Rekomendasi

Usir capek dan pegalmu dengan mandi air panas di sini

Kehidupan ibu kota yang kadang-kadang lebih kejam daripada ibu tiri memang bisa bikin stress dan tertekan. Beberapa sumber menyarankan mandi air panas sebagai salah satu solusi cepat buat mengusir kelelahan, baik fisik maupun mental. Kamu juga nggak perlu khawatir bakal kehabisan waktu di jalan karena ada lho pemandian air panas yang letaknya nggak jauh-jauh amat dari Jakarta.

1.   Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor

gunung pancar
Keelokan panorama alam di sekitar Bogor memang seperti nggak ada habisnya untuk dibahas, travelers. Ini dia sebuah obyek wisata yang cocok untuk acara akhir pekan keluarga, atau acara kumpul-kumpul bersama teman sekantor atau teman kuliah. Taman Wisata Alam Gunung Pancar terletak sekitar 25 km dari pusat kota Bogor, dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam dengan berkendara (itu kalo nggak macet lho, travelers).

Taman Wisata Alam Gunung Pancar didirikan di salah satu titik deretan pegunungan yang mengelilingi Kota Bogor, tepatnya di ketinggian 300-400 meter dari permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati udara yang sejuk, rimbunnya pepohonan dan aneka satwa yang berumah di dalamnya, seperti kera, babi hutan,owa, elang, jalak, sri gunting, burung enggano dan beberapa jenis burung langka lainnya. Di sinilah kamu nantinya bisa berendam air hangat sepuasnya sambil menikmati keindahan panorama Gunung Pancar. Ada 3 jenis kolam yang bisa kamu pilih, atau kamu juga bisa menyewa kolam sendiri kalo nggak mau berendam bersama pengunjung lainnya.

2.   Pemandian Air Panas Sari Ater, Subang

PemandianAirPanasSariAter
Pemandian air panas yang satu ini letaknya nggak terlalu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, cuma sekitar 7 km aja, travelers. Dibutuhkan waktu sekitar 30 s/d 60 menit berkendara dari Kota Bandung untuk sampai ke sini (sekali lagi, itu kalo nggak macet ya travelers). Dengan membayar tiket seharga Rp 35 ribu per orang kamu udah bisa berendam sepuasnya, sampe malam juga boleh. Pemandian Air Panas Sari Ater buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam, travelers, bahkan pengunjungnya lebih banyak di malam hari daripada siang hari.

Tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Subang ini juga menyediakan atraksi wisata lain seperti lokasi perkemahan, berkuda, arung jeram, outbond, jalan-jalan ke perkebunan teh dan pusat kerajinan keramik. Oya, travelers, air panas di Sari Ater bersumber dari sebuah mata air yang mengalir langsung dari Gunung Tangkuban Perahu dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Suhu air panas di Sari Ater adalah sekira 37 sampai 42 derajat celcius. Cukup ideal buat kamu yang pengen bersantai menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam di air panas.

3.   Wisata Air Panas Ciparay, Bogor

ciparay
Pemandian Air Panas Ciparay masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, travelers. Jadi kamu bisa memasukkannya dalam daftar tempat yang mau kamu datangi kalo lagi berencana jalan ke TN Gunung Halimun-Salak weekend ini. Tapi kamu harus cukup fit karena musti menuruni sekitar 200 anak tangga sebelum mencapainya. Sambil menuruni tangga kamu bisa menikmati pemandangan khas pegunungan yang masih hijau dan berhawa sejuk, jauh dari polusi kota.

Puas berendam jangan langsung pulang, travelers. Yuk, duduk-duduk santai di warung makan yang tersebar di sekitar lembah, sambil ngeteh atau menyantap semangkuk mi rebus. Sungai Cikuluwung yang mengalir tepat di tengah lokasi pemandian akan memanjakan mata kamu yang biasanya cuma melihat layar laptop atau gadget setiap hari. Percaya nggak kalo kamu bisa menikmati semua pesona ini dengan tiket masuk yang hanya sebesar Rp 4 ribu per orang?

4.   Tirta Sanita Hot Spring, Ciseeng

Tirta-Sanita-Ciseeng-Bogor
Pengen jalan tapi males bermacet-macet ria di jalan? Datang aja ke sini, travelers. Tirta Sanita Hot Spring termasuk dalam wilayah Parung yang merupakan perbatasan antara Kota Bogor dan Depok. Jaraknya juga nggak jauh-jauh amat dari Jakarta, hanya sekitar 30 km aja. Mata air Tirta Sanita berasal dari Pegunungan Kapur Ciseeng yang telah terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sebuah bukit kecil berwarna putih adalah center of interest di lokasi wisata ini, sekaligus menjadi incaran pengunjung untuk foto-foto atau menikmati pemandangan menakjubkan yang terbentang di bawahnya.

Harga tiket masuk ke tempat ini adalah sebesar 8 ribu – 6 ribu rupiah per orang di hari biasa dan 7 ribu – 10 ribu rupiah per orang di akhir pekan. Kalo merasa enggak nyaman berendam bareng pengunjung lain, kamu bisa menyewa kamar mandi air panas dengan membayar 10 ribu rupiah per orang untuk berendam selama 15-20 menit.

5.   Pemandian Air Panas Cipanas, Garut

cipanas
Spot wisata air panas berikut dah cukup populer di kalangan masyarakat sekitar Jakarta dan Jabar, travelers. Mata air panas yang mengalir dari Gunung Guntur dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah setempat sebagai daya tarik wisata buat mereka yang pengen berenang sambil menikmati suasana pegunungan. Ya, travelers, di sinilah kamu bisa berenang sepuasnya tanpa khawatir jari-jarimu mengkerut atau masuk angin karena kedinginan. Suhu air juga nggak terlalu panas seperti air panas di rumah kamu, hanya sekitar 37-46 derajat celcius aja.

Abis berendam air panas paling enak tu makan yang hangat-hangat, travelers. Kalo gitu kamu harus coba bubur ayam khas Sunda yang dijual di kedai makanan di lokasi ini. Menyantap bubur sambil memandangi Gunung Guntur di kejauhan, pasti dalem sekali rasanya.

Mau jalan-jalan ke Jawa Barat dan mandi air panas akhir pekan ini? Jangan lupa pesan hotelnya lewat Pegipegi untuk mendapat harga terbaik, travelers!

(Visited 6,135 times, 1 visits today)

Comments

To Top