Destinasi

Wajib Coba 4 Kegiatan Seru Ini Kalau ke Manado Tua!

Nggak cuma terkenal dengan sajian kulinernya yang lezat, Manado juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Manado Tua. Menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken, pulau yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengin mencari spot liburan yang lengkap. Karena mulai dari pantai, gunung, dan laut bisa kamu temukan di sana.

Untuk mencapainya, kamu bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam dengan menaiki speed boat dari Pelabuhan Manado dan turun di Dermaga Manado Tua. Menyimpan sejuta keindahan, pulau ini menawarkan beragam aktivitas yang bisa bikin liburan kamu makin menyenangkan! Kira-kira, apa aja yang bisa kamu lakuin di sana? Yuk, cari tahu dulu selengkapnya!

Melakukan Aktivitas Air

A post shared by Pampam (@pumpela) on

Kalau berlibur ke Pulau Manado Tua, kamu wajib menyusuri keindahan lautnya dengan melakukan beberapa aktivitas air yang seru! Kamu bisa menyusuri laut dengan perahu berkaca (Katamaran), bermain jet ski, melakukan snorkeling dan diving untuk melihat indahnya ratusan jenis terumbu karang dan aneka jenis ikan di dasar laut, serta berfoto selfie underwater. Oh ya, kalau kamu beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan lumba-lumba yang menari di permukaan laut, lho!

Bertemu Yaki dan Melakukan ‘Nyare’

Bertemu dengan yaki atau monyet hitam Sulawesi serta melakukan ‘nyare’, yakni berwisata pulau di malam hari nampaknya telah menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke Manado Tua. Kegiatan bertemu yaki bertujuan untuk mengajak wisatawan dan masyarakat setempat berkenalan sekaligus ikut menjaga kelestarian hewan endemik ini.

Jika ingin bertemu dengan ratusan yaki yang ada di pulau ini, kamu bisa mendaki ke puncak Gunung Manado Tua pada siang hari, kemudian tunggu hingga sore menjelang. Di saat itulah seluruh yaki akan naik ke atas pohon untuk tidur. Kamu juga bisa melakukan camping di sana, untuk melihat yaki yang sedang mencari makan di pagi hari.

Selain bertemu dengan yaki, kamu juga bisa melakukan ‘nyare’, di mana kamu bisa berjalan-jalan menyusuri pulau di malam hari. Pada waktu tersebut, air laut sedang surut, kemudian akan nampak jangkar Portugis, ikan-ikan, dan karang di permukaan pantai yang cocok menjadi spot berfoto.

Menikmati Panorama Alam

A post shared by Nown (@n_o_w_n) on

Nggak cuma keindahan dasar lautnya, Manado Tua juga punya suasana tenang dan panorama alam yang memesona. Di sana, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sambil berjalan santai ke sekitar pulau dan mengunjungi beberapa pantai di sana, wisata hutan lindung, jogging, bersepeda, berkemah, hiking, ataupun hanya sekadar sunbathing dan menikmati sunset.

Gimana, sudah nggak sabar untuk liburan ke Manado Tua? Kalau ke sana, Pegipegi sarankan agar kamu datang di sekitar bulan Juli dan Agustus, karena di waktu tersebut kawasan perairan pulau ini memiliki view bawah laut yang sangat indah. Oh ya, usahakan untuk berangkat sejak pagi hari ya, jadi kamu bisa menjelajah pulau dengan lebih leluasa deh!

Nah, kalau mau jalan-jalan ke Manado Tua, yuk pergi ke Manado dengan cari hotel murah lewat Pegipegi! Bagi yang berada di luar Banda Aceh, jangan lupa pesan tiket pesawat lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah di Manado pesan tiket pesawat murah ke Manado

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top