Destinasi

Uniknya air mancur raksasa di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar? Di mana ya? Trus apa asiknya pantai ini? Paling-paling sama aja sama pantai-pantai lainnya. Eh, jangan berprasangka buruk dulu, travelers. Pantai yang sekarang lagi dipromosikan sebagai salah satu tujuan wisata baru di Jawa Timur ini, beda banget sama pantai yang pernah kamu datangi dan pastinya nggak kalah indah dengan pantai – pantai lainnya yang telah lebih dahulu terkenal.

foto: free-gratiss.blogspot.com

foto: free-gratiss.blogspot.com

Jalan berliku ke pantai terpencil

Akses menuju Pantai Klayar memang sedikit sulit karena belum ada bus atau angkutan umum yang melintasi pantai ini. Kamu bisa memilih 3 rute, yaitu rute Pacitan, rute Yogyakarta, atau rute Solo, travelers. Jarak antara Pacitan dan Pantai Klayar adalah sekitar 3 jam perjalanan, dan hanya bisa kamu lalui dengan mobil atau sepeda motor sewaan.

Begitu juga kalo kamu pilih rute Yogyakarta, travelers. Keuntungannya, jalur ini lebih singkat yaitu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Gunung Kidul. Tapi kamu harus melalui medan jalan yang sempit banget dan berliku-liku, jadi sepeda motor kayaknya lebih efektif daripada mobil. Rute Solo lebih singkat lagi karena hanya butuh 1 jam perjalanan dari pusat kota. Hanya saja medannya
lebih radikal dan jangan coba-coba pilih jalur ini kalo kamu nggak ahli mengemudikan mobil/ sepeda motor.

Tapi, jangan galau travelers. Ada banyak gua kecil dengan stalaktit dan stalagmite yang indah-indah dan panorama perbukitan eksotis beberapa kilometer sebelum mencapai pantai, sehingga perjalanan kamu pun nggak bakalan membosankan. Begitu sampai di pantai, semua pegal-pegal kamu dijamin bakal ilang setelah melihat pantai berpasir putih, deretan pohon kelapa dan ombak-ombak besar yang berkejaran di laut.

Untuk mencegah terjadinya hal yang nggak diinginkan, para wisatawan dilarang berenang di Pantai Klayar. Enggak apa-apa, kan masih bisa liat air mancur raksasa, travelers. Air mancur ini terbentuk dari air laut yang masuk ke sebuah celah yang cukup dalam di batu karang, trus menyembur tinggi banget sampai kliatan seperti air mancur raksasa. Kalo lagi beruntung, kamu bisa mendengar suara suitan yang terdengar bersama semburan air mancur, atau yang lazim dengan sebutan Seruling Laut. Hmm .. kira-kira mirip nggak ya sama suara serulingnya Khrisna?

foto: www.initempatwisata.com

foto: www.initempatwisata.com

Bikin penasaran banget kan, travelers? Sambil nyiapin backpack kamu, coba deh cek pegipegi.com hari ini buat pesan tiket pesawat ke Surabaya, Yogyakarta ataupun Solo, trus lanjutkan perjalananmu ke Pacitan, ke Pantai Klayar.

(Visited 743 times, 1 visits today)

Comments

To Top