Destinasi

Tugu Durian, Ikon Wisata Berbalut Kuliner di Kalimantan Barat

Jalan-jalan ke Pontianak, jangan lupa icip durian lokalnya yang dikenal lezat. Biar makin seru, kamu bisa menikmati manisnya buah tersebut sambil memandang megahnya Tugu Durian.

Terletak di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimatan Barat monumen yang satu ini memiliki nama lengkap Tugu Durian Sukadana. Diresmikan pada 2016 oleh Presiden Jokowi, Tugu Durian ini memiliki sebuah buah durian yang berada di pucuk.

Durian sendiri merupakan salah satu komoditi utama baik di Kabupaten Kayong Utara maupun Pontianak. Sehingga, keberadaan Tugu Durian di kawasan Sukadana menarik perhatian banyak turis, baik dari kota Pontianak maupun luar Kalimantan, lho.

Meski, jaraknya cukup jauh dari Pontianak, Tugu Durian siap memanjakan kamu dengan keuniknnya. Berada di tengah persimpangan jalan, Tugu Durian memiliki warna khas, hijau yang bakal menyala saat disinari lampu di malam hari.

Di tiap sisi bagian luar, terdapat taman yang bisa kamu gunakan buat bersantai, salah satunya di depan Masjid Agung. Banyak warga menghabiskan waktu untuk bersantai sambil memandang langit sore di taman tersebut. Salah satunya komunitas skateboard yang kerap menggelar atraksi di sekitar Tugu Durian Sukadana ini.

Jangan lupa buat berburu kuliner lezat yang ada di sekitar Tugu Durian. Mulai dari kopi borneo yang terkenal harum hingga pisang bakar keju dan cokelat yang dijual di kafe-kafe sekitar.

Pengin main ke Pontianak? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Pontianak lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top