Rekomendasi

Wisata Kuliner Serba Kambing di Solo

dentistvschef.wordpress.com

Siapa bilang Solo hanya identik dengan kerajinan batiknya yang cantik? Ketika traveling ke Solo, kamu justru wajib banget wisata kuliner. Nggak heran, Solo pun disebut sebagai Kota Liwet karena terkenal dengan nasi liwetnya. Selain itu, masih ada lagi makanan yang nggak kalah enak seperti timlo, serabi, gudeg ceker, pecel, soto, bebek goreng, dan sebagainya.

Eits, jangan keburu puas membayangkan menu-menu di atas, karena khusus untuk kamu pecinta kuliner serba kambing, masih ada lagi yang menarik dari kota Solo. Yuk, ikutan wisata kuliner bersama pegipegi ke Solo untuk mencicipi berbagai macam menu serba olahan daging kambing di sini. Dijamin puas!

1. Tengkleng

Menu yang satu ini berupa tulang kambing dengan daging yang masih menempel, bisa dari bagian kuping, pipi, jeroan, dan iga. Kuahnya mirip gulai dengan paduan bumbu yang berani, bisa bikin kamu pengin terus menyendoknya. Penasaran dengan rasa tengkleng, cobain Tengkleng Bu Edi yang ada di Pasar Klewer, tepatnya di samping Gapura Pasar Klewer.

Tempat ini jadi favorit perburuan tengkleng karena rasanya yang lezat, perpaduan rasa pedas, segar dan gurih walau tanpa santan. Penggemar tengkleng pun nggak masalah makan sambil berdiri maupun jongkok karena kehabisan tempat duduk yang memang terbatas. Ingat, saking larisnya bisa ludes dalam waktu tiga jam!

www.laksanahotel.com

www.laksanahotel.com

2. Gule goreng

Biasa disajikan dengan sate buntel, kamu juga bisa sekaligus mencicip nikmatnya gule goreng yang biasa disingkat sebagai gulgor. Daging kambing dipotong-potong, lalu digoreng hingga kering dan agak renyah. Ketika digigit terasa agak renyah, jadi makin sedap dengan tambahan kuah gule dari santan. Untuk mempertahankan kenikmatan rasa gule goreng, memasaknya harus dilakukan di atas bara arang dalam tungku. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa langsung ke warung makan spesialis kambing yang ngetop di Solo, yaitu Sate Kambing Pak Samin di perempatan Pasar Pon.

intisari-online.com

intisari-online.com

3. Sate buntel

Dalam bahasa Jawa, buntel artinya ‘bungkus’, sesuai dengan cara membuatnya. Daging kambing dicincang, lalu dibungkus dengan lemak, baru kemudian dibakar di atas arang. Setelah itu sate buntel disajikan dengan potongan bawang merah, irisan kol, cabai dan kecap. Terasa enak disantap karena pengolahannya membuat daging nggak prengus, dan terasa lembut. Nggak seperti sate pada umumnya, sate buntel berukuran besar, makan tiga tusuk saja sudah kenyang.
Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa pergi ke warung Sate Kambing Mbok Galak yang ada di Jalan Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar. Saking enaknya, tempat yang buka sejak tahun 1980 ini ramai dikunjungi pejabat, artis, bahkan jadi favorit Jokowi, lho.

fullandstarving.wordpress.com

fullandstarving.wordpress.com

4. Gulai kambing

Di Solo sendiri, kebanyakan rumah makan menjual berbagai menu olahan kambing sekaligus, mulai dari sate, tongseng, sampai tengkleng. Nah, untuk bagian dari kambing yang dipakai sebagai bahan gulai biasanya jeroan dengan campuran iso babat. Nikmati dengan sepiring nasi hangat, acar, sambal dan perasan jeruk segarrrr..

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

5. Nasi goreng kambing

Menu nasi goreng memang sudah biasa dan mudah ditemukan di mana saja. Tapi ketika kamu menyantap menu ini di Solo, potongan daging kambingnya dibuat agak besar sehingga terasa sekali ketika dimakan. Dapatkan sensasi asam segar dan renyah dari potongan tomat dan irisal kol, makan jadi lahap! Tertarik mencoba? Kamu bisa mampir ke warung sate kampung Pak No yang letaknya ada di pojok perempatan Penumping.

foto ilustrasi: umisyam.com

foto ilustrasi: umisyam.com

6. Tongseng 

Menu ini berupa daging kambing yang dipotong seukuran dadu, kemudian ditumis dengan bumbu dapur dan pelengkap lain, seperti bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam, kol, tomat, kecap dan kuah kental. Tambahan cabai rawit juga pas banget buat kamu yang suka makanan pedas. Proses pemasakan yang dilakukan di atas tungku berisikan arang ini bikin rasa dan aroma tongseng khas banget. Kalau pengin tambah nikmat, kamu bisa melahapnya dengan nasi hangat dan teh manis.

silvinamar.wordpress.com

silvinamar.wordpress.com

Duh, makin ngiler, kan membayangkan nikmatnya aneka hidangan berbahan dasar kambing yang ada di Solo? Tunggu apalagi? Buruan atur perjalanan kamu sekarang juga dengan pegipegi karena cuma di sini yang bisa memberikan harga paling murah!

(Visited 226 times, 1 visits today)

Comments

To Top