Destinasi

Vihara Tanda Bhakti, Kelenteng Kental Sejarah di Jakarta

Vihara atau kelenteng adalah hal yang lekat dengan hari Raya Imlek. Selain menjadi rumah ibadah bagi, vihara punya peran cukup vital dalam kehidupan komunitas Tionghoa sejak dulu kala.

Indonesia yang menjadi rumah bagi tiga juta warga Tionghoa pun memiliki banyak sekali vihara. Tentu saja dengan keistimewaan dan keunikannya masing-masing.

Salah satu yang menarik ada di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Vihara Tanda Bhakti. Kelenteng yang satu ini punya unsur sejarah yang bernilai bagi warga Tionghoa di Jakarta. Berdiri sejak 1650, Vihara Tanda Bhakti merupakan rumah bagi Sang Dewa Pelindung, Tan Seng Ong yang sekaligus pendiri dari bangunan tersebut.

Berasal di Provinsi Honan, Tan Seng Ong dikenal sebagai sosok yang berhasil memakmurkan wilayahnya. Para imigran asal China, khususnya pemilik marga Chen (Tan) lantas memberikan gelar Raja Suci atas dedikasinya tersebut, sertai menamakan kelenteng ini dengan Tan Seng Ong.

Oleh karena itu, pada awal 2014 lalu, Vihara Tanda Bhakti mendapatkan pengakuan khusus dari Pemerintah Indonesia melalui Pemprov DKI Jakarta, menjadikan kelenteng ini sebagai salah satu warisan sejarah yang bernilai Tanah Air.

Sakral dan Unik

Vihara Tanda Bhakti memiliki keunikan tersendiri. Sejak direnovasi pada 1974, Vihara Tanda Bhakti memiliki kolam ikan yang asri di tengah bangunan.

Memiliki desain interior dan eksterior ala bangunan Negeri Tirai Bambu, kamu akan disambut oleh dua patung singa yang mengapit kuil kecil di depan. Plafon keramik yang hadir di bagian dalam kelenteng melambangkan tiga nilai, kebahagiaan, kemakmuran dan keabadian yang sangat sakral.

Selain menjadi tempat ibadah yang sakral, kelenteng terbuka bagi siapapun yang ingin bersilahturami, mengenal kebudayaan Tionghoa lebih dalam bersama para sahabat.

Nuansa tenang dan sunyi terasa di dalam ruang ibadah. Atmosfer yang pas untuk memanjatkan doa demi kebahagiaan, kemakmuran dan keabadian kepada Sang Buddha.

Sambil berjalan, mengelilingi ruangan berplafon keramik yang unik, bagi kisah mengesankan di tahun lalu, serta harapan di tahun yang baru ini kepada para sahabat. Buat kamu tenggelam dalam kebersamaan.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen bahagia bersama sahabat dengan ber-selfie. Berbagai spot menarik, seperti kuil kecil, sepasang patung singa hingga kolam asri adalah spot yang nggak boleh kamu lewatkan demi meramaikan linimasa media sosial.

Untuk yang berada di luar Jakarta, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Jakarta  pesan tiket kereta api murah ke Jakarta  cari hotel murah lain di Jakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top