Tips

Trik Traveling Dengan Grup Besar

DSC_4332

Bepergian dengan banyak orang tidak pernah mudah. Perbedaan gaya traveling dan preferensi soal obyek wisata biasanya mencuatkan perdebatan tentang rencana traveling per hari. Satu orang mungkin lebih suka mengunjungi museum dan wisata sejarah, satu orang lainnya lebih memilih wisata belanja, sementara kamu lebih memilih bersantai di pantai atau mencoba berbagai kuliner lokal.

Traveling memang lebih menyenangkan dengan sedikit orang. Tapi, mungkin ada saatnya kamu harus bepergian dengan grup besar. Mungkin kamu mengambil program promo yang bisa memberikan potongan harga besar untuk rombongan, atau kamu bepergian dengan keluarga besar saat libur Hari Raya.

Jangan khawatir, travelers. Kali ini PegiPegi akan bagikan beberapa tips supaya kamu bisa menikmati traveling dengan grup besar. Yuk disimak!

1. KOMUNIKASI

Untuk bisa menentukan aktivitas dan tujuan wisata setiap harinya, kamu dan anggota grup harus berkomunikasi untuk memberitahu apa yang diinginkan masing-masing anggota. Pastikan semua orang bisa mengutarakan pendapat supaya tidak ada yang merasa diabaikan.

2. BERBAGI PENGALAMAN

Kalau kamu punya pengalaman lebih dalam traveling, tidak ada salahnya kamu membagikan informasi dan tips yang kamu tahu supaya rombongan bisa mendapat gambaran lebih jelas soal pilihan aktivitas dan obyek wisata. Sebaliknya, kamu pun sebaiknya mendengarkan pengalaman atau usulan ide anggota rombongan lain agar bisa merencanakan itinerary yang tepat.

3. PUNYA DAFTAR WAJIB MASING-MASING

planning-a-trip

Jangan sampai tujuan utama liburan kamu justru tidak tercapai karena terlalu sering mengalah mengikuti keinginan rombongan. Pastikan kamu memiliki daftar aktivitas atau tempat-tempat wisata yang benar-benar ingin kamu lakukan atau kunjungi dan jadikan itu sebagai prioritas.

4. OPTIMALKAN KEKUATAN MASING-MASING

Seiring berjalannya waktu, kamu dan rombongan bisa melihat siapa yang paling pintar membaca peta, siapa yang paling senang berkomunikasi dengan orang asing dan menanyakan arah, siapa yang paling pandai mengatur uang, dan sebagainya. Biarkan setiap orang berperan sesuai kelebihan mereka masing-masing. Selain lebih efektif, semua orang akan merasa senang karena bisa memberikan kontribusi. Oya, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka ya!

5. MEMISAHKAN DIRI

couple-planning-trip-1000x665

Tidak ada peraturan yang menyatakan semua anggota grup harus beraktivitas bersama-sama setiap hari. Kamu bisa memulai hari dengan mengunjungi 1 atau 2 tempat wisata bersama-sama, kemudian memisahkan diri dengan grup yang lebih kecil. Atau kalau kamu bepergian dengan teman baik kamu, tidak ‘dosa’ juga kalau kalian menghabiskan satu hari untuk bepergian berdua saja dan baru bergabung dengan rombongan keesokan harinya.

6. MANFAATKAN DISKON GRUP

Kalau anggota rombongan kamu cukup banyak, mungkin saja kalian bisa mendapat potongan harga di beberapa tempat wisata. Biasanya potongan harga ini harus diatur sebelum keberangkatan, tapi kalau tidak memungkinkan, kamu bisa bertanya langsung kepada petugas di tempat wisata.

(Visited 234 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top