Kuliner

Wedang Uwuh, Sajian Hangat Khas Kerajaan Mataram di Yogyakarta

Hujan-hujan gini enaknya ngewedang, yuk! Nah, sebagai kota dengan segudang kulinernya, Yogyakarta punya pilihan wedang  yang nggak boleh kamu lewatkan, wedang uwuh.

Berasal dari kawasan Imogiri, wedang yang satu ini menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Namun secara tampilan, ada yang membedakan wedang uwuh dengan wedang jahe pada umumnya, lho! Mulai dari warna air jahe yang merah hingga rasa manis nan hangat yang selalu tersaji dalam wedang uwuh.

Disajikan hangat, segelas wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang yang masih segar. Pemanisnya sendiri datang dari gula batu yang nggak bikin batuk, lho!

Meski terlihat padat, sajian wedang uwuh sangat digemari banyak pecinta kuliner malam. Rasa hangat dan kesegaraan yang muncul dari dedaunan tersebut berpadu sangat apik dalam satu sajian wedang uwuh.

Wedang uwuh sendiri punya banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain berfungsi sebagai penghangat, wedang uwuh dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti batuk, pegal-pegal hingga kembung di perut.

Menariknya, banyak cerita yang mengatakan bahwa wedang uwuh adalah minuman para sesepuh dari Kerajaan Mataram. Jadi, minuman ini benar-benar sangat digemari masyarakat Yogyakarta dan sekitar.

Dengan harganya yang cukup terjangkau Rp3.000, kamu bisa mencicipi langsung wedang uwuh di sekitar Terminal Bus Imogiri. Atau, jika kamu tengah main ke kota Yogyakarta, silahkan menjelajahi kawasan Alun-Alun Selatan untuk menikmatinya.

Tertarik main ke sini? Sekalian liburan ke Yogyakarta! Jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Yogyakarta, ya!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah lain di Yogyakarta

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top