Destinasi

Waduk Jatigede, Pesona Wisata Air Mirip ‘Danau Toba’ di Sumedang

Mau liburan ke Danau Toba tapi nggak punya waktu? Tenang, kamu masih bisa menikmati sensasi wisata khas Sumatera Utara itu di Waduk Jatigede!

Berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Waduk Jatigede merupakan danau buatan yang kelar dibangun pada 2015 lalu. Dengan kapasitas tampung air sebanyak 979,5 juta meter kubik, menjadikannya sebagai waduk yang terbesar kedua di Indonesia.

Nggak heran, banyak wisatawan menyebut Waduk Jatigede sebagai kembaran Danau Toba. Dengan luas yang mencapai 3.035 hektar, Waduk Jatigede mampu mengairi 90 ribu hektar lahan yang berada di Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Yang menariknya adalah proses pembuatan waduk. Untuk membangun waduk ini, sebanyak 28 desa di beberapa kecamatan seperti Darmaraja hingga Jatigede harus direlokasi ke tempat baru. Sehingga, butuh 20 tahun dengan total dana mencapai USD 467 juta atau Rp6,5 triliun untuk membangun waduk megah ini.

Lantaran dibangun di atas permukiman warga, waduk ini memiliki wisata ‘kota mati’, terutama saat musim kemarau tiba. Saat air surut, kamu bisa melihat banyak petakan rumah yang ditinggalkan penghuni hingga taman makam yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Namun, kalau kamu nggak mau nunggu sampai musim kemarau, Waduk Jatigede juga asyik dinikmati saat musim hujan, lho. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan pelangi indah yang terbentuk di atas panorama menawan khas Waduk Jatigede.

Di tengah danau, terdapat gugusan pulau yang memiliki bukit asri. Layaknya Pulau Samosir di Danau Toba yang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Kira-kira kapan main ke Waduk Jatigede buat berburu pesona cantiknya?

Pengin main ke Solo? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Sumedang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top