Tips

Kapan Sih Waktu Terbaik Booking Tiket Pesawat?

waktu-yang-tepat-booking-pesawat

Bepergian dengan pesawat terbang kini tidak lagi menjadi kemewahan. Maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia –dan dunia- berlomba-lomba memberikan diskon dan harga promo demi menarik perhatian travelers. Pilihan destinasi dari budget airlines juga semakin bervariasi, jadi kamu bisa bepergian ke tempat-tempat impian dengan harga ‘miring’.

Biasanya, ada peraturan tidak tertulis bahwa untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbaik, travelers harus memesan tiket dari jauh-jauh hari. Karena, kebanyakan budget airlines memang sering mengadakan promo tiket murah untuk jadwal terbang enam bulan hingga satu tahun ke depan. Tapi, apa benar itu adalah waktu terbaik memesan tiket pesawat?

Ternyata sebenarnya tidak juga lho. Berdasarkan survei, waktu pemesanan tiket terbaik untuk penerbangan domestik adalah 21 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sementara, untuk penerbangan internasional, 34 hari sebelum tanggal keberangkatan adalah saat terbaik buat kamu memesan tiket.

Menurut survei itu, harga tiket penerbangan domestik biasanya naik 5 persen pada dua minggu jelang keberangkatan. Harga itu masih naik 30 persen lagi saat memasuki satu minggu sebelum tanggal keberangkatan. Untuk penerbangan internasional, membeli tiket 34 hari sebelum keberangkatan ternyata bisa lebih murah 4 persen dibandingkan kalau kamu membeli enam bulan sebelumnya.

Setelah menganalisa data dari rata-rata 100 juta pencarian tiket pesawat selama satu tahun, survei ini juga menemukan fakta yang lumayan mengagetkan. Kamu justru disarankan tidak memesan tiket terlalu dini, misalnya enam bulan sebelum keberangkatan. Karena, pada periode itu harga tiketnya justru lebih mahal 19 persen. Pemesanan lima bulan sebelum keberangkatan juga masih terbilang mahal karena harga tiketnya lebih tinggi 18 persen dibandingkan kalau kamu memesan 21 hari sebelum berangkat.

Pemilihan hari terbang juga berpengaruh dengan harga tiket lho. Kalau kamu memesan tiket penerbangan domestik dan menghabiskan waktu kurang dari satu minggu, sebaiknya kamu memilih hari Sabtu untuk berangkat dan pulang di hari Rabu. Sementara, untuk penerbangan lebih dari satu minggu, disarankan untuk berangkat pada hari Selasa dan kembali di hari Rabu, minggu berikutnya. Atau, kalau kamu tidak bisa memilih waktu berangkat, usahakan membeli tiket pulang untuk penerbangan di hari Senin, Selasa atau Rabu, yang diketahui lebih murah dibandingkan hari-hari lainnya.

Gimana? Sudah ‘tercerahkan’? Selamat mencoba, travelers!

(Visited 19,216 times, 7 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top