Destinasi

Ulun Danu Bratan, Bali, Pura yang ‘Mengambang’ di Atas Air

Pura Ulun Danu Bratan adalah tempat beribadah ummat Hindu yang berada di ujung Danau Beratan, yang berada di kawasan wisata Badugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak tempuh ke sana adalah sekitar 56 km dari Kota Denpasar dengan melewati jalan raya Denpasar-Singaraja.
Pura Ulun Danu Bratan dikenal dengan ciri khasnya yang seolah-olah sedang mengambang di atas air karena air laut sedang naik atau pasang. Yuk, kenalan dengan pura ini lebih dalam!

Terdapat peninggalan benda-benda bersejarah

Sejarah Pura Ulun Danu Bratan dapat diketahui berdasarkan data arkeologi dan data sejarah yang terdapat pada lontar Babad Mengwi. Berdasarkan data arkeologi, di halaman depan pura ini terdapat peninggalan benda-benda bersejarah berupa Sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakan sudah ada sejak zaman megalitikum (sekitar 500 tahun sebelum Masehi).

Jadi, bisa diperkirakan bahwa Pura Ulun Danu Beratan ini sudah digunakan untuk mengadakan ritual keagamaan sejak zaman tradisi megalitikum. Babad Mengwi, I Gusti Agung Putu, pendiri Kerajaan Mengwi telah mendirikan Pura Ulun Danu Bratan sebelum beliau mendirikan Pura Taman Ayun. Tepatnya sebelum Tahun Saka 1556. Sejak pendirian pura tersebut, Kerajaan Mengwi menjadi damai dan sejahtera, sehingga warga menjuluki beliau I Gusti Agung Sakti.

Memiliki arti pura di atas danau

Yup, Pura Ulun Danu Bratan berada tepat di atas Danau Beratan yang merupakan danau yang berperan vital untuk kehidupan masyarakat, karena sebagai sumber air bagi irigasi pertanian. Pura Ulun Danu Bratan didirikan sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Widhi Wasa dan dewa-dewa pemelihara suatu danau. Pura ini juga berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewi Laksmi, dewi kesuburan dan keindahan yang bersemayam di Danau Beratan.

Fungsi Pura Ulun Danu Bratan sebagai tempat pemujaan diwujudkan dengan keberadaan beberapa bangunan pemujaan/pelinggih. Di antara pelinggih tersebut, ada dua bangunan, yaitu Palebahan Pura Tengahing Segara dan Palebahan Palinggih Lingga Petak/Ulun Danu yang posisinya menjorok ke tengah danau. Posisi unik dari kedua bangunan suci ini jarang ditemukan di pura lain yang didirikan di danau. Itulah yang membuatnya memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Nggak sabar kan pengin mengunjungi Pura Ulun Danu Brantan? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top