Tips

Waspada Penipuan Saat Booking Hotel Online

сopywriter-freelance-jobs

Travelers, masih ingat cara booking hotel jaman dulu nggak sih? Kamu harus membolak-balik buku telepon yang tebal untuk mencari nomor telepon hotel  dan menghubungi semua kandidat hotel satu per satu untuk mencari informasi sebelum akhirnya memesan kamar.

Jaman sekarang, kamu tentu sudah tidak perlu melakukan itu lagi, karena hampir semua hotel sudah bisa melakukan booking online alias lewat internet. Banyak agen travel online yang juga menyediakan fasilitas booking online untuk hotel-hotel yang kamu mau.

Tapi, solusi yang harusnya memudahkan ini ternyata juga rentan kejahatan. Biasanya ini terjadi saat traveler melakukan pemesanan melalui pihak ketiga, seperti agen perjalanan, atau situs penyedia voucher diskon. Banyak traveler yang dibuat kecewa setelah menemukan bahwa hotel atau penginapan yang mereka pesan ternyata sebenarnya tidak ada atau harus keluar budget ekstra karena pesanan atas nama mereka belum dibuat di hotel yang bersangkutan.

Nah, sebelum kamu merencanakan liburan, PegiPegi mau berbagi sedikit tips untuk mengantisipasi tindakan penipuan saat kamu melakukan pemesanan hotel.

1. Cek kredibilitas penyedia jasa travel

online-reputation-management-services

Penasihat keamanan AVG Technologies Michael McKinnon mengingatkan traveler untuk selalu waspada terhadap penyedia jasa wisata yang digunakan. Kalau kamu menggunakan jasa agen yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya, cari tahu tentang perusahaan itu lewat Google dan cek apakah mereka memang bonafid. Atau, jika penyedia jasa itu adalah perusahaan kecil, langsung hubungi saja kantornya.

2. Pastikan laman booking dan pembayaran terlindungi

https-background_edit

Usahakan untuk melakukan transaksi booking atau pembayaran di laman yang diawali dengan https://, karena ‘s’ itu menyatakan bahwa laman yang kamu buka sudah aman.

3. Usahakan bertransaksi menggunakan kartu kredit

e-banking

 

Transaksi lewat kartu kredit lebih aman untuk dilakukan ketimbang lewat kartu debit yang langsung memotong saldo rekening dalam bank kamu. Tapi, kalau kamu memang harus menggunakan kartu debit, jangan pernah memberikan informasi finansial apapun di dunia maya.

 4. Cek terms & conditions

termsandconditions

Selalu cek ketentuan yang dibuat pihak hotel untuk memastikan kamu mendapat sesuai dengan apa yang sudah kamu bayarkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak hotel, kalau mereka adalah perusahaan resmi, mereka pasti bisa memberikan jawaban dengan mudah untuk menjadi solusi kamu.

 5. Terlalu muluk, patut dicurigai

skeptical-pano_20802

Travel writer sekaligus penulis buku ‘The Naked Traveler’, Trinity, mengingatkan kepada para pembacanya “If it’s too good to be true, then maybe it’s not true”. Kalau hotel menjanjikan kamar mewah dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran, kamu patut curiga. Lebih baik kamu cek harga pasaran hotel dengan fasilitas dan keistimewaan yang sama dengan hotel incaran kamu melalui internet. Kalau hotel incaran memberikan harga jauh di bawah pasaran, hm mungkin lebih baik kamu memilih hotel lain yang lebih ‘pasti’.

Untuk melakukan pemesanan hotel dengan aman dan terjamin, kamu bisa kunjungi kami di sini.

(Visited 2,561 times, 2 visits today)

Comments

Latest posts by admin (see all)

1 Comment

Comments

To Top