Kuliner

Wedang Tahu, Kuliner Semarang yang Nggak Pakai Tahu

Wedang di Indonesia bukan hanya wedang ronde, lho. Tapi, ada juga wedang tahu yang suka dijajahkan secara keliling menggunakan pikulan. Biasanya orang menyebutnya kembang tahu. Ternyata, jajanan yang menghangatkan tersebut berasal dari Semarang. Mulanya, wedang tahu asalnya dari negeri Tiongkok dan dibawa ke Indonesia pada abad ke-19 oleh seorang pendatang berdarah Tinghoa.

Karena cara membuatnya nggak terlalu sulit, banyak penduduk yang menjajahkan wedang tahu. Uniknya, meskipun namanya wedang tahu, namun jajanan ini nggak menggunakan bahan tahu. Hanya bentuknya aja yang mirip dengan tahu putih sebelum dimasak. Cara membuatnya, yaitu air kedelai dididihkan lalu ditambahkan agar-agar, gula, dan garam. Setelah mendidih, campuran tadi diangkat dari kompir dan dibiarkan hingga membeku seperti pembuatan agar-agar atau puding.

Sedangkan untuk membuat kuahnya, menggunakan bahan air, gula merah, gula pasir, jahe, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan garam yang direbus hingga larut dan wangi, lalu disaring. Untuk penyajiannya, wedang tahu disendoki tipis-tipis dan diletakkan di dalam mangkok lalu dituangi kuah jahe yang masih hangat.

Warung wedang tahu yang terkenal di Semarang adalah Wedang Tahu Pak Adi di jalan Setiabudi atau sebelah kiri jalan ke arah Banyumanik dari Semarang bawah. Tendanya berada di atas trotoar dengan pikulan sederhana berupa dandang berisi kuah jahe dan satunya lagi dandang berisi kembang tahu. Penjualnya adalah Suprapto yang menggunakan nama Pak Adi, pamannya sendiri yang dulunya ikut berjualan wedang tahu milik keturunan Tionghoa di Kampung Bandaran Semarang.

Gimana travelers? Jadi pengin cobain wedang tahu asli Semarang? Yuk, rencanakan liburan kamu ke Semarang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top