Destinasi

Umbul Sidomukti, ‘kolam di atas awan’-nya Semarang

Umbul Sidomukti Semarang

Panas-panas gini enaknya ngapain ya, travelers? Gimana kalo kita berenang aja? Umbul Sidomukti yang ada di jalur Semarang -Solo kayaknya pas banget buat kamu yang pengen berenang sambil menikmati udara sejuk pegunungan tanpa asap knalpot, sekaligus tanpa bising juga. Belum pernah ke Umbul Sidomukti? Nggak apa-apa deh. Kamu baca terus coretan Pegipegi berikut ini biar makin pengen pergi ke Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti, waterpark bersuasana pegunungan

Umbul Sidomukti Semarang

foto: www.telusurindonesia.com

Kalo udah puas jalan-jalan di Kota Tua Semarang sambil foto-fotoan, luangkan waktumu buat mengulik bagian lain dari Semarang yang nggak kalah indahnya. Bagian eksotis lain dari Semarang itu ada di lereng Gunung Ungaran, tepat di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Obyek wisata yang nama resminya adalah Taman Renang Umbul Alam Umbul Sidomukti dijamin akan bikin kamu ogah pulang, travelers.

Di mana lagi kamu bisa berendam di kolam renang alami sambil menikmati panorama pegunungan di depanmu, plus merasakan sensasi kedamaian di sebuah titik pertemuan antara Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Lawu, Gunung Muria dan Rawa Pening kalo bukan di Umbul Sidomukti?

Masyarakat sekitar percaya Umbul Sidomukti pertama kali ditemukan oleh para leluhur orang-orang Jawa ratusan tahun lalu dan berfungsi sebagai tempat untuk mengambil air suci yang digunakan untuk keperluan peribadatan. Perkiraan ini cukup beralasan karena dilihat dari asal katanya umbul berarti mata air dalam bahasa Jawa. Sedangkan mukti adalah istilah dalam bahasa Sanskerta untuk upaya mencapai Nirwana atau alam baka. Pemberian nama itu nggak berlebihan karena jalan menuju Umbul Sidomukti akan tertutup kabut tebal di saat-saat tertentu, travelers.

Pada saat itulah kamu akan merasa seolah sedang berkendara, berjalan atau berenang di atas awan, menikmati keheningan dan kesegaran Umbul Sidomukti sambil mengucap syukur karena Sang Pencipta telah berbaik hati menciptakan tempat secantik ini buat umat-Nya.

Berpetualang sehari di Umbul Sidomukti

Satu hal yang bikin Umbul Sidomukti berbeda sama kolam renang lain adalah adanya empat kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, travelers. Semuanya terbuat dari bebatuan alami dan airnya juga alami, non kaporit. Kolam renang Umbul Sidomukti dibangun menjorok ke tepi jurang, supaya kamu bisa melihat hijaunya hutan dan ladang yang terhampar di bawahmu. Sebelas dua belaslah sama pemandangan kolam renang di hotel mewah di Ubud, Bali.

Mau tau rasanya ber-flying fox di pegunungan? Boleh banget, travelers. pengelola Umbul Sidomukti udah nyiapin perangkat flying fox buat kamu, lengkap sama instrukturnya juga. Siap-siap tahan nafas kamu karena jarak titik start ke titik akhir adalah sekitar 110 meter, dengan ketinggian sekitar 70 meter dari permukaan tanah. Dijamin bakal bikin kamu merasa jadi ‘rubah terbang’ beneran karena kedua titik itu ada di dua bukit yang berbeda. Kamu juga musti coba rapeling menuruni lembah di dekat kolam renang Umbul Sidomukti, travelers. Dan dua atraksi ngeri-ngeri sedap di Umbul Sidomukti ini hanya boleh kamu coba kalo kamu ngga punya fobia ketinggian, kelainan jantung atau sesak nafas, dan fisik kamu juga harus benar-benar fit.

Kamu yang ngga hobi melihat ketinggian ngga usah kecewa karena pengelola Umbul Sidomukti juga punya atraksi lain yang menarik buat dinikmati tanpa harus menantang ketinggian. Jalan-jalan ke hutan sekitar Umbul Sidomukti atau naik ATV juga nggak kalah menarik kok. Harga tiketnya juga terjangkau banget soalnya kamu hanya perlu merogoh kosek sebesar Rp 20 ribu per orang buat sewa ATV dan Rp 12 ribu per orang buat flying fox. Sedangkan tiket masuk ke Umbul Sidomukti cuma Rp 4 ribu- Rp 5 ribu per kepala aja, travelers.

Buat mendatangi Umbul Sidomukti juga gampang banget, apalagi kalo kamu bawa kendaraan sendiri. Kalo kamu berangkat dari Semarang ambil aja jalur yang menuju Kota Solo, lurus aja sampai ketemu pom bensin Lemah Abang di sebelah kiri jalan. Lurus lagi sampai kamu menemukan belokan di sisi kanan yang mengarah ke Bandungan. Sampai sini kamu jalan terus sampai melihat Pasar Jimbaran di sebelah kirimu, travelers. Di sini kamu akan melihat sebuah gang kecil di sisi kanan. Beloklah ke situ dan kamu akan melihat beberapa papan penunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Umbul Sidomukti. Gampang banget ya?
Nah sebelum berangkat kamu cek dulu deh perlengkapan yang mau kamu bawa. Trus cek dulu info jadwal tiket pesawat ke Semarang dan booking hotel nyaman terjangkau di Semarang dan sekitarnya hanya di Pegipegi.com.

(Visited 2,396 times, 1 visits today)

Comments

To Top