Berita Terbaru

Wisata murah ke Raja Ampat dengan kapal PELNI

Kapal Pelni Raja Ampat

Raja Ampat yang ada di  Papua Barat adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia Timur yang menjadi target spot yang ingin dikunjungi oleh banyak wisatawan,baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Raja Ampat merupakan tempat destinasi wisata yang telah mendunia dan dikenal dengan gugusan pulau-pulau dengan keindahan bawah lautnya. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati wisata Raja Ampat karena untuk bisa mengeksplorasi Raja Ampat, travelers harus memenuhi kantongnya dengan budget yang tidak sedikit karena mengingat biaya 5 juta dari Jakarta untuk beberapa hari di Raja Ampat sudah mepet sekali.

Kapal Pelni Raja Ampat

foto: detiktravel

Masalah klasik bagi travelers ber-budget terbatas ini pun dijadikan peluang bagi Manajemen PT Pelni dengan membuka rute pariwisata ke Raja Ampat. Bahkan, tidak hanya ke Raja Ampat, rencananya,BUMN ini akan membuka rute destinasi wisata ke sejumlah spot populer di Indonesia, termasuk Raja Ampat di Papua Barat serta tempat wisata lain yang ada di Indonesia bagian timur.

Menurut Kepala Cabang PT Pelni Jayapura, Budi Trisnawan, rencana membuka rute destinasi ke Raja Ampat dan tempat wisata lain di bagian Indonesia Timur merupakan upaya sinergi yang sistematis sebagai kerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk dapat meningkatkan wisata bahari mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Selain alasan tersebut, sekarang ini juga banyak turis mancanegara yang menggunakan kapal sendiri hanya untuk dapat menikmati pesona wisata Indonesia termasuk Raja Ampat di Papua Barat.

Padahal, Indonesia punya armada cukup mumpuni dan dapat melayani rute tersebut sehingga berbagai objek wisata nusantara dapat dijelajahi. Pengadaan armada yang melayani rute tersebut juga dapat membantu traveler lokal yang sulit mendapatkan solusi saat ingin mengeksplorasi berbagai spot tempat wisata, khususnya Raja Ampat dan daerah-daerah yang punya panorama bahari.

Kabar gembira ini tentu menjadi terobosan baru yang diputuskan oleh Pelni untuk bisa memberi kemudahan bagi semua kalangan travelers yang selama ini hanya bisa bermimpi bisa snorkeling dan diving di Raja Ampat dan berbagai surga wisata bawah laut yang dimiliki oleh bumi pertiwi. Fasilitas yang cukup memanjakan hasrat para petualang ini pun bisa dijadikan pertimbangan buat kamu yang ingin mengintip keindahan alam bahari di Raja Ampat atau di Indonesia bagian timur lainnya.

Diving Raja Ampat

duabiji.com

Lalu seperti apakah realisasi kapal wisata Raja Ampat ini? Rencananya, pada tanggal 29 Oktober 2015 para wisatawan akan dikumpulkan di Pelabuhan Sorong, Papua Barat. Perjalanan ini akan berakhir pada tanggal 1 Nopember 2015 atau sekitar 4 hari 3 malam. Konsep yang ditawarkan juga sangat menarik karena kapal Pelni ini nantinya akan disulap seperti hotel mengapung dengan pelayanan konsumsi yang terjamin. Selain itu, wisatawan yang ikut dalam eksplorasi kapal wisata Raja Ampat juga akan diajak mengunjungi berbagai spot spektakuler yang ada di sekitar tempat-tempat tersebut.

Target yang ditetapkan oleh Pelni dalam rangka Kapal Wisata Raja Ampat ini juga tidak muluk-muluk karena peserta yang dilibatkan maksimal hanya 150 orang saja. Sedangkan kapal yang akan digunakan untuk mengangkut wisatawan ini adalah KM Tatamailau dengan kapasitas sekitar 1.000 orang. Dari awal, Pelni memang tidak akan mengeruk untung besar dari wisata Raja Ampat ini karena tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberi pelayanan maksimal agar wisatawan merasa aman dan nyaman.

Yang menarik dari rencana kapal wisata Raja Ampat ini adalah karena travelers diberi pilihan kelas. Untuk kelas ekonomi, travelers dikenai biaya Rp4,4 juta; kelas II dikenai biaya Rp5,5 juta; sedangkan untuk kelas I travelers akan dikenai biaya Rp6,9 juta. Jadi, travelers bisa memilih jenis kelas yang ada tergantung dari kemampuan budget yang dimiliki.

Setelah melakoni kapal wisata Raja Ampat, Pelni juga berencana untuk kembali melakukan kunjungan wisata ke tempat lain, yaitu Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 15 – 19 Nopember 2015 dengan starting point dilakukan di Pelabuhan Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Gimana travelers? Kamu tertarik untuk ikut tur kapal wisata Raja Ampat dan Wakatobi?

(Visited 1,504 times, 2 visits today)

Comments

To Top