Destinasi

Vihara Buddhagaya Watugong, Wisata Pagoda Tertinggi di Indonesia

Semarang adalah kota dengan beragam kelenteng atau vihara yang cantik dan unik. Selain dikenal dengan Klenteng Sam Poo Kong-nya, Semarang siap membius kedua mata kamu dengan Vihara Buddhagaya Watugong.

Terletak di Ungaran, 45 menit dari Semarang, Vihara Buddhagaya Watugong menawarkan bangunan vihara yang sangat megah. Dengan luas 2,25 hektar, kompleks Vihara Buddhagaya Watugong memiliki lima bangunan, dua di antaranya, Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala merupakan bangunan utama.

Meski menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha di sekitar Semarang, Ungaran, Salatiga, Vihara Buddhagaya Watugong dibuka untuk umum. Sebagai tempat wisata, Vihara Buddhagaya Watugong menawarkan banyak hal yang unik, salah satunya watugong. Sesuai dengan namanya, watugong adalah sebuah batu yang memiliki bentuk seperti gong.

Dengan ketinggian 45 meter, Vihara Buddhagaya Watugong merupakan pagoda atau vihara tertinggi di Indonesia. Dengan tujuh tingkatan, Vihara Buddhagaya Watugong didesain mengerucut ke atas.

Dalam pagoda ini terdapat patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan pagoda. Umat budha biasa melakukan ritual Tjiam Shi di pagoda ini, sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia.

Nggak cuma itu. Di Vihara Buddhagaya Watugong, kamu dapat bertemu dengan patung Sidharta Gautama yang berada di bawah pohon Bodhi yang sejuk dan rindang. Tertarik buat main ke sini?

Nggak sabar pengin main ke sini? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Semarang  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top