Destinasi

Verbena Brasiliensis: Bunga yang Instagenic di Oro-oro Ombo, Gunung Semeru

Baru-baru ini, ada berita soal pendaki gunung cewek yang di-bully di Instagram karena ia meng-upload foto sedang memetik bunga cantik di Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru, Jawa Timur. Karena, kegiatan tersebut dianggap merusak alam demi eksistensi di media sosial. Padahal, itu bukan salah si pendaki, lho. Begini ceritanya.

Nampaknya memang manis seperti Bunga Lavender, tapi yang sebenarnya Bunga bernama Verbena brasiliensis bukanlah bunga yang ramah. Bunga yang satu ini bisa menyerap kadar air dari tanamanan sekitar, salah satunya penyebab bunga Edelweis mati. Jadi sangat di rekomendasikan oleh taman nasional untuk di cabut. Nah buat yang punya bakat selfie injak-injak tanaman boleh mampir kesana biar tanaman hama disana cepat mati✌️ . Ingat ya boleh dipetik, tapi kalau kalian bawa bunga ini jangan sampe tercecer sepanjang jalan, nanti malah jadi pembibitan sepanjang jalan. Hehhe… ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Credit to : @putriiutyy Please take a moment to support our featured artist by visiting their gallery to see more great photos. ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Thanks for sharing. Posting foto pendakian terbaikmu dengan hashtag #pendakiindonesia dan atau tag @pendakiindonesia. Indonesia tidak akan lagi indah jika kita tidak menjaganya. #pendakiindonesia ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ #PNDKID

A photo posted by Pendaki Indonesia (@pendakiindonesia) on

Banyak yang mengira itu bunga lavender

Jika kamu baru pertama kali menuju Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru, kamu pasti langsung kagum dengan hamparan bunga berwarna ungu di sana. Kemungkinan besar, kamu akan langsung mengira bahwa itu adalah hamparan bunga lavender yang biasanya digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk, aromaterapi, atau bahan kecantikan.

Wajar aja sih kalau kamu mengira bunga tersebut adalah lavender. Karena, bunga ini memiliki warna kombinasi kuning, hijau, dan ungu yang menciptakan lansekap cantik layaknya taman lavender atau taman-taman bunga yang ada di Belanda dan Perancis. Tapi, pada kenyataannya, bunga tersebut adalah Verbena brasiliensis, tanaman berumur pendek alias semak tahunan yang tubuh dari Januari hingga Agustus. Verbena bisa tumbuh hingga ketinggian dua meter dengan batang berbentuk segi empat dan jenis daun komposit atau berpasangan, berbentuk bulat memanjang dengan sisi yang bergerigi.

Verbena brasiliensis 12

g4d4adventure.wordpress.com

Sering dijadikan wisatawan sebagai obyek foto

Sudah pasti, nggak ada yang bisa memungkiri keindahan bunga Verbena. Jika kamu instagrammer banget, pasti langsung menjadikan bunga Verbena sebagai obyek foto supaya Instagram kamu makin cantik. Bukan sekadar berfoto, tapi banyak wisatawan yang juga memetik bunga.

..sisasisa rakum.. #rakum #flower #verbena #instaflower #instavacation #instamoment A photo posted by Dessy Ayu Putriyani (@decyayuputriyani) on

Bunga yang merusak ekologi

Di balik keindahannya, bunga ini berpotensi merusak ekologi karena bunga ini menyerap air sangat banyak dan cepat membuat daerah di sekitarnya kekeringan. Jika perkembangannya nggak dikendalikan, Verbena dikhawatirkan akan menguasai habitat dan menggeser tanaman asli Oro-Oro Ombo, juga mengganggu ekosistem. Hingga saat ini, Verbena sudah menguasai sekitar 20 hektar kawasan Oro-Oro Ombo.

Mengisolasir habitat Verbena secara teratur merupakan tindakan yang tepat untuk mencegah rusaknya ekosistem, lalu memanen bunganya sebelum buahnya masak, sehingga bisa mengurangi risiko penyebaran biji. Pihak pengelola juga nggak keberatan jika para wisatawan memetika bunga Verbena untuk sekadar dijadikan obyek foto. Jadi, kalau lihat foto teman di Instagram sedang memetik bunga Verbena, jangan di-bully, ya! Hihihi…

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Jika kamu juga kepengin mempercantik Instagram kamu dengan foto-foto di tengah hamparan bunga Verbena, kamu langsung aja berkunjung ke Oro-oro Ombo, Gunung Semeru. Untuk rute perjalanan yang paling mudah, kamu bisa transit dulu di Malang. Tunggu apa lagi? Langsung aja pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Malang lewat pegipegi.com! Jangan lupa buat pesan hotel murah di Malang juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke malang pesan tiket kereta api murah ke malang  cari hotel murah di malang

(Visited 6,524 times, 3 visits today)

Comments

To Top