Tips

Udang Bikin Alergi? Ini Dia Penyebab dan Tips Mengatasinya

Perayaan tahun baru kamu nggak lengkap kalau belum bakar udang! Sebagai salah satu menu seafood favorit, udang memiliki kadar protein tinggi yang baik bagi tubuh.

Tapi, nggak semua orang bisa nyaman menyantap udang, lho. Beberapa orang justru menghindari jenis makanan laut yang satu ini karena alergi udang.

Pasalnya, alergi yang ditimbulkan udang nggak bisa dianggap sepele. Sekali terserang, kamu bakal merasakan gatal yang luar biasa pada sekujur tubuh hingga sensasi kulit yang memerah (inflamasi).

Sajian udang yang tadinya terlihat nikmat, justru membuat kamu takut. Pada akhirnya, kamu akan bersikap selektif terhadap makanan laut yang akan dikonsumsi.

Reaksi Berlebihan

Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu alergi terhadap udang. Nah, para dokter percaya jika reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan menjadi penyebab utama alergi.

Ahli medis dari Mayo Clinic Organization, Sandhya Pruthi, MD, mengatakan zat protein yang tinggi dalam udang maupun makanan laut tertentu memancing antibodi kita buat beraksi. Tubuh mengira protein dalam udang adalah zat beracun sehingga secara otomatis langsung terjadi penolakan.

Dalam proses penolakan tersebut, tubuh akan melepaskan zat kimiawi bernama histamin yang menciptakan peradangan. Di sinilah, kamu akan merasakan gatal yang berlebih serta kulit yang memerah usai menyantap udang.

Lantaran tiap orang memiliki sistem antibodi yang berbeda, momen munculnya alergi bisa bervariasi. Jika kebanyakan orang akan merasakan gatal berlebih setelah menyantap udang, beberapa justru sudah merasakan reaksi tersebut saat mencium aromanya.

Minum Madu Hingga Lemon

Alergi terhadap udang dan makanan laut lainnya nggak bisa dianggap sepele, lho. Jika dibiarkan, nggak cuma rasa gatal yang timbul. Gangguan pernafasan hingga jantung bisa terjadi jika alergi yang muncul sudah parah.

Meski nggak bisa disembuhkan, alergi terhadap udang masih dapat diminimalisir. Caranya pun terbilang beragam sekali.

Pastikan, kamu selalu sedia air putih hangat sebelum menyantap udang. Secara medis, konsumsi air putih mampu menetralisir kadar racun dalam darah maupun reaksi berlebih antibodi terhadap protein udang.

Namun, jika sudah terlanjur merasakan alergi, satu sendok madu manis bakal menyelamatkan kamu. Dicampur dengan air hangat, madu memiliki bahan antioksidan dan mineral yang akan mengurangi tingginya kadar histamin.

Selain itu, buah-buahan dengan vitamin C di dalamnya seperti lemon sangat ampuh mencegah reaksi gatal dari alergi udang. Kadar histamin yang terkandung dalam darah pun dapat terkikis dengan vitamin C.

Liburan mau berburu seafood? Sekalian traveling, yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 98 times, 1 visits today)

Comments

To Top