Kuliner

Tumpeng Menoreh, Destinasi Wisata Baru Jogja yang Instagenic

tumpeng menoreh

Jalan-jalan ke Jogja rasanya belum lengkap kalau hanya sekadar mengunjungi kawasan Malioboro. Kamu juga wajib mencoba berwisata ke daerah pegunungan yang nggak hanya menawarkan suasana hening dan sejuk, melainkan juga pemandangan yang indah dan menyegarkan mata. 

Itu artinya kamu harus mampir ke restoran Instagenic Yogyakarta yang terletak di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut (mdpl), yakni Tumpeng Menoreh Kulon Progo. Destinasi wisata seperti apa sih Tumpeng Menoreh ini? Yuk, simak pembahasan berikut!

Fakta Menarik tentang Tumpeng Menoreh 

tumpeng menoreh
Sumber: IG @tumpengmenoreh

Tumpeng Menoreh sebenarnya merupakan sebuah restoran alias tempat nongkrong yang didirikan oleh musisi Erix Soekamti dan baru dibuka pada bulan Mei 2021. Proses pembangunan Tumpeng Menoreh dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan pemuda setempat yang diberi nama komunitas Gelangprojo. 

Sebagaimana dilansir dari beberapa sumber, Tumpeng Menoreh memiliki makna bersyukur terus-menerus. Hal tersebut juga didukung adanya berbagai simbol doa dan bentuk piramida yang mempunyai filosofi syukuran. 

Tumpeng Menoreh berlokasi di Kabupaten Kulon Progo yang memiliki pemandangan alam luar biasa indah. Berikut ini adalah daya tarik Tumpeng Menoreh di mata wisatawan:

  1. Pengalaman Sunrise 

Daya tarik utama Tumpeng Menoreh adalah view matahari terbit yang banyak menarik minat pengunjung. Tumpeng Menoreh merupakan salah satu destinasi wisata kuliner Yogyakarta yang buka 24 jam sehingga para pengunjung bisa menantikan matahari terbit sambil bercengkrama dan menikmati makanan. 

Restoran Instagenic yang satu ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet, musala, dan lahan parkir yang luas. 

  1. View 360 Derajat 

Keunikan lain dari Tumpeng Menoreh yang menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu restoran Instagenic yang pernah ada ialah bangunan berbentuk segi enam yang menawarkan view 360 derajat dengan pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung megah di pulau Jawa yakni; Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing. 

Para wisatawan dapat menikmati pemandangan tersebut di siang hari sambil menikmati makanan yang disediakan oleh restoran, atau bahkan selfie bersama teman maupun keluarga. Nggak jarang juga di antara wisatawan ada yang membawa drone untuk mengabadikan pemandangan alam dari atas bangunan Tumpeng Menoreh. 

  1. Lampu Indah di Malam Hari 

Di malam hari, Tumpeng Menoreh semakin tampak menawan berkat adanya desain lampu yang estetik sehingga mempercantik suasana restoran. Nggak hanya itu, para wisatawan juga berkesempatan menikmati indahnya pemandangan lampu-lampu kota yang gemerlapan dari ketinggian 950 mdpl diiringi hembusan angin yang sejuk dan menenangkan. 

Cuaca yang cukup dingin di malam hari biasanya dapat diatasi pengunjung dengan mengonsumsi aneka minuman hangat yang dijual di restoran. 

Perjalanan menuju Tumpeng Menoreh 

tumpeng menoreh
Sumber: IG @tumpengmenoreh

Jalan menuju Tumpeng Menoreh dapat ditempuh melalui rute Magelang maupun Yogyakarta. Dilansir dari berbagai sumber, rute Yogyakarta lebih direkomendasikan lantaran akses jalan lebih baik, landai, serta memiliki ruas jalan yang luas. Meski demikian, rute Magelang juga banyak dipilih karena dinilai lebih dekat walaupun akses jalannya dinilai lebih ekstrem. 

Jika kamu menempuh jalur darat menggunakan rute Yogyakarta, maka jarak jalan menuju Tumpeng Menoreh yang harus ditempuh adalah sejauh 37,4 kilometer atau sekitar 1 jam 16 menit dari arah pusat Kota Yogyakarta. 

Harga Tiket Masuk dan Menu Makanan 

tumpeng menoreh
Sumber: IG @tumpengmenoreh

Para wisatawan yang datang berkunjung ke Tumpeng Menoreh nggak perlu khawatir kantong tipis, karena harga tiket masuk dan menu makanan di restoran ini cukup terjangkau. 

Harga tiket masuk Tumpeng Menoreh Kulon Progo adalah sebesar Rp50 ribu* per orang, yang sudah termasuk biaya tiket masuk Rp25 ribu* serta voucher makan dan minum senilai Rp25 ribu*. Sebagai tambahan, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2 ribu* untuk sepeda motor dan Rp5 ribu* untuk mobil. 

Fasilitas Tumpeng Menoreh Kulon Progo

tumpeng menoreh
Sumber: IG @tumpengmenoreh

Sebagaimana layaknya destinasi wisata kuliner Yogyakarta sekaligus tempat nongkrong, restoran Instagenic Tumpeng Menoreh Kulon Progo menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan para wisatawan yang datang. 

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya, lahan parkir yang luas, musala, toilet yang bersih, smoking area, stop kontak, spot foto Instagramable, dan tentunya fasilitas yang menunjang protokol kesehatan. 

Waktu Paling Tepat untuk Berkunjung

tumpeng menoreh
Sumber: IG @tumpengmenoreh

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Tumpeng Menoreh ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan mood masing-masing. Apabila ingin menikmati sunrise, maka ada baiknya jika pengunjung sudah mulai stay di restoran pada malam atau dini hari. 

Dilansir dari beberapa sumber, wisatawan sebaiknya datang berkunjung antara bulan Juli hingga Oktober, karena intensitas hujan yang rendah sehingga para wisatawan dapat lebih leluasa untuk selfie dan bersantai. Pemandangan alam juga akan terlihat jelas oleh pengunjung pada bulan tersebut. Yang lebih penting, disarankan agar para wisatawan yang datang berkunjung selalu membawa jaket mengingat udara yang dingin. 

Itulah ulasan mengenai Tumpeng Menoreh Kulon Progo, destinasi wisata dan kuliner baru Yogyakarta yang Instagenic. Agar bisa menikmati sunrise memukau di sini, lebih baik kamu mencari penginapan yang dekat dengan lokasi wisata, ya. 

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke Tumpeng Menoreh, segera pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo lewat Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: