Destinasi

Wisata Edukatif Menjelajahi 8 Kampung Nelayan di Indonesia

kampung desa nelayan di indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam melimpah dan potensi sumber daya lautan yang tinggi. Tak heran bila sebagian besar masyarakat bermata pencarian sebagai nelayan sampai hari ini. Untuk mendorong perekonomian masyarakat terutama di pedesaan yang menggantungkan hidup pada hasil laut, pemerintah Indonesia mengembangkan program kampung nelayan. Hal itu sudah terealisasi di sejumlah wilayah.

Menariknya, kampung-kampung nelayan di Indonesia yang dibangun sedemikian rupa semakin ramai dikunjungi warga lokal hingga wisatawan dari berbagai daerah. Ini membuktikan bahwa kampung nelayan di Indonesia bisa menjadi referensi tempat wisata edukatif. Dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional 6 April, yuk mengenal lebih jauh deretan kampung nelayan yang tersebar di Indonesia.

Kampung Nelayan Pulau Seliu (Bangka Belitung)

kampung nelayan di indonesia
Sumber: IG @pulauseliu (@letiyani)

Pulau Seliu di Kecamatan Membalong, Belitung, menyimpan potensi laut yang mengagumkan. Keindahan pulau ini semakin dikenal luas setelah pembangunan kampung nelayan rampung. Masyarakat setempat tentu saja menyambut baik kesempatan tersebut. Kedatangan wisatawan yang penasaran dengan pesona Pulau Seliu turut membantu kebutuhan domestik warga lokal. Jika tertarik berkunjung, kamu harus menyeberangi Teluk Gembira naik kapal motor selama kurang lebih 20 menit. Setibanya di lokasi, kamu akan disambut dengan jejeran kapal nelayan di sepanjang dermaga.

Kampung Nelayan Desa Mola (Sulawesi Tenggara)

kampung nelayan di indonesia
Sumber: IG @molanelayanbakti

Mayoritas warga suku Bajo bermukim di Desa Mola, Sulawesi Tenggara dihuni. Mereka bergotong-royong membangun rumah panggung berbahan kayu di pinggir pantai untuk tempat tinggal. Sehari-hari mereka hidup dan makan dari hasil tangkapan laut yang diperoleh usai berlayar. Selain ikan, Desa Mola juga terkenal sebagai pengekspor udang ronggeng terbaik di Indonesia. Jadi, kalau kamu datang ke sini, cobalah menyantap kelezatan udang ronggeng dengan bumbu khas warga lokal.

Kampung Nelayan Galala (Ambon)

kampung nelayan di indonesia
Ilustrasi, Sumber: Unsplash (Amit Uikey)

Kota Ambon menyuguhkan beragam kuliner yang menggoyang lidah, salah satunya di Desa Galala di Kecamatan Sirimau, Ambon. Tempat ini sudah familiar di kalangan backpacker karena ada banyak warung makan, kafe, dan restoran yang menyajikan hidangan laut segar dengan harga ramah kantong. Untuk mencapai lokasi Desa Galala, kamu harus menyeberangi Teluk Ambon Baguala menggunakan perahu motor.

Kampung Nelayan Cipanon (Banten)

kampung nelayan di indonesia
Ilustrasi, Sumber: Unsplash (Thijs Degenkamp)

Melipir ke Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan datang ke Kampung Nelayan Cipanon. Dari Tanjung Lesung hanya memakan waktu 20 menit menggunakan speed boat. Rasakan pengalaman melaut bersama penduduk nelayan sembari menikmati keindahan alam sekitar yang begitu asri. Kampung Nelayan Cipanon juga menyediakan wahana outbound. Kalau kamu membawa anak-anak, ajak mereka memancing hingga menanam terumbu karang di Pulau Liwungan. Seru sekali, kan?

Kampung Nelayan Kamal Muara (Jakarta Utara)

kampung nelayan di indonesia
Ilustrasi, Sumber: Unsplash (Markus Tinner)

Mencari tempat wisata di Jakarta yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan? Datanglah ke Kampung Nelayan Kamal Muara di Jakarta Utara. Berjarak 25 km atau kurang lebih sejam dari pusat ibu kota, kampung yang dahulu memiliki kesan kumuh, kini sudah lebih cerah. Dari kejauhan, kampung ini terlihat seperti pelangi karena rumah-rumah warga dicat berwarna-warni. Warga sekitar yang didominasi suku Bugis sangat senang. Dengan begitu, semakin ramai yang mengunjungi kampung mereka dan menambah pendapatan harian.

Kampung Nelayan Desa Bendar Pati

kampung nelayan di indonesia
Sumber: IG @bendarhitss01 (@lennyys.s)

Sempat viral di TikTok, penampakan Kampung Nelayan Desa Bendar di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ini tak seperti desa-desa nelayan pada umumnya. Potret kehidupan masyarakat di sini bisa dibilang makmur. Mereka bekerja sebagai nelayan dan juga pengusaha kapal. Bangunan rumah mewah dan mobil terparkir di teras menjadi pemandangan yang membuat kamu takjub. Bahkan, Desa Bendar dijuluki sebagai kampung nelayan terkaya di Indonesia. Walau begitu, masyarakat setempat dikenal rendah hati. Mereka pun kompak menggelar tradisi sedekah laut sebagai ucapan syukur.

Kampung Nelayan Gampong Jawa (Aceh)

kampung nelayan di indonesia
Sumber: IG @gampong_jawa

Dahulu, Gampong Jawa di Aceh dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tapi kini, sudah banyak kafe-kafe estetik di atas tiang pancang yang dikelola mandiri oleh warga. Transformasi kampung nelayan ini menjadi tempat wisata memang layak diacungi jempol. Apalagi, pemerintah daerah dan masyarakat saling bersinergi memelihara kebersihan  lokasi.

Kampung Nelayan Amed (Bali)

kampung nelayan di indonesia
Sumber: IG @thekampungamedbali

Wisata bahari di Bali memang terkenal. Tidak hanya pantai yang bisa kamu tuju. Desa Nelayan Amed boleh dijadikan alternatif destinasi saat berkunjung ke Pulau Dewata. Walau tidak sepamor tempat hangout lainnya, tetapi menelusuri desa ini akan menambah pengetahuan kamu terutama tentang kehidupan para nelayan. Kamu bisa juga terlibat dengan aktivitas masyarakat seperti menangkap ikan dan mengolah langsung hasil tangkapan sebelum menyantapnya.

Ingin langsung menjelajahi kampung-kampung nelayan di Indonesia? Bisa banget! Siapkan itinerary perjalanan kamu dari sekarang, ya. Sebelum berangkat, pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket travel & bus, dan hotel dengan harga menarik hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store untuk memudahkan transaksi kamu.

google-play
apps-store

FOTO UTAMA: IG @molanelayanbakti & @thekampungamedbali

Comments

To Top
%d bloggers like this: