Berita

Waspada 5 Tanda Penting Philophobia, Penyakit Kaum Jomblo

Kamu masih jomblo? Atau merasa status single kamu nggak akan pernah berakhir? Hati-hati, lho, karena bisa jadi kamu tengah mengalami gangguan philophobia.

Buat sebagian besar orang, jatuh cinta adalah anugerah yang terindah. Setiap orang pun mendambakan pasangan yang nggak cuma sesuai secara fisik, namun juga hubungan yang langgeng.

Namun, bagi para pengidap philophobia, memiliki hubungan romantis adalah bencana buat mereka. Ketakutan untuk memiliki pasangan, bahkan berkenalan sekalipun melebihi fobia lain yang mereka miliki.

Foto: USNews

Menariknya, philophobia datang nggak diundang. Kalau sudah kena pemicunya berupa sisi emosional lawan jenis, ia justru berusaha menghindar sejauh mungkin dan menolak ikatan batin antara keduanya.

Tapi tenang. Gangguan philophobia bisa diredakan atau disembuhkan dengan melakukan beberapa terapi seperti Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Exposure Therapy dan pengobatan dari dalam.

Nah, kira-kira bagaimana kamu tahu kalau philophobia benar terjadi? Pegipegi punya lima tanda yang dapat menjelaskan kamu philophobia atau tidak. Simak yuk!

1. Krisis Kepercayaan Diri

Untuk menyatakan apa yang ada di dalam hati, kamu harus memiliki kepercayaan diri. Minimal nekat mengutarakan apa yang kamu ingin sampaikan. Nah, bagi penderita philophobia, kepercayaan diri justru menyusut saat mereka dihadapkan dalam situasi tersebut. Momen ini makin diperparah dengan rasa gugup yang berlebihan bersinggungan dengan lawan jenis.

2. Kaku dan Dingin

Foto: betterhelp

Kebanyakan pengidap philophobia cenderung kaku dalam bergaul. Sikap mereka yang dingin kerap membuat lawan jenis ragu untuk mendekati. Jika ada masalah, mereka pun nggak ingin orang lain tahu. Bahkan perihal perasaan suka kepada lawan jenis, mereka lebih nyaman untuk mengurungnya di dalam batin.

3. Takut ke Pusat Keramaian

Jika kita malas untuk ngemall karena memang lelah, para philophobia justru takut karena mereka nggak ingin melihat orang lain berpasangan. Mereka lebih memilih tinggal di rumah, menyibukkan diri dengan aktivitas yang itu-itu saja. Bahkan, ketika ada ajakan nonton film gratis di bioskop, seorang philophobia bakal menolak dengan tegas.

4. Anti Datang ke Kondangan

Biasanya acara pernikahan yang sakral jadi pelecut bagi mereka yang belum berumah tangga. Ya, minimal memiliki pasangan yang seusai dengan hati. Semua hal tersebut jadi pengecualian buat pengidap philophobia. Mereka akan sebisa mungkin menghindar untuk datang ke acara berbau pernikahan, takut kalau mereka melihat proses penyatuan dua sejoli yang sakral.

5. Bisa Pingsan Kalau Sudah Parah

Foto: sarcasm

Efek philophobia nggak cuma memancing rasa gugup yang berlebih. Jika sudah parah, para pengidap philophobia akan mengalami kejang, jantung berdetak kencang, sesak nafas, mual hingga pingsan. Semua bisa disebabkan oleh hal berbau romantisme sekecil apapun. Kalau sudah begini, terapi kejiwaan harus segera dilibatkan.

Foto utama: badonlinedates

Daripada mikirin status jomblo kamu, mending liburan, yuk! Rencanakan liburan kulinermu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 172 times, 1 visits today)

Comments

To Top