Destinasi

Weekend Getaway di Curug Ciherang, Bogor yang Sejuk!

Curug Ciherang merupakan curug atau air terjun yang berada di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur. Curug Ciherang termasuk tempat wisata anti mainstream di Bogor. Nggak terlalu ramai, bahkan cenderung sepi. Itulah yang bikin tempat wisata alam yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi weekend getaway bagi kamu yang sudah penat dengan kesibukan di Jakarta.

Air terjun yang menyegarkan

curug ciherang

Foto dari m.tempo.co

 

Untuk sampai ke lokasi air terjun, kamu harus berjalan kaki selama sekitar 15 menit dari gerbang masuk. Yang akan kamu lewati adalah jalanan setapak dengan pemandangan hijau khas hutan. Jadi, nggak akan membosankan selama kamu bisa menikmati perjalanan.

Curug Ciherang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dengan beberapa undakan dan memiliki debit air yang besar, sehingga bakal bikin baju kamu basah, meski tidak sedang berdiri dekat curugan air. Terdapat kolam kecil di bawah curugan air yang dapat dijadikan lokasi bermain air atau berendam. Tempat ini juga mempunyai pemandangan pegunungan yang indah karena lokasinya yang tinggi, sehingga kamu dapat melihat jauh ke arah bawah.

Walaupun tidak ada kolam alami seperti Curug Ngumpet, namun kamu tetap bisa bermain air sepuasnya di sekitar Curug Ciherang. Guyuran air di Curug Ciherang akan terasa segar saat menghantam badan. Maka dari itu, kamu harus tetap berhati-hati saat bermain di sana, apalagi saat menginjak batu atau foto-foto di batu. Jangan sampai terjatuh atau terpeleset, soalnya permukaan batunya sangat licin, apalagi ketika sedang hujan.

Batu-batu di sekitarnya menambah kesan bahwa Curug Ciherang masih alami dan belum terjamah banyak tangan. Apalagi, lokasi Curug Ciherang berada di antara celah atau tebing gunung dengan semburan air dan membuat sekitarnya ditumbuhi pepohonan rimbun dan hijau.

Terkenal karena ada rumah pohon

rumah pohon

Foto dari kesiniaja.com

Di Curug Ciherang, kamu juga bisa menikmati keindahan dari ketinggian dengan naik ke rumah pohon. Kamu perlu berjalan menanjak untuk mencapai rumah pohon dari pintu masuk kawasan wisata Curug Ciherang. Perjalanan di jalan setapak tentu memerlukan tenaga ekstra untuk mencapai rumah pohon. Tapi, jalanannya sudah dibuat nyaman dan aman untuk para wisatawan. Jalanan tersebut berupa trek yang sengaja dibuat menggunakan batu-batu yang disusun rapi.

Rumah pohon dibangun di atas pohon besar dan dihungungkan dengan sebuah jembatan kayu. Pohon ini terletak di tebing, sehingga bagian bawahnya merupakan jurang cukup dalam. Sebuah bangunan kayu sengaja dibangun di atas pohon sebagai tempat singgah atau sekadar berfoto sebelum sampai di curug.

[3/4] Gapapa sendiri, yang penting mandiri. #vsco #vscocam #explorejonggol #curugciherang

A photo posted by Tiwi-kipedia (@hrpratiwi) on

A photo posted by @fitrianirs2 on

My Trip My Adventure #02_squad#pesonabogor#xiaomiyi.indonesia

A photo posted by @arifulherfi on

Rumah pohon ini jadi tenar di kalangan para wistawan. Soalnya, bisa dijadikan spot selfie di jembatannya yang berlatar belakang rumah pohon, ditambah lagi dengan latar alami lembah di bagian bawahnya yang indah, juga deretan gunung yang menghijau di sekitarnya. Instagenic banget kan, travelers!

Akses, tiket, dan parkir

Curug Ciherang Berjarak sekitar 40 km dari Jakarta atau 20 km dari kecamatan Citeureup Cibinong yang dapat ditempuh sekitar 2,5 jam berkendara. Kondisi jalan menuju kesana cukup baik sudah beraspal tapi ada beberapa jalan yang rusak meski tidak parah. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau empat saat menuju ke sana karena belum ada angkutan umum.

Akses masuk dapat melalui Citerureup, Cianjur, atau Cipanas karena melewati jalur alternatif Jakarta – Cianjur via Jonggol. Akses masuk lain dari Jonggol dan Sentul (melalui jalan baru Puncak 2). Bila perjalanan dari arah Jakarta (akses masuk dari Citeureup) kendaraan keluar dari pintu tol Jagorawi Citeureup.  Ambil arah kiri ke Citeureup melewati jalan raya Mayor Oking Jaya Atmaja dan dilanjutkan menuju daerah Tarik Kolot atau Lebak Pasir yang nantinya akan melewati Kawasan Wisata Pasir Mukti.  Lanjutkan perjalanan hingga ketemu pertigaan jalan Jonggol Cipanas, ambil arah ke Cipanas. Tak jauh dari lokasi pertigaan tersebut akan ditemui jalan masuk menuju curug yang ditandai dengan plang sederhana terbuat dari kayu bertuliskan Curug Ciherang.

Dari pintu masuk perjalanan diteruskan ke area parkir sejauh kurang lebih 1.500 meter dengan kondisi jalan berbatu yang menanjak dengan lebar sekitar 2 meter.  Selanjutnya untuk menuju ke lokasi curug harus melewati jalan setapak berundak dan berbatu juga sejauh 500 meter. Tiket masuk Curug Ciherang adalah sebesar Rp 5.000* per orang dan biaya parkirnya Rp 5.000* untuk kendaraan roda dua dan Rp 20.000* untuk kendaraan roda empat.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Supaya nggak terlalu lelah saat liburan di Curug Ciherang, menginap aja di Bogor dengan pesan hotel murah lewat pegipegi.com. Dijamin harganya murah karena kamu bisa mendapatkan harga hotel mulai dari Rp 100 ribuan aja.

cari hotel murah di bogor

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: Dok. Instagram @anamarianaa_

(Visited 39,815 times, 6 visits today)

Comments

To Top