Destinasi

Ujung Sukasada, Taman Cantik nan Mistis di Karangasem, Bali

Karangasem seakan nggak kehabisan spot wisata menarik di Pulau Bali. Selain memiliki pesona Gunung Agung serta berbagai pura yang sakral, kabupaten ini turut dihuni bermacam bangunan tua bersejarah peninggalan Belanda.

Salah satu yang paling menarik perhatian para turis adalah Taman Ujung Sukasada. Dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak dilakukan pemugaran, taman cantik ini kerap menjadi ikon destinasi Karangasem.

Ribuan turis memadati taman ini tiap minggunya untuk menyaksikan keindahan dari Ujung Sukasada. Kebanyakan mereka ingin menikmati pesona bangunan di tengah kolam.

Foto: Rentalmobilbali

Memiliki tiga kolam besar, Taman Ujung Sukasada memiliki sebuah bangunan di tengah yang bernama Bale Bengong. Lantaran nggak menggunakan dinding, bangunan ini kerap terlihat mengapung!

Lantaran memiliki konsep arsitektur art deco klasik, Ujung Sukasada juga sering menjadi area pemotretan pre-wedding maupun photoshoot model. Makin indah, karena taman ini juga berbatas langsung dengan bukit hijau Bisbis.

Kolam Misterius

Jauh sebelum Taman Ujung Sukasada dibangun, kawasan ini dikenal dengan nama Kolam Dirah. Di sini, orang-orang yang memiliki ilmu hitam diasingkan dibuang ke dalam kolam ini.

Namun, semua persepsi mengerikan berubah pada 1909. Kala itu Raja Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik merekrut seorang arsitektur asal Belanda, Van Den Hentz untuk mengubah tempat ini menjadi lokasi peristirahatan kerajaan.

Nggak heran, jika kamu menilik ke dalam bangunan utama dan pendopo, kamu bakal melihat ruangan dengan cukup asri untuk ditinggali. Belum lagi, suasana hijau di sekitar pekarangan makin bikin rileks.

Foto: Rentalmobilbali

Sayang, Taman Kerajaan Bali ini sempat porak-poranda usai diterjang bencana meletusnya Gunung Agung pada tahun 1963. Setelah itu, pemerintah daerah pun memugar taman ini dan memperbaiki seluruh bagian dari taman sebelum selesai pada 2003 lalu.

Kini, Taman Ujung Sukasada nggak cuma jadi destinasi wisata terbaik di Timur Bali. Tetapi juga menjadi ikon Kabupaten Karangasem.

Meskipun termasuk wisata dengan nilai sejarah yang besar, Taman Ujung Sukasada termasuk terjangkau. Untuk menikmati keindahan lokasinya, kamu hanya cukup membayar Rp 10 ribu per orang.

Foto: Baligolive

Mau keliling ke Bali? Sekalian liburan! Agar bujet traveling kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat, dan hotel murah Bali lewat Pegipegi

pesan tiket pesawat murah ke Bali cari hotel murah Bali

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top