Berita

Voluntourism, Tren Pergi Liburan Sambil Berbagi Kebaikan

Pergi liburan nggak selalu identik dengan bersenang-senang, kok. Soalnya, ternyata ada tren liburan yang justru menuntut traveler-nya buat melakukan banyak kegiatan sosial, voluntourism.

Yap, tren pariwisata yang satu ini siap mengubah para pelakunya menjadi seorang relawan, lho. Entah itu mengembangkan potensi wisata di wilayah yang dituju atau sekedar bantu memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat di sana, seperti layanan kesehatan.

Berasal dari kata volunteer dan tourism, tren wisata ini memang nggak banyak dikenal orang. Padahal, sistemnya sendiri sudah dikenalkan oleh Dewan Pariwisata Nevada di Amerika Serikat pada 1998.

Meski demikian, tren dari voluntourism terus tumbuh. Hal ini ditegaskan lewat sebuah survey yang digagas oleh Marriot Rewards, yang mana ada 84 persen kaum milenials ingin liburan sekaligus menjadi relawan selama perjalanan.

Selain itu, munculnya banyak aktivis lingkungan dan sosial seperti Greta Thunberg hingga David Attenborough makin mendorong popularitas voluntourism di seluruh dunia. Jadi nggak heran ketika 37 juta traveler asal Amerika Serikat ikutan voluntourism sepanjang 2015 lalu.

Voluntourism sendiri memiliki banyak manfaatnya, lho. Mulai dari pemenuh keinginan liburan sambil berbagi, pelarian yang pas dari rutinitas sehari-hari, hingga menjalin tali silahturami baru dengan orang-orang di sekitar.

Nggak cuma itu, beberapa orang yang pernah melakoni voluntourism mendapatkan pengalaman yang mengubah hidup mereka. Karena, ada banyak sisi baru kehidupan yang bisa ditemui saat berinteraksi dengan warga di tempat tujuan voluntourism.

Nah, biar sukses menjalani voluntourism, ada banyak hal yang wajib kamu persiapkan. Selain fisik, kamu juga wajib membuat perencanaan jangka pendek, khususnya selama di destinasi voluntourism.

Tentu saja, kamu juga wajib mengemas semua kebutuhan kamu, mulai dari pakaian hingga obat-obatan. Karena, kamu nggak bakal cuma 1-2 hari di sana, lho.

Nah, karena umumnya kegiatan ini dilakukan secara berkelompok,  kamu harus berkomitmen penuh dan punya tingkat kesabaran yang luar biasa. Apalagi, tujuan kamu ikutan voluntourism nggak cuma buat mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, tetapi juga membantu sesama.

Nah, kira-kira kamu tertarik kah?

Sudah tahu serunya tren liburan yang satu ini? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun ini. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top