Berita

Wajib Tahu, Ini 11 Menit Momen Krusial Dalam Penerbangan

Jika kamu termasuk travelers yang sering menggunakan moda transportasi pesawat terbang, pasti sudah nggak asing dengan himbauan para pramugari maupun pramugara. Mulai dari penggunaan sabuk yang benar hingga aturan penting selama penerbangan seperti mematikan telepon genggam dan menegakkan sandaran kursi.

Himbauan yang disampaikan para pramugari bukan tanpa alasan, lho. Mengingat dunia penerbangan sangat mengenal istilah critical eleven atau sebelas menit paling kritis saat berada di udara.

Sebagai informasi, critical eleven merupakan tahap krusial selama tiga menit setelah pesawat take-off dan delapan menit sebelum pesawat mendarat. Selama total sebelas menit ini, pilot pesawat harus fokus dalam mengendalikan laju pesawat, berkomunikasi dengan air traffic control (ATC) hingga hal lain yang menyangkut keselamatan penerbangan.

Sehingga, komunikasi dua arah antara awak kabin dan pilot dibatasi. Pun demikian dengan himbauan untuk melipat meja hingga membuka tirai jendela untuk mempermudah proses evakuasi dalam keadaan darurat.

Dalam situasi darurat, seperti emergency landing, para penumpang diberikn waktu 90 detik untuk melarikan diri dari pesawat. Mengingat resiko kekurangan oksigen hingga terhirupnya asap cukup besar.

Seperti yang dikutip dari Flight Safety, 80 persen kasus kecelakaan pesawat terjadi pada 11 menit krusial ini. Dalam periode waktu tersebut, pesawat dalam kondisi rentan sehingga gangguan sekecil apapun akan berdampak besar terhadap keselamatan penerbangan.

Jadi, jika kamu mendengar himbauan para pramugari saat akan lepas landas maupun mendarat, lebih baik dipatuhi demi keselamatan bersama.

Mau liburan naik pesawat? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat lewat aplikasi dan web Pegipegi. Selamat liburan.

cari tiket pesawat cari hotel murahcari tiket kereta api

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top