Destinasi

Waduk Sermo, Wisata Air Sejuk yang Menawan di Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta nggak ada abisnya, deh! Selain banyak tempat kuliner asyik, spot wisatanya juga beragam, salah satunya Waduk Sermo.

Berlokasi di Desa Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Wadu Sermo menawarkan wisata sejuk nan asri dengan hamparan air jernih seluas 157 hektar. Dikelilingi pepohonan hijau, waduk ini juga jadi rumah bagi ribuan burung.

Terdapat 14 jenis burung yang mendiami Waduk Sermo, mulai dari Madu sriganti hingga cekakak jawa. Mereka bakal menemani kamu dengan siulan khas yang berpadu dengan udara sejuk khas Kulon Progo.

Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada November 1989 lalu, Waduk Sermo juga menawarkan wisata air kepada tiap penggunjung. Pengelola menyediakan perahu nelayan yang bisa kamu sewa buat berkeliling selama 30 menit.

Menariknya, banyak cerita unik yang bisa dikulik dari Waduk Sermo, termasuk asal usul penamaannya. Menurut kisah yang beredar di masyarakat, Sermo merupakan nama seorang leluhur bernama Mbah Sermo.

Konon katanya, di tengah danau terdapat makam Mbah Sermo yang sudah meninggal puluhan tahun yang lalu. Meski sempat ada kabar makamnya sudah dipindahkan ke arah Timur saat waduk ini digarap, namum beberapa warga menyakini makam Mbah Sermo masih berada di tempat semula.

Meski demikian, Waduk Sermo adalah sebuah destinasi wisata menyejukan hati dengan panorama alam yang menawan. Jangan lewatkan juga momen sunset yang pasti bikin liburan kamu makin berkesan.

Pengin main ke Waduk Sermo? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top