Destinasi

Yogyakarta siap menjadi Kota Batik Dunia

batik-yogya

Travelers, kabar baik untuk negara kita tercinta. Dewan Kerajinan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan Kota Yogyakarta telah diusulkan untuk menjadi Kota Batik Dunia kepada Dewan Kerajinan Dunia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Roni Guritno, direktur eksekutif Dewan Kerajinan Nasional DIY. Roni mengungkapkan, ide tersebut ia sampaikan ketika anggota Dewan Kerajinan Dunia mengunjungi pusat kerajinan batik di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Dewan Kerajinan Dunia menyaksikan langsung proses pembuatan batik tradisional.

Menurut Roni, Yogyakarta pantas menjadi Kota Batik Dunia karena kota yang pernah menjadi ibukota Indonesia ini merupakan pusat kerajinan batik nusantara.

“Kerajinan batik di Yogyakarta sangat lengkap, baik dari aspek sejarah, ekonomi, dan kesenian,” ungkap Roni seperti dikutip Antara.

Roni meyakini, dengan dijadikannya Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia, banyak keuntungan yang akan didapatkan penduduk, terutama peningkatan penghasilan.

Anggota Dewan Kerajinan Dunia berjanji akan mempromosikan batik di banyak negara supaya masyarakat di seluruh dunia mengenal kerajinan yang telah menjadi warisan budaya dunia dari Indonesia.

(Visited 185 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top