Destinasi

Wisata Pantai Unik Di Indonesia

sulamadaha

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak sekali pantai indah yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Tapi, mungkin hanya beberapa di antara kamu yang tahu kalau beberapa pantai di Indonesia tergolong unik, lho.

Seperti apa sih uniknya? Ini dia beberapa wisata pantai unik dan indah di Indonesia yang perlu kamu ketahui:

1. Pantai Sulamadaha

pantai sulamadaha

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan air laut jernih di pantai ini? Pantai Sulamadaha yang terletak di Ternate, Maluku Utara, ini memang memiliki air laut sangat jernih bagaikan kaca. Walaupun tidak memiliki pasir putih di pantainya, tapi kamu akan dibuat takjub oleh kejernihan air laut dan ikan-ikan cantik yang berenang di dalamnya. Untuk menuju pantai cantik ini, kamu setidaknya membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan dari pusat Kota Ternate.

2. Segara Anakan

segara-anakansempu

Segara Anakan sebenarnya adalah laguna berwarna hijau di Pulau Sempu, Jawa Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Uniknya, meski berbatasan langsung dengan laut, laguna Segara Anakan serasa terisolir karena dikelilingi batu karang sebagai pembatas dari Samudera Hindia. Laguna yang indah ini terletak di Kabupaten Sumbermanjing di Kota Malang. Kalau kamu dari Jakarta, kira-kira dibutuhkan perjalanan 20 jam hingga mencapai Segara Anakan.

3. Pantai Siung

pantai siung

Siapa sangka pantai cantik ini berada di Gunung Kidul, Yogyakarta? Pantai Siung adalah destinasi sempurna untuk kamu yang menyukai wisata pantai sekaligus penyuka olahraga panjat tebing. Karena pantai ini dikelilingi tebing karang yang memiliki 250 jalur pemanjatan. Selain itu, pantainya sendiri masih bersih dan memiliki air laut yang biru jernih. Cocok untuk kamu yang ingin menjernihkan kembali tubuh dan pikiran yang lelah dari aktivitas sehari-hari.

4. Pantai Temboko Lehi

temboko lehi

Pantai indah ini terbilang istimewa karena memiliki air panas di sepanjang garis pantainya. Terletak di Kampung Lehi, Kabupaten Sitaro, salah satu kabupaten kepualauan yang ada di Nusa Utara, sebuah gugusan pulau di ujung utara Sulawesi. Lokasi pantai ini memang berada di kaki Gunung Api Karangetang. Karena air lautnya yang panas, kamu tidak akan menemukan ikan berenang di sini. Untuk menuju Pantai Temboko Lehi, kamu bisa menggunakan transportasi kapal laut dari Pelabuhan Manado yang akan memakan waktu sekitar 4 jam ke Pelabuhan Pehe di Pualu Siau.

5. Pantai Tanjung Tinggi

tanjung_tinggi

Kalau kamu pecinta film Indonesia pasti bisa langsung mengingat bahwa Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai yang terletak di Pulau Belitung ini memang cukup unik dibandingkan pantai lain karena di sepanjang pantainya berserakan batu-batuan granit berukuran besar. Selain disuguhi pemandangan unik dari batu-batuan raksasa, kamu juga akan menikmati pasir putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan. Pantai Tanjung Tinggi sendiri berjarak sekitar 30 kilomter dari pusat kota Tanjung Pandan, Belitung.

6. Pantai Tanjung Api

tanjung api

Tanjung Api merupakan sebuah tanjung yang terletak di Teluk Tomini, kawasan Cagar Alam Tanjung Api, sekitar 30 menit dari Kota Ampana, Sulawesi Tengah. Sekilas, pantai ini seperti tidak memiliki keunikan apa-apa. Tapi, kalau kamu menggali pasirnya hingga sedalam 10 centimeter, maka api akan menyembur dari dalam pasir. Api ini akan terus menyala sampai kita menutup pasir kembali. Selain pasir pantai dengan sumber apinya, Tanjung Api juga dikelilingi kawasan hutan tropis yang masih lengkap dengan hewan eksotis seperti anoa, babi rusa dan berbagai macam burung.

7. Pantai Moli Sahatu

pantai moli sahatu

Pernah terbayang ada pantai yang memiliki mata air tawar? Mungkin kamu harus mengunjungi Pantai Moli Sahatu di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, terlebih dulu. Meskipun berada di pinggir laut yang asin, pantai ini punya ratusan mata air tawar. Karena itu, Pantai Moli Sahatu juga dikenal dengan nama Pantai Mata Air Seratus. Terletak di Desa Patuno, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi, perjalanan dari pusat Kota Wangi-wangi menuju pantai ini membutuhkan waktu kira-kira 60 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Luar biasa unik yaa pantai pantai di negeri kita tercinta ini! Jangan lupa klik pegipegi.com untuk cek tiket pesawat dan hotel jika berencana ke tempat-tempat tersebut, travelers!

(Visited 938 times, 1 visits today)

Comments

2 Comments

Comments

To Top