Rekomendasi

Tujuan wisata yang pas buat akhir pekan

Travelers, kamu sibuk sekolah, kuliah atau kerja 5 hari seminggu? Pasti ngerasa susah menyisihkan waktu untuk berlibur ya. Kalau begitu, kamu harus memanfaatkan akhir pekan semaksimal mungkin. Gimana caranya? Kan cuma 2 hari, bisa ngapain aja di Sabtu-Minggu?

Banyak banget! Travelers harus jeli nyari tempat wisata yang dekat dari kota kamu, dan nggak butuh budget yang gede-gede banget. Nah, Pegipegi mau bantu kamu untuk milih tempat wisata oke yang nggak jauh dari pusat kota, dan pastinya nggak bikin kantong kering. Disadur dari Hipwee, berikut pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan.

JAKARTA – PULAU TIDUNG

pulautidung

virggirl.wordpress.com

Warga ibukota pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan tempat satu ini? Merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung dapat dicapai dalam waktu 3 jam dengan perahu dari Jakarta. Kamu nggak perlu bingung nyari tahu cara menuju Pulau Tidung, karena sekarang sudah banyak agen wisata yang menawarkan berbagai paket untuk liburan kesana.

Dengan budget sekitar 300 ribu rupiah, kamu sudah bisa menghabiskan akhir pekan di Pulau Tidung, yang sudah termasuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Semoga travelers tidak mabuk laut ya!

BANDUNG – KAWAH PUTIH

kawahputih

medischfun.wordpress.com

Bagi yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan Bandung, Kawah Putih bisa jadi tempat wisata alternatif akhir pekan yang seru. Kawah Putih merupakan danau belerang yang terletak di kaki Gunung Patuha, Jawa Barat. Kawasan ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad 10 dan 11, dan akhirnya menjadi tempat yang sering dikunjungi wisatawan karena keunikannya.

Kawah Putih berada di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, 25 KM dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Keunikan danau yang wilayahnya berudara dingin ini adalah warna airnya yang bisa berubah. Ketika siang hari, airnya berwarna biru, namun saat malam, menjadi hijau toska. Wah, kok bisa ya? Dari Bandung, kamu bisa mencapai Kawah Putih dalam waktu 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Tiket masuk per orang 30 ribu rupiah, tarif parkir motor 5 ribu rupiah, mobil 6 ribu rupiah, dan angkutan Ontang Anting 10 ribu rupiah PP. Nggak mahal kan, travelers?

YOGYAKARTA –  DESA WISATA KALIBIRU

ceeta.wordpress.com

ceeta.wordpress.com

Akan sangat panjang jawabannya jika ada pertanyaan tentang tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Namun, ada satu alternatif yang patut dikunjungi untuk akhir pekan travelers. Namanya Desa Wisata Kalibiru. Terletak di dekat Waduk Sermo, Kabupaten Kulen Progo, Desa Wisata Kalibiru berjarak tempuh 90 menit dari Yogyakarta. Travelers bisa menikmati banyak aktivitas di desa ini, antara lain treking, outbond, wisata alam, wisata alam & budaya, serta fasilitas yang lengkap. Untuk menginap, ada 6 pondok wisata yang masing-masing dapat menampung hingga 15 orang. Budgetnya? Cukup sediakan 350 ribu rupiah per orang.

SEMARANG – DIENG PLATEAU

www.indonesia.travel

www.indonesia.travel

Travelers dari Semarang, apakah bosan dengan suasana kota? Coba ke Dieng Plateau saja. Jika naik kendaraan pribadi, biasanya akan memakan waktu hingga 4 jam. Ada juga pilihan angkutan umum, yaitu bus jurusan Semarang – Purwokerto via Wonosobo. Dari Wonosobo ini lah, travelers bisa lanjut dengan mikrobus ke Dieng Plateau yang berjarak tempuh 1,5 jam.

Banyak yang bisa dinikmati di Dieng Plateau. Di antaranya, telaga warna, kompleks Candi Arjuna, teater Dieng Plateau, hingga Golden Sunrise di puncak gunung Sikunir. Siapkan uang sekitar 500 ribu rupiah, dan kamu akan menikmati keindahan alam di Dieng Plateau.

SOLO – TAWANGMANGU

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Ingin menikmati sejuknya udara pegunungan sambil menikmati pemandangan indah? Travelers Solo bisa datang ke Tawangmangu, yang berjarak hanya 1,5 jam dari pusat kota. Terletak di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu ibarat daerah Puncak di Jabodetabek bagi warga Solo. Sepanjang perjalanan menuju Tawangmangu, travelers akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya sawah dan aktivitas penduduk setempat di pematang.

Objek wisata yang bisa kamu nikmati di antaranya Air Terjun Grojogan Sewu. Selain itu, travelers bisa melakukan aktivitas outbond yang diselenggarakan pengelola untuk menghabiskan waktu di sana. Mau yang lebih seru? Coba deh, menginap semalam dan nikmati sejuknya udara pagi ketika bangun, segar sekali! Banyak villa yang disewakan di Tawangmangu dengan kisaran harga 500 ribu per malam.

MADURA/SURABAYA – AIR TERJUN TOROAN

mattsapii.wordpress.com

mattsapii.wordpress.com

Sejak Jembatan Suramadu selesai dibangun, akses kota Surabaya-Madura jadi jauh lebih mudah, termasuk untuk pariwisata. Nah, nggak ada lagi alasan travelers Surabaya untuk tidak mengunjungi Air Terjun Toroan. Terletak di Desa Ketapang Daja, Ketapang, Kabupaten Sampang, sekitar 105 KM dari Surabaya, air terjun ini sangat indah, terutama ketika menjelang senja.

Keunikan Air Terjun Toroan adalah muaranya yang persis berada di bibir pantai, dan langsung terhubung dengan laut utara pulau Madura. Travelers harus berangkat dari pagi untuk bisa menyaksikan sendiri indahnya pemandangan matahari terbenam dari sini.

MAKASSAR – TANA TORAJA

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Popularitas Tana Toraja sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia tidak terbantahkan. Meskipun begitu, sulit disangkal kenyataan akses menuju ke Toraja memang butuh perjuangan ekstra. Bahkan, dari ibukota Sulawesi Selatan, Makassar pun, waktu yang dibutuhkan tidak kurang dari 9 jam untuk mencapai Toraja. Satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah lewat darat. Toh, Pegipegi yakin travelers, terutama dari Makassar, tidak akan keberatan menghabiskan akhir pekan menikmati keindahan alam dan budaya Tana Toraja.

Transportasi yang direkomendasikan adalah bus eksekutif yang nyaman dan punya fasilitas lengkap. Berangkat lah dari Jumat malam, agar bisa beristirahat dan tiba di Toraja keesokan paginya. Tarif bus sekitar 120 ribu rupiah. Tiba di Toraja, tidak perlu khawatir dengan transportasi lokal, karena banyak pilihan yang bisa digunakan dan mudah ditemukan. Untuk penginapan, harga yang dipatok mulai dari 150 ribu rupiah per malam. Nggak mahal-mahal banget kan, travelers?

PADANG – DANAU KEMBAR, SOLOK

jikaakupiknik.wordpress.com

jikaakupiknik.wordpress.com

Danau Kembar yang dimaksud adalah Danau Diateh dan Danau DiBawah, di Solok, Padang. Disebut kembar karena dua danau ini letaknya berdekatan dan memiliki luas yang hampir sama. Dari kota Padang, danau kembar ini dapat dicapai lewat jalur darat yang berjarak 56 km. Jalanan yang dilewati berliku-liku, namun pemandangannya tidak akan membuat bosan.

Danau kembar ini berada di ketinggian 940 dan 1.438 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di sekitarnya sejuk dan cenderung dingin. Di antara dua danau ini pun ada sebuah bukit, yang menjadi tempat pas untuk memandang keseluruhan wilayah sekitar danau yang indah.

BALIKPAPAN – BUKIT BANGKIRAI

belantara-borneo.blogspot.com

belantara-borneo.blogspot.com

Hanya sekitar 1,5 jam perjalanan dari Balikpapan, kamu bisa menemukan kawasan wisata alam bernama Bukit Bangkirai. Berada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, kawasan Bukit Bangkirai adalah bagian dari hutan hujan tropis Kalimantan yang ternama. Kamu bisa melihat langsung keindahannya sambil mendengarkan kicau burung dan suara satwa alam. Benar-benar alami.

Wahana yang sangat diminati adalah Bangkirai Canopy Bridge, sebuah jembatan tajuk sepanjang 64 m dengan ketinggian 30 m. Jembatan ini menghubungkan 5 pohon Bangkirai yang berbeda, dan merupakan jembatan tajuk pertama di Indonesia, kedua di Asia. Ketinggiannya yang cukup “lumayan” dijamin akan membuat adrenalin travelers terpacu.

BALI – UBUD

www.balitourismboard.org

www.balitourismboard.org

Libur akhir pekan ke Bali? Pasti nggak jauh-jauh dari pantai dan klub. Yuk, coba ke Ubud, dan nikmati suguhan alam yang berbeda dan jauh lebih tenang dibanding pantai yang over-crowded dan kotor. Area persawahan hijau akan menyegarkan mata, apalagi sambil bersepeda santai mengelilingi kampung. Nggak perlu repot-repot bawa dari kota, karena kamu bisa menemukan banyak penyewaan sepeda di Ubud.

Di malam hari, kamu bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit, tari kecak api, dan tari Legong. Tempat-tempat yang menyajikan pertunjukan tari di antaranya adalah Pura Dalem dan Pura Agung Saren. Yang pasti, Ubud adalah tempat yang sangat tepat buat travelers yang ingin relaksasi dan bersahabat dengan alam. Dijamin pikiran tenang dan damai.

Nah, travelers, itu dia tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan di beberapa kota di Indonesia. Buat yang kotanya tidak termasuk di atas, yuk, promosikan tempat wisata di daerah asalmu, supaya orang-orang jadi tahu!

(Visited 685 times, 1 visits today)

Comments

To Top