak heran apabila kawasan yang kental dengan budaya Tionghoa ini sangatlah ramai dikunjungi warga, terutama pada liburan akhir pekan. Nah, mau tau kuliner apa saja yang menarik? Berikut rekomendasi 5 tempat kuliner yang wajib kamu cicipi di Pecinan Jakarta.

1. Martabak Pecenongan 65 A

Martabak Pecenongan 65A

Mau martabak rasa Nutella? Toblerone? Semuanya ada di sini. Meski penjual martabak sudah sangat menjamur di ibukota, tetapi Martabak Pecenongan 65 A lah juaranya. Sudah ada sejak tahun 70-an, martabak yang melegenda ini terletak tak jauh dari Hotel Red Top. Jenis martabak yang dijualpun beragam, terdapat 8 varian rasa untuk martabak asin dan lebih dari 10 varian untuk martabak manisnya. Kamu juga dapat memilih jenis martabak yang setengah loyang, martabak tipis, ataupun martabak manis regular. Harga yang ditawarkan memang sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan penjual martabak lainnya, yaitu mulai dari Rp 31.000,00 –Rp 140.000,00. Meskipun demikian, rasanya boleh diadu dan dijamin kamu akan ketagihan. Untuk satu loyang martabak, porsinyapun lumayan besar, sehinggacocok untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman.

2. Rujak Shanghai Encim

Rujak Shanghai Encim

Rujak Shanghai Encim adalah salah satu makanan di kawasan Pancoran, Glodok, yang begitu populer karena keunikan rasanya. Tidak seperti rujak buah pada umumnya, pada rujak shanghai ini terdpat rebusan ubur-ubur dan cumi besar atau yang sering disebut dengan juhi. Perpaduannyapun tambah lengkap dengan adanya sayuran beserta siraman dari saus asam manisyang kental dan taburan kacang halus. Harga per porsi dari rujak ini adalah Rp 20.000,00 dan dengan tambahan Rp 10.000,00 saja kamu bisa memesan juhi dan ubur-ubur dengan porsi yang lebih banyak. Selain Rujak Shanghai, di sini kamu juga dapat menemukan Rujak Juhi, Baso Sapi, Baso Ikan dan Nasi Tim yang tak kalah menarik untuk dicoba.

3. Gado-Gado Direksi

Gado Gado Direksi

Tak jauh dari Rujak Shanghai Encim, tepatnya di Jl. Pintu Besar Selatan 2 nomor 16, terdapat warung Gado-Gado yang menjadi langganan direksi-direksi bank dan bahkan mantan Presiden Indonesia, seperti Megawati dan Gus Dur. Karena itulah tempat gado-gado ini dikenal dengan sebutan Gado-Gado Direksi. Dengan harga Rp 15.000,00 saja kamu sudah dapat menikmati kelegitan bumbu kacang dari gado-gado ini beserta isinya yang terdiri dari sayuran, tahu, tauge, taburan bawang goreng beserta tambahan kerupuk udang dan emping. Campuran perasan jeruk limau, air asam dan gula merah pada saus kacangnya juga membuat sensasi tersendiri bagi penikmat gado-gado ini.

4. Soto Udang Galah Akwang

soto udang akwang

Soto Udang Galah Akwang ini memang tidak berlokasi di kawasan Glodok, melainkan di Pluit. Tapi, tentunya sayang sekali kalau kelezatan soto unik ini tidak banyak diketahui warga Jakarta ataupun wisatawan. Tidak seperti soto kebanyakan dengan isian utama berupa daging, soto udang galah akwang ini menggunakan isian udang galah asli Kalimantan yang manis dan segar. Perpaduannya yang unik dengan kuah santan gurih dan rasa rempah yang kuat menambah kelezatanan dan ketenaran dari soto udang galah ini. Porsinya pun cukup mengenyangkan, dengan tambahan emping dan potongan daun bawang, kamu dapat menikmati gurihnya soto ini dengan tambahan nasi putih dengan harga Rp 45.000,00.

5. Kedai Kopi Es Tak Kie

Kedai Kopi Es Tak Kie

Setelah berkeliling menikmati berbagai macam makanan unik di daerah Pecinan, kini saatnya kamu merasakan kesegaran dari Kedai Kopi Es Tak Kie. Meskipun tempatnya sedikit terpecil, yaitu di Jalan Pintu Besar Selatan III no 4-6, kedai kopi yang sudah ada sejak 80 tahun lalu ini selalu ramai didatangi pengunjung. Racikan khas kopi Lampung dengan citarasa klasiknya memberikan rasa yang berbeda dengan kedai kopi lainnya. Di sini kamu dapat mencoba berbagai jenis kopi, seperti kopi susu panas, kopi susu es, kopi hitam panas serta jenis kopi lainnya dengan harga Rp 10.000,00 per cangkir. Murah, ya?

(Visited 1,156 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top