Destinasi

Tugu Digulis, Simbol Perjuangan Para Pahlawan di Pontianak

Pontianak adalah destinasi wisata budaya yang amat menawan. Meski dikenal lewat Tugu Khatulistiwa-nya, kota ini nyatanya punya satu monumen budaya yang nggak kalah bersejarah, Tugu Digulis.

Terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Tugu Digulis adalah simbol perjuangan para pahlawan di era kemerdekan. Dibangun oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Soedjiman pada 10 November 1987 adalah bentuk penghormatan warga Pontianak akan perjuangan sebelas tokoh Sarekat Islam.

Sarekat Islam sendiri merupakan organisasi pedagang-pedangan Islam yang dengan kerasa menentang politik Belanda di Tanah Air. Pada zaman penjajahan Belanda, pergerakan Sarekat Islam sangat dikhawatirkan dapat memicu pemberontakan terhadap Pemerintah Hindia Belanda.

Demi meminimalisir kegiatan mereka, Pemerintah Hindia Belanda pun membuang 11 tokoh Sarekat Islam ke Boven Digoel, Irian Barat yang mengakibatkan tewasnya delapan tokoh dalam Peristiwa Mandor. Untuk mengenangnya, Tugu Digulis pun didirikan.

Terlepas dari sejarah pembangunannya yang memiliki arti, banyak warga Pontianak menganggumi arsitektur dari Tugu Digulis. Apalagi, keunikan tugu ini terletak pada bentuknya yang menyerupai bambu runcing.

Dikelilingi air mancur, kamu bisa menikmati cantiknya lampu hias yang memadati sisi dalam Tugu Digulis. Jadi, kamu bisa bersantai menikmati udara sejuk di malam hari sambil memandang cantiknya Tugu Digulis.

Nah, semenjak Desember 2016 lalu, Tugu Digulis melengkapi diri dengan taman wisata yang berada di sebrang. Berbagai fasilitas olahraga hingga spot buat bersantai bareng keluarga bisa ditemukan di sini.

Pengin main ke Pontianak? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Pontianak lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top