Tips

Waspada Bahaya Kutu Busuk di Ranjang!

Ranjang yang terlihat bersih, ternyata belum tentu bebas dari kutu busuk. Salah satunya ranjang di hotel. Yang kita cari saat menginap di hotel adalah kenyamanan. Tapi, rasa nyaman itu pastinya terganggu dengan adanya kutu busuk di ranjang hotel. Kutu busuk di ranjang tidak terlihat dengan mudah. Namun, kita masih bisa mencegahnya, lho. Perhatikan tips dari Pegipegi berikut ini, ya!

Rajin baca ulasan hotel

Sebelum memesan kamar hotel, pastikan kamu sudah meriset kandidat-kandidat hotel yang akan dipesan. Selain memerhatikan soal foto kamar dan fasilitasnya, baca juga ulasan dari tamu yang sudah menginap sebelumnya. Perhatikan apakah ada yang mengeluh soal kutu busuk atau tidak. Jika ada, sebaiknya hindari hotel tersebut.

Suka berdiam di celah ranjang

Meskipun dari ulasan hotel yang kamu pilih bebas dari kutu busuk, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan. Sesudah sampai di hotel, jangan menaruh koper atau baju kamu di atas ranjang. Karena, jika ternyata ada kutu busuk di ranjang, kutu busuk tersebut bisa menempel di koper atau baju.

Langsung aja buka spreinya dan perhatikan celah-celah ranjang saat sedang tidak aktif, terutama di lipatan ranjang. Bentuknya pipih, hitam, dan mirip biji semangka yang kecil. Kutu busuk memiliki bau yang sangat menyengat seperti walang sangit jika digencet. Kalau kamu menemukan kutu busuk, biasanya pihak hotel bersedia mengganti kamar kamu dengan yang baru.

Gejala kamu digigit kutu busuk

Ada beberapa gejala digigit kutu busuk yang perlu kamu tahu, yaitu adanya benjolan merah kecil yang muncul di permukaan kulit. Jika diamati dari dekat, kamu akan melihat lingkaran merah dengan lubang kecil di tengah. Lubang kecil inilah yang menjadi tempat kutu busuk menghisap darah manusia. Kutu busuk nggak hanya menggigit cuma sekali, tapi berkali-kali. Makanya benjolan kecilnya cukup banyak, nggak cuma satu.

Gigitan kutu busuk sangat mengganggu karena kamu nggak hanya mengalami benjol, tapi juga gatal selama beberapa hari. Gatal akan semakin parah apabila benjolan digaruk. Jika kulit kamu sensitif, gigitannya bisa memicu bakteri dan menyebabkan infeksi. Ukuran benjolan akan bertambah besar dan ruam kulit akan menjalar ke bagian tubuh lain. Kutu busuk juga bisa menjadi agen penularan penyakit tipes dan pes.

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika sudah terlanjur digigit kutu busuk, jangan menggaruk kulit. Langung bersihkan bagian kulit yang digigit dengan sabun antiseptik dan air dingin. Jangan gunakan air panas karena bisa menambah rasa gatal. Kemudian, lakukan kompres es. Bungkus es batu dengan kain bersih dan kompres pada gigitan kutu busuk. Cara ini bisa meredakan gatal dan bengkak cukup lama. Langkah selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan krim hidrokortison untuk mengobati iritasi. Jika cara tersebut tidak berhasil, segera kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kalau tahu cara mencegah dan mengatasi gigitan kutu busuk, kamu nggak lagi takut buat menginap di hotel kan? Yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 98 times, 1 visits today)

Comments

To Top